Monday, July 15, 2024
HomeBulldozer3 Alat Berat Off Highway Dump Truck Komatsu Berkapasitas Besar

3 Alat Berat Off Highway Dump Truck Komatsu Berkapasitas Besar

Dalam kebutuhan pengangkutan material, terdapat berbagai jenis alat berat yang digunakan. Salah satu alat berat yang kerap digunakan untuk mengangkut material adalah off highway dump truck.

Beberapa brand besar yang menyediakan alat berat dalam sektor konstruksi dan pertambangan diketahui memiliki beberapa tipe alat berat dump truck ini. Salah satu brand tersebut adalah brand Komatsu.

Baca Juga: Jalan Kecil, Dump Truck Terjun Ke Sungai di Pelaihari

Tipe Off Highway Dump Truck yang Dipasarkan Brand Komatsu

Off highway dump truck merupakan salah satu jenis alat berat yang digunakan untuk mengangkut material dalam jumlah besar. Alat berat ini memiliki bak terbuka yang dapat diangkat dan diturunkan menggunakan sistem hidrolik.

Dalam beberapa brand, dump truck ini memiliki beberapa nama lain, seperti rigid dump truck, rigid hauler, dan off road dump truck. Alat berat ini memiliki beragam mulai dari 10 hingga 300 ton. Di Indonesia, brand Komatsu menjadi salah satu brand yang menyediakan beberapa tipe dari alat berat dump truck ini. Adapun beberapa tipe dump truck yang diproduksi Komatsu diantaranya:

Dump Truck HD1500-8

Tipe off highway dump truck pertama yang dipasarkan dengan kapasitas besar oleh brand Komatsu adalah tipe HG1500-8. Tipe dump truck ini memiliki kapasitas angkut mencapai 140 ton dengan 7 kecepatan sistem transmisi.

Tipe dump truck ini banyak digunakan dalam sektor pertambangan karena dinilai memiliki beberapa keunggulan seperti kapasitas angkut yang besar serta dilengkapi dengan engine HD1500-8 dengan 1175 kW (1576 HP) yang memungkinkan dump truck mengonsumsi bahan bakar yang lebih rendah.

Off Highway Dump Truck 730E

Alat berat off highway dump truck 730E menjadi tipe alat berat Komatsu lainnya yang memiliki kapasitas angkut cukup besar mencapai 180 ton. Dump truck juga dilengkapi dengan engine Komatsu SSDA16V159E-2 yang memiliki output 1492 kW (2000 HP) sehingga tipe dump truck ini memiliki daya tahan yang tinggi selama dioperasikan.

off highway dump truck
Dump Truck 730E dengan Spesifikasi Tinggi Digunakan Dalam Berbagai Sektor Industri

Desain kabin yang memiliki struktur built-in ROPS dan FOPS pada alat ini juga membuat operator bisa lebih nyaman selama mengoperasikan dump truck. Alat ini banyak digunakan dalam sektor pertambangan dan dinilai cukup mudah dirawat karena memiliki sistem monitor canggih yang mempermudah operator mengawasi kondisi dump truck.

Alat Berat Dump Truck 830E-AC

Memiliki kapasitas angkut mencapai 220 ton, dump truck Komatsu 830E-AC banyak digunakan di sektor konstruksi dan pertambangan. Dump truck ini menggunakan engine Komatsu SDA16V160 yang dikenal memiliki kinerja yang tinggi serta mengonsumsi bahan bakar yang efisien.

Produktivitas yang tinggi dalam alat berat ini juga dipengaruhi oleh sistem automatic speed control yang mampu membuat roda dump truck mengatur kecepatan saat beroperasi di area yang licin. Sistem ini membuat keamanan selama penggunaan off highway dump truck ini semakin terjaga.

Peran alat berat dump truck dalam sektor pertambangan dan konstruksi cukup besar. Mayoritas tipe dump truck dari brand Komatsu sendiri lebih banyak digunakan dalam sektor pertambangan karena memiliki kapasitas angkut yang cukup besar.

Dalam pemasarannya, brand Komatsu bekerjasama dengan beberapa distributor besar di Indonesia seperti United Tractors. Dengan kerjasama ini tentu berbagai tipe dump truck dan alat berat lain bisa dipasarkan dengan lebih merata di Indonesia.

Alat berat off highway dump truck dari brand Komatsu memang lebih banyak dipilih karena berbagai alasan. Kualitas alat berat Komatsu yang dikenal sangat baik serta berbagai teknologi yang mempermudah berbagai pekerjaan juga menjadi alasan mengapa dump truck Komatsu banyak dipilih.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular