Saturday, June 22, 2024
HomeAlat beratAlat Berat Dikerahkan Untuk Evakuasi Pohon Tumbang di Jalan Chairil Anwar

Alat Berat Dikerahkan Untuk Evakuasi Pohon Tumbang di Jalan Chairil Anwar

Sebuah pohon besar di Jalan Chairil Anwar, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar tumbang pada Kamis (29/12/2022) sore. Pohon jenis mangga ini tumbang dan menimpa mobil yang sedang melintas di jalan tersebut. Alat berat diturunkan untuk membantu proses evakuasi pohon tumbang tersebut.

Peran Alat Berat Dalam Menangani Pohon Tumbang

Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kota Makassar membuat sejumlah pohon tumbang dibeberapa lokasi. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar menuturkan bahwa dalam sehari peristiwa pohon tumbang tercatat bisa mencapai 10 pohon.

Beberapa deretan peristiwa pohon tumbang di Kota Makassar diantaranya adalah satu pohon petai cina yang tumbang di Nusa Tamalanrea. Akibat dari tumbangnya pohon ini, satu rumah warga mengalami kerusakan.

Baca Juga : Alat Berat dikerahkan Untuk Bersihkan Material Longsor Di Jorong Panta

Selain itu, peristiwa pohon tumbang juga terjadi di Jalan Meranti, halaman STIE AMKOP. Satu pohon mahoni tumbang yang mengakibatkan arus lalu lintas dijalan tersebut sempat terganggu dan pagar halaman STIE AMKOP mengalami kerusakan.

Kemudian peristiwa pohon tumbang juga kembali terjadi di Kota Makassar pada hari Kamis (29/12/2022) tepatnya di Jalan Chairil Anwar. Perisitiwa ini menyebabkan sebuah mobil box dan sebuah mini bus rusak parah akibat tertimpa pohon besar jenis mangga tersebut.

Pohon tumbang yang biasanya cenderung berukuran besar tentu saja dapat memberikan banyak dampak kepada masyarakat. Ukurannya yang besar dapat menghancurkan bangunan seperti rumah dan tak jarang pohon tumbang juga dapat menutup akses jalan sehingga arus lalu lintas terganggu.

Dalam proses evakuasi pohon tumbang, alat berat sangat penting untuk membantu membersihkan batang pohon atau ranting-ranting pohon yang berukuran cukup besar. Jika hanya dengan mengandalkan tenaga manusia tentu saja proses evakuasi tersebut akan memakan banyak waktu.

Salah satu alat berat yang sering digunakan dalam proses evakuasi pohon tumbang adalah excavator. Excavator adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengangkut material seperti pohon tumbang.

Alat Berat Dikerahkan Untuk Mengevakuasi Pohon Tumbang Berukuran Besar

alat berat
datakita.co

Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur kota Makassar menyebabkan tumbangnya sebuah pohon di Jalan Chairil Anwar Makassar. Akibat dari pohon tumbang ini, dua mobil rusak akibat tertimpa pohon.

Diketahui, mobil yang tertimpa pohon tumbang ini adalah mobil box dan mini bus berwarna merah. Saat kejadian, mobil box sedang dalam keadaan terparkir dan tidak terdapat orang dimobil tersebut. Sementara itu, mini bus sedang melintas kemudian secara tiba-tiba pohon tersebut tumbang.

Kedua mobil tersebut dikabarkan mengalami kerusakan berat, mobil box dalam keadaan ringsek pada bagian box belakang. Sementara itu mini bus juga dalam keadaan ringsek pada bagian penutup mesin dan kaca pada bagian depan mobil pecah.

Menurut korban pengendara mini bus, saat itu ia berjalan pelan dari pertigaan Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan Chairil Anwar. Pada saat melintas ditempat kejadian, korban mendengar seperti suara batang pohon yang akan patah sehingga ia langsung menghentikan mobilnya.

Namun karena pohon berukuran besar tersebut memiliki banyak ranting, mobil tersebut ikut tertimpa ranting pohon yang berukuran besar. Pada saat itu korban berdua dengan anaknya, beruntung korban dapat selamat.

Untuk proses evakuasi tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar membawa mesin pemotong (senso) dan sebuah alat berat excavator. Sebelum proses evakuasi, pohon tumbang tersebut berada ditengah jalan dan menghalangi akses jalan tersebut.

Sumber : makassar.tribunnews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular