Monday, July 15, 2024
HomeEducation316 Peserta Rebutkan 24 Kursi Peserta Didik Prodi Teknik Alat Berat PNP

316 Peserta Rebutkan 24 Kursi Peserta Didik Prodi Teknik Alat Berat PNP

Program studi (Prodi) teknik alat berat menjadi salah satu prodi favorit bagi para peserta didik yang ingin berkarir di industri alat berat. Salah satu lembaga pendidikan yang menyediakan prodi ini diantaranya adalah Politeknik Negeri Padang (PNP).

PNP merupakan politeknik yang bekerjasama dengan PT. Trakindo Utama sejak tahun 2007 lalu. Ratusan peserta didik lulusan Politeknik Negeri Padang (PNP) diketahui telah memasuki industri alat berat sejak prodi alat berat ini diresmikan.

Baca Juga: Kemenperin Dan Komatsu Jalin Kerjasama Vokasi Untuk Tingkatkan Industri Alat Berat

Prodi Teknik Alat Berat PNP Hanya Luluskan 24 Peserta Didik

Peminat program studi alat berat di PNP diketahui terus mengalami peningkatan. Tahun 2023 lalu, terdapat 220 orang pendaftar dan mengalami kenaikan di tahun 2024 dengan total 316 orang pendaftar atau calon mahasiswa.

Sayangnya meski jumlah peminat mengalami peningkatan, PNP sendiri masih mempertahankan kuota peserta didiknya yang berjumlah 24 kursi. Hal ini berarti, PNP hanya akan menerima 24 peserta didik diantara 316 pendaftar yang masuk pada 2024 ini.

Peserta Didik Prodi Teknik Alat Berat PNP Dijamin Bekerja Di Trakindo

Tidak hanya sekedar menjadi sponsor untuk prodi teknik alat berat di PNP, PT. Trakindo Utama diketahui memiliki peran besar terhadap karir para peserta didik di prodi tersebut. Pasalnya, seluruh lulusan prodi tersebut akan ditarik untuk bekerja di PT. Trakindo setelah berhasil menyelesaikan program pendidikan selama 3 tahun di Politeknik Negeri Padang.

Baca Juga: UT Dukung Peresmian Kelas Teknik Alat Berat SMK PGRI 2 Geneng

Alasan ini juga yang mendasari adanya pembatasan jumlah peserta didik di prodi tersebut. Ir Ihsan Lumasa Rimra SST MSc DECN selaku Wakil Direktur IV PNP menuturkan bahwa prodi ini telah berjalan 17 periode sejak kerjasama dimulai pada 2007 lalu.

Ir. Ihsan juga membenarkan bahwa lulusan prodi tersebut akan langsung bekerja di cabang atau anak usaha PT. Trakindo Utama di berbagai daerah. Beberapa peserta didik bahkan telah meneken kontrak kerja dengan perusahaan yang bersangkutan satu bulan sebelum program pendidikan selesai.

Wakil Direktur I Revalin Herdianto ST MSc PhD dan WD II Sarmiadi SE MM juga menjelaskan bahwa tingginya minat para pendaftar di prodi teknik alat berat ini dipengaruhi oleh kepastian karir yang diberikan oleh PT. Trakindo Utama tersebut. Namun Ir. Ihsan menegaskan bahwa banyak tahapan ujian masuk seperti UTBK hingga wawancara yang perlu dilewati para calon peserta didik untuk dapat mengikuti program pendidikan di prodi tersebut.

Sumber: harianhaluan.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular