Monday, July 15, 2024
HomeForestryAlat Berat Dilibatkan Dalam Pemadaman Titik Api Di Sei Kepayang

Alat Berat Dilibatkan Dalam Pemadaman Titik Api Di Sei Kepayang

Kebakaran berskala besar terjadi di area perkebunan yang terletak di Kecamatan Sei Kepayang. Kebakaran yang terjadi di Desa Perbangunan ini langsung mendapatkan respon dari Kapolsek Sei Kepayang beserta dengan beberapa pejabat lain hingga PT. IPS yang langsung menurunkan alat berat untuk menangani kebakaran tersebut.

Hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai detail awal mula munculnya titik api di perkebunan ini. Saat dihubungi oleh media, Kapolsek Sei Kepayang AKP Sutari menuturkan bahwa ia dan beserta beberapa anggotanya sedang berada di lokasi untuk mengatasi kebakaran tersebut pada Sabtu 5 Agustus 2023.

Baca Juga : Terjadi Lagi, Kebakaran Gudang Bekas Alat Berat Sebabkan 2 Personel Damkar Cedera

Pemadaman Kebakaran Di 14 Titik Api Dibantu Oleh Alat Berat

Kebakaran yang terjadi di perkebunan Desa Perbangunan saat ini masih menjadi sorotan karena skala kebakaran yang cukup besar dan dinilai masih berpotensi untuk menyebar luas. Berdasarkan pantauan satelit, setidaknya ada 14 titik hot spot yang terlihat di kawasan hutan tanaman rakyat blok 14, 15 dan 17 serta lahan perkebunan milik warga di blok 11 Dusun 14.

Jumlah titik ini dinilai cukup berbahaya jika dibiarkan karena bisa menyebar dengan cepat hingga menghanguskan area perkebunan yang lebih luas. Untuk mencegah hal tersebut PT. Inti Palm Sumatera sebagai salah satu perusahaan perkebunan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Asahan langsung bertindak cepat dengan menurunkan satu unit alat berat ke lokasi kebakaran.

“Kebakarannya memang sudah besar, tapi adanya alat jenis backhoe yang diturunkan oleh PT. IPS ini akan sangat membantu untuk membuat galian dengan tujuan agar lahan yang terbakar bisa diisolasi dan tidak menyebar ke lahan lainnya” tutur AKP Sutari.

Selain Kapolsek Sei Kepayang dan perwakilan PT IPS, Camat Sei Kepayang Aspihan dan Kepala Desa Perbangunan Arinton Sihotang juga turut hadir bersama dengan AKP Sutari di waktu yang sama. Keduanya menuturkan bahwa kebakaran ini tidak terjadi hari ini namun sudah terjadi sejak beberapa hari lalu.

Kebakaran ini juga telah dilaporkan oleh pihak kecamatan dan desa setempat kepada Pemkab Asahan, namun hingga saat ini memang belum ada tindakan berskala besar yang bisa dilakukan. Sembari menunggu tindak lanjut dari Pemkab Asahan, keduanya pun berinisiatif untuk bekerjasama dengan PT. IPS dan pihak Polsek Sei Kepayang untuk melakukan langkah pencegahan perluasan api.

alat berat
Kebakaran Kawasan Perkebunan Desa Perbangunan Terus Diawasi Agar Tidak Meluas

Alat Berat Untuk Memadamkan Kebakaran Hutan

Penggunaan alat berat untuk memadamkan kebakaran sebenarnya memang dinilai belum tentu bisa memberikan hasil yang maksimal. Kebakaran berskala besar seperti kebakaran hutan memang biasanya baru bisa dipadamkan dengan menggunakan bahan-bahan pemadam berjumlah besar.

Diketahui dalam proses pemadaman kebakaran berskala besar seperti kebakaran hutan, terdapat berbagai langkah yang bisa dilakukan, salah satunya adalah mencegah kebakaran hutan menyebar ke area lain. Langkah ini bisa dilakukan menggunakan berbagai alat bantuan seperti excavator atau backhoe.

Langkah ini juga yang dilakukan oleh PT. IPS saat mendatangkan backhoe ke lokasi kebakaran hutan di Sei Kepayang. Backhoe dari PT. IPS ini langsung melakukan penggalian di beberapa area di sekitar hutan yang belum tersentuh oleh titik api namun cukup dekat dengan titik api tersebut.

Penggalian di sekitar area kebakaran ini dilakukan untuk membuat lahan kosong yang bisa menjadi pembatas atau penghalang api agar tidak masuk ke area lain. Berbagai bahan yang memicu kebakaran seperti kayu dan daun-daun juga dipindahkan atau dihilangkan dari area galian tersebut.

Tindakan ini diharapkan bisa membuat penyebaran api semakin kecil dan pemadaman api bisa lebih mudah dilakukan. Pihak PT. IPS juga menuturkan bahwa pihaknya akan terus berada di lokasi untuk mengawasi alat berat backhoe agar bekerja maksimal dengan harapan kebakaran hutan ini bisa segera teratasi dengan baik.

Sumber : sumut.antaranews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular