Wednesday, May 25, 2022
HomeAlat beratAlat Berat Kobelco yang Dapat Digunakan untuk Penanganan Bencana di Indonesia

Alat Berat Kobelco yang Dapat Digunakan untuk Penanganan Bencana di Indonesia

Kobelco merupakan salah satu merek alat berat yang cukup sering digunakan di Indonesia. Berbagai jenis alat dimiliki oleh merek ini sehingga dapat membantu beberapa bidang pekerjaan yang cukup berat. Pekerjaan yang seringkali dilakukan biasanya berada di bidang konstruksi, industri, hingga di lokasi terjadinya bencana alam.

Penggunaan alat berat untuk bencana alam merupakan hal yang sudah biasa karena memang penanganan bencana alam tidak hanya bisa menggunakan alat biasa saja. Berbagai bencana alam seperti banjir, longsor, jembatan atau jalan yang roboh, hingga gunung meletus seringkali membutuhkan jenis alat seperti ini untuk penanganannya.

Penanganan yang dimaksud ialah untuk membersihkan puing-puing yang berserakan pasca bencana atau membuka kembali jalan yang tertutup oleh material-material tertentu akibat bencana tersebut. Beberapa alat berat Kobelco berikut ini dapat digunakan untuk menangani bencana alam dan beberapa di antaranya sudah pernah digunakan di Indonesia.

Excavator Kobelco

Kobelco memiliki berbagai tipe excavator yang unggul dan mampu menyelesaikan pekerjaan yang cukup berat di sebuah lokasi bencana. Beberapa tipe seperti SK200, SK75, Mini Excavator SK50P, SK20SR, dan tipe excavator lainnya dinilai sangat tepat digunakan sebagai alat bantuan pasca bencana. Beberapa di antaranya bahkan sudah dirancang untuk melakukan pekerjaan secara multifungsi termasuk menyelesaikan pekerjaan di lokasi bencana.

Alat Berat Kobelco
Sumber : jabar.tribunnews.com

Excavator ini dapat membantu proses pembersihan jalan dari sampah atau ranting yang berserakan pasca bencana alam terjadi. Alat berat Kobelco ini juga dapat membantu mengeruk tanah atau lumpur yang memenuhi lokasi bencana sehingga jalan bisa dibuka kembali dan sebuah wilayah bisa digunakan beraktivitas kembali. 

Dumptruck

Kobelco juga memiliki unit dumptruck yang sangat bermanfaat untuk penanganan bencana alam di Indonesia. Alat sejenis mobil ini dapat digunakan untuk mengangkut beberapa kebutuhan bagi korban bencana alam hingga mengangkut berbagai material pasca terjadinya bencana alam.

Evakuasi korban dan berbagai kebutuhannya juga bisa dilakukan menggunakan alat ini karena daya tamping dumptruck yang cukup besar. Hampir setiap bencana alam yang terjadi akan membutuhkan jenis alat berat Kobelco ini karena alat ini bisa membantu proses pemindahan atau pengangkatan berbagai kebutuhan bahkan membantu proses evakuasi warga.

Backhoe Loader

Jenis alat ini juga sering digunakan untuk penanganan bencana alam karena spesifikasi yang dimilikinya sangat memungkinkan untuk menyelesaikan pekerjaan berat di lokasi bencana. Jenis alat ini dilengkapi oleh ban serta roda dan bagian belakang yang memiliki sebuah komponen bernama backhoe.

Backhoe ini bisa digunakan untuk membersihkan tanah atau lumpur dan memindahkan beberapa material yang cukup berat. Komponen di bagian belakang backhoe bahkan bisa dipindahkan menyesuaikan dengan kebutuhan operasional alat berat Kobelco ini. Backhoe juga bisa digunakan untuk proses pembangunan kembali daerah yang terkena bencana alam tersebut.

Alat Berat Kobelco
Sumber : kobelco-cranes.com

Crane

Jenis alat berat ini dapat digunakan untuk mengangkat sebuah benda atau material khusus dari ketinggian tertentu. Crane sangat cocok digunakan untuk penanganan bencana alam salah satunya pada kondisi jembatan yang roboh. Proses evakuasi jembatan yang sudah tidak utuh bisa lebih mudah dengan bantuan alat ini.

Jenis crane yang bisa digunakan cukup beragam terutama dari segi kapasitasnya. Anda bisa menggunakan jenis alat ini hingga kapasitas 180 ton. Dengan kapasitas yang cukup besar, crane mampu mengangkat atau memindahkan sebuah material yang sangat berat dalam satu kali pekerjaan.

Itulah beberapa alat berat Kobelco yang bisa digunakan untuk penanganan bencana alam khususnya di Indonesia. Akhir-akhir ini bahkan banyak sekali bencana yang terjadi di Indonesia sehingga kehadiran produk dari Kobelco akan sangat membantu penanganan bencana alam hingga tuntas.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular