Saturday, June 22, 2024
HomeEducation56 Perusahaan Tambang Ikuti Sosialisasi Proper Dan Simpel

56 Perusahaan Tambang Ikuti Sosialisasi Proper Dan Simpel

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konawe Utara diketahui menggelar Sosialisasi Program Penilaian Peringkat Kerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) dan Sistem Informasi Pelaporan Elektronik-nya (Simpel) pada 15 hingga 16 Mei lalu. Sosialisasi ini diikuti oleh 506 perusahaan tambang dari berbagai wilayah.

Sosialisasi ini digelar di Kota Kendari dan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Utara Syafruddin S.Pd., M.Pd. Tidak hanya itu, jajaran pemerintah Konawe Utara juga turut hadir dalam acara sosialisasi tersebut.

Baca Juga: Pemkab Limapuluh Kota Lepas Pelatihan Penyaliran Tambang Bawah Tanah

Perusahaan Tambang Diberikan Akses Diskusi Mengenai Proper dan Simpel

Sosialisasi implementasi Proper dan Simpel ini menjadi salah satu langkah yang diambil oleh DLH Konawe Utara untuk menyamakan persepsi seluruh perusahaan dan pemerintahan dalam pengelolaan lingkungan untuk memaksimalkan ketahanan sumber daya alam yang baik. Melalui sosialisasi ini diharapkan bahwa seluruh perusahaan mampu menjaga sumber daya alam dan iklim investasi baik dalam operasionalnya.

Marjoni SKM., MPH selaku PLT Kepala DLH Konawe Utara menuturkan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk membangun kesamaan persepsi serta mempersiapkan implementasi Proper dan Simpel di wilayah Konawe Utara. Dalam sosialisasi ini, pihak DLH juga membuka akses diskusi dengan seluruh perusahaan untuk mendapatkan solusi dari berbagai permasalahan yang terkait dengan pengelolaan lingkungan.

Baca Juga: BPVP Ternate Berkolaborasi dengan MAA Group Adakan Pelatihan Alat Berat

Perusahaan Tambang Diharapkan Mampu Melaporkan Implementasi Proper Secara Mandiri

Sosialisasi Proper dan Simpel ini tidak hanya bertujuan untuk menyamakan persepsi antara perusahaan tambang namun juga bertujuan untuk mengaplikasikan pengelolaan lingkungan hidup yang tepat serta memberikan informasi mengenai cara pelaporan dari perusahaan-perusahaan tersebut kepada pemerintah daerah.

Pasalnya pelaporan terkait dengan pengelolaan lingkungan harus dilakukan oleh perusahaan secara mandiri sesuai dengan prinsip produksi bersih yang dimiliki oleh pemerintah dan perusahaan terkait.

Baca Juga: Baik Buruk Pertambangan Bawah Tanah Terhadap Lingkungan

Dalam sosialisasi ini, terdapat beberapa materi yang disampaikan mulai dari pengenalan Proper dan Simpel, kriteria penilaian dan tahapan pelaksanaan Proper hingga penjelasan mengenai panduan penggunaan Simpel. Narasumber yang menyampaikan materi-materi tersebut juga langsung didatangkan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sehingga materi yang disampaikan memiliki sumber yang terpercaya.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan perusahaan tambang di Konut dapat meningkatkan komitmennya dalam pengelolaan lingkungan hidup dan menggunakan Simpel dengan baik. Hal ini akan berkontribusi pada terwujudnya lingkungan hidup yang lestari dan berkelanjutan di Konut.

Sumber: rakyatpostonline.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular