Monday, July 15, 2024
HomeExcavator2 Alat Berat Gagal Evakuasi Truk Tronton Dari Kolam Makale

2 Alat Berat Gagal Evakuasi Truk Tronton Dari Kolam Makale

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Merdeka, Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada Kamis (02/05/2024) yang menyebabkan satu unit truk tronton meluncur bebas ke Kolam Makale. Untuk mengevakuasi truk tronton tersebut, Dinas PUTR Tana Toraja mendatangkan 2 unit alat berat ke lokasi kejadian.

Proses evakuasi dimulai pada Jum’at (03/05/2024) siang, namun sayang evakuasi ini masih belum berhasil hingga Jum’at sore. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, kedua pengendara truk selamat meski mengalami luka-luka.

Baca Juga: Evakuasi Truk Molen yang Tabrak Tiang Dan Rumah Menunggu Alat Berat

Alat Berat Bulldozer Dan Excavator Didatangkan Untuk Evakuasi Truk Tronton

Kecelakaan tunggal sebuah truk tronton diketahui terjadi di Kolam Makale pada Kamis lalu. Truk tronton ini diduga memiliki berat 30 ton dan mengalami kecelakaan tunggal karena tiba-tiba meluncur bebas menuruni tanjakan hingga masuk ke dalam kolam.

Bobot truk tronton yang besar membuat kepolisian setempat bekerjasama dengan Dinas PUTR Tana Toraja untuk mendatangkan peralatan jenis excavator dan bulldozer ke TKP. Peralatan didatangkan satu hari pasca kecelakaan tunggal ini terjadi dan mulai beroperasi pada Jum’at siang.

Alat Berat Masih Berusaha Evakuasi Truk Tronton

Kedatangan alat berat excavator dan bulldozer yang mulai beroperasi sekitar pukul 14.00 WITA ternyata belum membuahkan hasil. Truk tronton yang berada di dalam kolam masih tidak bergerak sedikitpun sehingga para petugas kepolisian dan petugas dari Dinas PUTR harus memikirkan kembali cara yang tepat untuk mengevakuasi truk tronton tersebut.

Kecelakaan ini diketahui bermula saat truk tronton yang dikendarai sopir Hajir (27) dan kondektur Gusti Randa (23) berangkat dari Pinrang dengan tujuan Toraja Utara. Karena sopir mengantuk, truk tronton ini kemudian parkir di depan Masjid Raya Makale di Jalan Merdeka Rabu sekitar pukul 23.00 WITA.

Baca Juga: Evakuasi Truk Terguling Di Surabaya Masih Menunggu Alat Berat

Tragedi kemudian terjadi keesokan harinya tepatnya pada Kamis sekitar pukul 07.00 WITA. Tronton bernomor polisi DP 8952 DK ini langsung meluncur bebas di tanjakan dan menabrak tembok pembatas serta tiang bendera hingga berakhir di Kolam Makale.

Sopir dan kondektur yang berusaha mencegah tronton tersebut mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke Puskesmas Makale sebelum menjalani pemeriksaan oleh kepolisian terkait tragedi tersebut. Beruntung tidak ada luka berat yang diderita kedua korban.

Evakuasi kemudian berusaha dilakukan dengan menutup akses Jalan Sudirman dan mengalihkan seluruh pengguna jalan ke Jalan Nusantara agar tidak bisa melewati Jalan Merdeka. Namun meski telah dilakukan selama beberapa jam, evakuasi dengan 2 jenis alat berat ini masih belum memberikan hasil sesuai dengan harapan dan truk tronton tersebut masih tetap berada di posisi semula.

Sumber: toraja.tribunnews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular