Saturday, January 28, 2023
HomeAlat beratAlat Berat dikerahkan Untuk Bersihkan Material Longsor Di Jorong Panta

Alat Berat dikerahkan Untuk Bersihkan Material Longsor Di Jorong Panta

Curah hujan cukup tinggi yang melanda  daerah  Jorong Panta, Nagari Panta Pauh, Kecamatan Matur  menyebabkan terjadinya longsor di daerah tersebut. Longsor tersebut menyebabkan tertimbunnya sebagian ruas jalan Lubukbasung menuju Bukittinggi. Sebuah alatberat dikerahkan  untuk  membersihkan material tanah longsor  yang menimbun badan jalan tersebut.

Alat Berat Dikerahkan Karena Material Tanah Longsor Cukup Banyak

Bencana longsor yang terjadi di Jorong Panta, Nagari Panta Pauh, Kecamatan Matur pada hari Jumat 25 November 2022 menyebabkan tertimbunnya sebagian ruas jalan Lubukbasung menuju Bukittinggi. Hal ini tentu saja mengakibatkan kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa melewati jalan tersebut.

Baca Juga : Tutup Akses Jalan, Material Longsor Di Kecamatan Bacukiki Barat Dibersihkan dengan Alat Berat

Mendapat informasi tersebut, BPBD Agam mengerahkan Satuan Tugas (Satgas) untuk membersihkan material longsor yang menutupi jalan tersebut. Kondisi material longsor yang cukup banyak, menyebabkan material longsor tersebut  tidak bisa dibersihkan dengan gotong royong sehingga dibutuhkan sebuah alat berat untuk membersihkan material longsor di jalan tersebut.

Melihat kondisi tersebut, BPBD Agam melakukan koordinasi dengan DPUTR Agam. Pada Jumat pagi, alatberat milik Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Agam telah sampai di lokasi untuk membersihkan material tanah longsor dan pohon tumbang yang ada.

Alat Berat Menjadi Senjata Utama Untuk Tangani Longsor

Hujan deras yang belakangan ini sering terjadi, menyebabkan terjadinya bencana di beberapa daerah di Indonesia. Umumnya bencana yang sering  terjadi  pada musim hujan ini adalah banjir dan tanah longsor.

Curah hujan cukup tinggi yang melanda daerah Jorong Panta, Nagari Panta Pauh, Kecamatan Matur pada hari Jumat 25 november 2022  dini hari, menyebabkan terjadinya longsor dan amblasnya jalan di Jorong Pauh. Menurut warga setempat, hujan lebat melanda daerah tersebut sebelum bencana longsor terjadi.  Longsor di daerah tersebut mengakibatkan tertutupnya sebagian badan jalan di Jorong Panta Pauh Kecamatan Matur.

alat berat
infopublik.id

Material longsor menutupi sebagian ruas jalan kurang lebih sepanjang 3 meter, dengan ketinggian sekitar 1 meter  dan lebar 1 meter. Material longsor yang terdiri dari pohon kayu dan tanah, menyebabkan ruas jalan kabupaten tersebut tertutup sehingga menghambat akses masyarakat dari Panta – Ngarai. Volume material longsor yang cukup banyak menyebabkan penanganan harus dilakukan menggunakan alat berat untuk membersihkan material longsor tersebut. Beruntung tidak terdapat  korban jiwa pada bencana longsor ini.

Dalam cuaca ekstrem yang sedang melanda Indonesia, potensi terjadinya bencana alam cukup tinggi. Bencana longsor dan banjir menjadi bencana alam paling sering terjadi karena kondisi wilayah Indonesia yang memang rawan terhadap kedua bencana ini.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah agar bencana alam tersebut tidak terjadi di Indonesia. Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah menjaga kelestarian alam dengan menghentikan penebangan pohon secara ilegal.

Bencana alam yang sering terjadi pada musim hujan seperti ini kerap memberikan berbagai dampak serius pada lingkungan.  Mulai dari kerusakan jalan, rumah hingga kerusakan pada fasilitas umum lainnya bisa terjadi bahkan bisa menyebabkan adanya korban jiwa.

Berbagai langkah antisipasi dan penanganan serius juga dilakukan pemerintah dengan sigap menyediakan berbagai peralatan yang dibutuhkan seperti alat berat. Saat seluruh langkah antisipasi dilakukan dengan cermat, maka dampak dari bencana alam yang terjadi juga bisa diminimalisir.

Tanpa disadari, bencana longsor yang terjadi di Sumatera Barat ini juga terjadi karena pengaruh lingkungan dan cuaca atau iklim yang ada. Dengan penanganan sigap yang dilakukan, diharapkan berbagai dampak bencana bisa dihindari dan tidak merugikan masyarakat yang ada.

Sumber : sumbar.suara.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular