Monday, July 15, 2024
HomeExcavator3 Alat Berat Berhasil Bersihkan Longsor di Jalur Trenggalek-Bendungan

3 Alat Berat Berhasil Bersihkan Longsor di Jalur Trenggalek-Bendungan

Pembersihan material longsor di jalur utama Trenggalek bendungan akhirnya berhasil diselesaikan pada minggu 21 April 2024. Setidaknya 3 unit alat berat BPBD Trenggalek serta satu unit excavator bantuan dari proyek nasional bendungan Bagong digunakan untuk membersihkan material dari longsor yang terjadi pada kamis lalu.

3 unit excavator yang diturunkan oleh BPBD Trenggalek diketahui membersihkan material longsor ini sejak Jumat 19 April 2024 lalu. Terdapat empat titik longsor yang menutupi jalur utama sehingga proses pembersihan material longsor berjalan cukup lama.

Baca Juga: Seminggu Terisolir, Alat Berat Mulai Bersihkan Longsor Manggarai

Alat Berat Bersihkan Material Longsor Hingga Larut Malam

Dalam proses pembersihan material longsor ini beberapa jajaran pemerintahan seperti Kapolsek camat danramil hingga kepala pelaksana BPBD Trenggalek terus memantau proses pembersihan material secara langsung. Untuk mempercepat proses pembersihan ini seluruh petugas dikerahkan dari pagi hingga larut malam karena jumlah material longsor yang cukup banyak.

Petugas juga harus tetap bekerja saat hujan dengan intensitas rendah kembali melanda makasih longsor tersebut. Lokasi longsor yang merupakan akses utama bagi warga di sekitar Kecamatan bendungan dan area kaki gunung Wilis membuat proses pembersihan dimaksimalkan dengan harapan warga bisa secepatnya melakukan aktivitas seperti biasa.

Alat Berat Bersihkan Material Longsor Setinggi 15 Meter

Hujan deras yang mengguyur Trenggalek pada Kamis (18/4/2024) malam, membawa petaka bagi masyarakat di sekitar jalur Trenggalek-Bendungan. Bencana longsor di 4 titik, tepatnya di KM 15 hingga KM 17, menyebabkan jalur tersebut lumpuh total selama 2 hari, menghambat aktivitas masyarakat dan perekonomian di kawasan tersebut.

Petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, dan relawan langsung dikerahkan untuk melakukan evakuasi material longsor dan membersihkan jalan bersama dengan 3 unit alat berat jenis excavator. Terdapat 4 titik yang perlu dibersihkan dengan titik kedua sebagai lokasi yang memiliki material longsor terbanyak.

Baca Juga: 4 Alat Berat Tangani Material Longsor Sukabumi-Bogor

Titik kedua diketahui memiliki material longsor sepanjang 25 meter dengan ketinggian 15 meter dan lebar 8 meter sehingga proses pembersihan cukup memakan waktu. Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek, Triadi Atmono menuturkan bahwa pihaknya bekerja keras agar pembersihan di titik kedua bisa selesai dengan cepat.

3 unit excavator dari BPBD Trenggalek bersama 1 unit excavator dari proyek nasional Bendungan Bagong bekerja extra keras hingga larut malam agar pembersihan bisa diselesaikan lebih cepat. Beberapa mobil pemadam kebakaran juga turut membantu menyemprot area jalan yang telah berhasil dibersihkan agar sisa material tanah tidak membahayakan para pengguna jalan.

Beruntung pada Minggu (21/04/2024), pembersihan dengan alat berat ini berhasil diselesaikan sehingga warga bisa kembali menggunakan jalur tersebut seperti sedia kala. Meski pembersihan material telah selesai dilakukan, namun BPBD Trenggalek masih mengimbau warga untuk berhati-hati saat melewati jalur tersebut untuk menghindari longsor susulan di titik-titik tertentu terutama saat turun hujan.

Sumber: rejogja.republika.co.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular