Saturday, January 28, 2023
HomeEducation9 Jenis Traktor yang Harus Kamu Ketahui

9 Jenis Traktor yang Harus Kamu Ketahui

Jenis – Jenis Traktor – Traktor merupakan alat berat yang digunakan untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia. terutama di bidang perkebunan dan pertanian. Biasanya, manusia menggunakan traktor untuk membajak sawah. Padahal sebenarnya fungsi traktor lebih daripada itu.

Bukan hanya itu saja, ada banyak jenis traktor yang ada di luar sana. Mungkin beberapa jenis traktor tersebut baru pertama kali kita ketahui karena memang umumnya kita tahu bahwa traktor digunakan untuk membajak sawah. Jenis traktor tersebut bisa dibagi berdasarkan beberapa hal seperti fungsi dan bentuknya. Setiap traktor hadir dengan fungsi, bentuk, dan spesifikasinya masing-masing. Informasi selengkapnya mengenai jenis-jenis traktor tersebut akan kami berikan di bawah ini.

Jenis – Jenis Traktor Berdasarkan Fungsinya

DI bawah ini kami akan memberikan penjelasan tentang apa saja jenis – jenis traktor yang dibagi berdasarkan fungsinya.

1. General Purpose Tractor

jenis-jenis traktor

Sesuai dengan namanya, general memiliki arti umum. Dengan kata lain, jenis traktor yang satu ini merupakan traktor yang digunakan untuk pekerjaan yang bersifat umum. Ciri dari general purpose tractor adalah mempunyai poros roda yang mana kedudukannya relatif rendah. Jadi, jika kamu memerlukan alat berat atau dalam hal ini traktor yang digunakan untuk melakukan pekerjaan umum, maka jenis traktor inilah yang menjadi pilihan yang sesuai.

 2. Special Purpose Tractor

jenis-jenis traktor

Jika traktor sebelumnya digunakan untuk pekerjaan yang bersifat umum, maka untuk special purpose tractor adalah traktor yang digunakan untuk tujuan khusus. Beberapa contoh traktor yang khusus tersebut antara lain: traktor untuk pertanian, traktor untuk pengolah tanah, traktor untuk penyiraman, dan lain sebagainya. Ciri khas dari special purpose tractor yaitu mempunyai ground clearance atau jarak ken tanah yang relatif tinggi.

3. Industrial Tractor

jenis-jenis traktor

Lalu bagaiman dengan industrial tractor? Jenis tratkor yang satu ini digunakan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan industri. Ada juga traktor yang memang digunakan khsusus untuk kebutuhan pembangunan. Beberapa ciri khas dari industrial tractor adalah memiliki daya tarik yang besar dan memiliki roda depan maupun belakang yang sama atau ganda.

4. Plantation Tractor

Plantation Tractor merupakan alat berat yang digunakan untuk lahan yang memiliki banyak tanaman. Dengan menggunakan traktor ini, maka akan lebih mudah melewati daerah tersebut tanpa harus menggangu atau bahkan merusak tanaman. Selain itu, plantation tractor juga merupakan jenis traktor yang biasa digunakan untuk lahan yang mempunyai sudut kemiringan yang tinggi. Hal ini karena traktor ini mempunyai konstruksi pusat yang rendah.

Plantation tractor memiliki ciri yaitu dilengkapi dengan pelindung atap. Selain itu, tenaga yang dihasilkan pun juga cukup besar. Jadi, bagi kamu yang memiliki lahan dengan banyak tanaman, maka traktor ini menjadi pilihan yang paling tepat. Kamu bisa melewati setiap area pada lahan tersebut dengan mudah.

5. Garden tractor

Jenis traktor yang terakhir jika dilihat dari fungsinya adalah garden tractor. Sesuai dengan namanya, traktor ini digunakan untuk keperluan perkebunan. Biasanya jenis traktor ini digunakan untuk pekerjaan yang bersifat ringan seperti memotong rumput maupun melakukan tugas untuk pertanian dengan lahan yang kecil. Oleh sebab itu, garden tractor mempunyai daya yang lebih kecil dibandingkan jenis traktor yang lainnya.

Jenis Traktor Berdasarkan Bentuknya

Pembagian jenis traktor yang akan kami bahas selanjutnya adalah traktor yang dibagi dengan berdasarkan bentuknya. Informasi selengkapnya bisa simak penjelasan di bawah ini.

1. Traktor Tangan

Jenis traktor pertama jika ditinjau dari bentuk dan juga pabrik pembuatannya adalah traktor tangan. Traktor tangan atau hand tractor merupakan traktor yang mempunyai daya yang kecil yaitu kurang dari 12 HP. Selain itu, traktor ini dilengkapi dengan satu axe atau poros roda berjumlah dua. Cara mengoperasikan hand tracktor adalah operator akan berdiri di belakang traktor tersebut. Jenis traktor inilah yang banyak digunakan di Indonesia untuk keperluan membajak sawah.

2. Traktor Beroda Tunggal

jenis-jenis traktor

Jenis traktor yang kedua adalah traktor yang memiliki roda tunggal. Artinya, daya mesin hanya akan disalurkan pada satu roda sehingga memerlukan adanya titik tumpu yang digunakan sebagai poros keseimbangan. Salah satu contohnya adalah dengan menambahkan alat tambahan atau yang juga dinamakan gandengan. Pengemudi atau operator dari traktor beroda tunggal harus mampu mengatasi berbagai gaya bebas baik yang berasal dari traktor itu sendiri maupun yang berasal dari alat tambahannya.

3. Mini Traktor

jenis-jenis traktor

Apa itu mini traktor? Mini traktor merupakan jenis traktor yang dilengkapi dengan dua buah poros dan empat roda. Sesuai dengan namanya, traktor ini mempunyai ukuran yang kecil yaitu panjangnya berkisar antara 1790 – 2070 mm, lebarnya 995 – 1020 mm. Traktor ini pun juga mempunyai berat yang relatif ringan yaitu 385 – 535 kg dan menggunakan mesin dua silinder atau lebih. Kemudian untuk tenaga yang dihasilkan kurang lebih 13 – 40 HP dengan 6 percepatan maju dan 2 percepatan mundur.

4. Traktor Besar

Traktor besar dilengkapi dengan dua poros roda berjumlah 4 atau lebih. Untuk spesifikasinya, panjang traktor ini 2650 – 3910 mm, lebarnya 1740 – 2010 mm dan daya yang dihasilkan kurang lebih 45 HP. Berkaitan dengan harganya, traktor ini memiliki harga yang sangat mahal sehingga jarang orang memilikinya. Selain itu, traktor ini juga diklaim memiliki kemampuan yang tidak begitu efektif dikarenakan petakan sawah yang bentuknya relatif kecil.

Namun kamu bisa menemukan traktor besar di perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan yang memang areanya cukup luas. Belum lagi modal dari perusahaan tersebut juga besar sehingga membeli traktor besar merupakan keputusan yang tepat dibandingkan harus membeli mini traktor untuk menjangkau area yang luas.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular