Saturday, June 22, 2024
HomeExcavatorAlat Berat Gercep Tangani Longsor Di Empat Lawang

Alat Berat Gercep Tangani Longsor Di Empat Lawang

Hujan yang terus menerus melanda wilayah Empat Lawang, Sumatera Selatan menyebabkan bencana longsor yang berdampak pada terputusnya akses jalan penghubung Pendopo dan Tebing Tinggi. Kondisi ini langsung ditangani pihak Polres Empat Lawang dengan mendatangkan satu unit alat berat ke lokasi longsor.

Kedatangan peralatan jenis excavator ini ditujukan untuk mengevakuasi material longsor yang menutupi badan jalan. Beberapa personel kepolisian juga disiagakan di lokasi longsor untuk memastikan kondisi jalan steril dari kendaraan.

Baca Juga: Alat Berat Standby Tanpa Operator Alat Berat, Penanganan Longsor Tertunda

Longsor Putuskan Akses Jalan Utama, Alat Berat Langsung Turun Tangan

Bencana longsor diketahui terjadi pada Senin pagi sekitar pukul 06.45 WIB dan membuat jalan poros yang menghubungkan area Pendopo dan Tebing Tinggi terputus. Iptu Salfia selaku Kepala Seksi Humas Polres Empat Lawang langsung bertindak dengan mendatangkan beberapa personel ke lokasi kejadian.

Material longsor diketahui hampir seluruh badan jalan sehingga lalu lintas di area tersebut otomatis terputus. Kondisi ini membuat Polres Empat Lawang juga segera mengatur arus lalu lintas dan mengalihkan para pengendara ke jalur alternatif lain.

Estimasi Waktu Pembersihan Longsor dengan Alat Berat Belum Terprediksi

Iptu Salfia menuturkan bahwa longsor ini disinyalir terjadi akibat hujan yang terus menerus terjadi sejak Minggu siang. Satu unit alat berat langsung didatangkan ke lokasi longsor segera setelah laporan bencana diterima oleh pihak kepolisian.

Baca Juga: 5 Alat Berat Tangani Longsor Ulu Belu, Penanganan Masih Belum Maksimal

Beruntung kondisi jalan sedang lengang saat longsor terjadi sehingga tidak ada korban luka maupun korban tewas dari bencana ini. Upaya pembersihan material langsung dilakukan agar akses jalan tersebut dapat digunakan kembali secepat mungkin.

Personel kepolisian dari Polsek Pendopo dan Polres Empat Lawang langsung bergerak untuk mengalihkan arus lalu lintas serta memastikan area longsor dievakuasi dengan maksimal. Tidak hanya para pengguna jalan, warga sekitar juga diketahui tidak dapat beraktivitas ke luar daerahnya karena akses jalan utama tertutup material longsor.

Meski alat berat langsung dikerahkan, namun tidak dapat diprediksi kapan pembersihan material ini akan selesai dilakukan. Banyaknya material longsor yang menumpuk membuat pembersihan diprediksi membutuhkan waktu lebih dari satu hari hingga jalan dapat dipergunakan kembali.

Sumber: jpnn.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular