Saturday, January 28, 2023
HomeEducationProfil Alat Berat JCB

Profil Alat Berat JCB

Profil Alat Berat JCB – Airindo Sakti merupakan dealer dari mesin-mesin alat berat merk JCB untuk kawasan Indonesia Selatan yang di dalamnya termasuk Jawa, Bali, NTT, dan NTB. Adapun salah satu alat berat yang penerapannya lintas sektoral yaitu backhoe loader. Backhoe loader merupakan alat berat yang penggunaanya unik dan fleksibel. Alat berat yang satu ini memang dirancang agar bisa memilih 2 attachment, yang satu pada bagian depan dan satunya di bagian punggung.

Backhoe lodaer dapat digunakan untuk menggali selokan, parit, dan juga memberi muatan pada truk menggunakan loadernya. Bukan itu saja, penggunaan backhoe loader juga untuk keperluan hoisting asalkan tidak sampai terlalu berat. Setidaknya, kurang lebih ada 8 perusahaan yang menguasai kurang lebih 85% market share pada segmen produk backhoe loader. JCB menempati urutan pertama yang menguasai pangsa pasar tersebut.

JCB diketahui mampu menguasai setidaknya 45% dari pasar global paling besar di dunia. Perusahaan lain yang berada di posisi selanjuntya yaitu CNH Industrial N.V, dan juga Catterpilar Inc. Keberhasilan JCB dalam menguasai pangsa pasar backhoe loader tidak lepas dari sejarah backhoe loader. Ternyata, JCB merupakan pelopor dari backhoe loader itu sendiri.

Sejarah JCB

alat berat merk JCB

Pada tahun 1945 berdirilah JCB yang pada waktu itu berasal dari garasi kecil yang berada di Uttoxeter – Staffordshire, Inggris yang membuat tripping trailer pertamanya. Ide munculnya backhoe loader bermula ketika Mr. Joseph Cyril Bamford melihat ada sebuah traktor pertanian yang kemudian menginspirasinya untuk memberikan attachment yaitu berupa backhoe dan juga loader.

Kemudian untuk prototype-nya pertama kali dikenalkan ke dunia pada 1953. Prototipe tersebut kemudian diberi logo bertuliskan JCB seperti apa yang kita lihat sekarang ini. Dengan kata lain, munculnya backhoe loader di dunia dan digunakan hingga sekarang ini tidak lepas dari peran semua orang JCB. Oleh sebab itu, merupakan hal yang wajar jika JCB memimpin pangsa pasar backhoe loader karena secara tidak langsung memang merupakan produk buatannya.

Alasan lain yang membuat JCB menjadi penguasa pangsa pasar backhoe loader karena memang perusahaan ini menyediakan varian backhoe loader yang paling lengkap. Produk-produk dari JCB tersebut mulai dari JCB 1CX, 2CX, sampai dengan JCB 5CX. Selain itu, JCB juga menyediakan dimensi ukuran yang bervariasi mulai dari yang paling kecil sampai yang paling besar. Inilah yang memberikan keuntungan tersendiri karena konsumen bisa memilih mana produk yang mereka inginkan.

Produk – Produk JCB yang Terkenal

Sebenarnya, selain memiliki backhoe loader, JCB juga memiliki produk lainnya yang tidak kalah terkenal. Kualitasnya pun juga tidak perlu diragukan lagi karena sudah banyak yang membelinya dan mereka mengakui bahwa produk JCB meupakan salah satu yang terbaik.

Di bawah ini kami akan memberikan informasi tentang beberapa alat berat merek JCB yang terkenal dengan kualitas terbaik.

1. Backhoe Loader

alat berat merk JCB

Backhoe loader dari JCB memang tidak bisa kita pungkiri telah menjadi yang terbaik. Setidaknya terdapat dua backhoe loader yang sampai sekarang masih menjadi pilihan utama karena mampu digunakan untuk berbagai kebutuhan. Kedua backhoe loader tersebut yaitu JCB 3CX dan JCB 4CX.

Untuk spesifikasi  yang dimiliki oleh JCB 3CX adalah sebagai berikut:

  • Gross Engine Power: 84hp (63kW) – 92hp (68.6kW)
  • Digging Depth: 5.97m
  • Loader Capacity: 1.0m³ / 1.2m³

Sementara itu, untuk spesifikasi yang dimiliki oleh JCB 4CX yaitu:

  • Gross Engine Power: 100hp (74.2kW)
  • Digging Depth: 4.67m
  • Loader Capacity: 1.3m³

Keduanya juga sama-sama dilengkapi dengan keamanan dan ketahanan yang sangat baik. Pelanggan hanya perlu memilih mana backhoe loader yang sesuai dengan kebutuhannya.

2. Mini Excavator

alat berat merk JCB

Produk terbaik kedua dari JCB adalah mini excavator. Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa mini excavator merupakan excavator berukuran mini. Meskipun berukuran mini, namun kemampuannya tidak perlu diragukan. Berbagai pekerjaan dapat dilakukan dan diselesaikan dengan baik tanpa mengalami kendala.

Mini Excavator dari JCB memiliki berat 5.483 kg atau kurang lebih 5,5 ton. Sementara itu, kekuatan mesin yang dimilikinya yaitu 33.1/33.4kW sehingga mampu memberikan performa yang handal untuk berbagai medan. Mini Excavator dari JCB memiliki sistem hidrolik yang baik. Selain itu, fitur-fitur yang dimilikinya pun terbilang cukup lengkap sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih maksimal.

3. Telescopic Handler

alat berat merk JCB

Produk lainnya dari JCB yang akan kami jelaskan adalah telescopic handler atau telehandler. Untuk spesifikasinya adalah seperti berikut ini:

  • Gross power: 63kW/58hp – 97kW/130hp
  • Lift capacity: 3100kg – 4100kg
  • Lift height: 7m – 16.7m

Salah satu alat berat merk JCB yang sampai sekarang masih menjadi pilihan yang tepat. Ketahanan, keamanan, dan fitur yang dimilikinya pun membuat produk ini menjadi salah satu yang paling banyak dicari, terutama mereka yang menginginkan telescopic handle yang handal dan bisa digunakan untuk segala medan.

4. Tracked Excavator

alat berat merk JCB

Selain mini excavator, produk lain yang masih termasuk alat berat merk JCB adalah Tracked Excavator. Setidaknya terdapat dua varian yang bisa kamu pilih nanti yaitu JS205 dan JS305. Untuk spesifikasi yang dimiliki oleh tracked excavator model JS205 adalah sebagai berikut:

  • Engine power: 104 kW (140 hp)
  • Bucket capacity: 0.9 – 1.02m
  • Operating weight: 21000 – 21500kg

Sementara itu, spesifikasi yang terdapat pada tracked excavator model JS305 yaitu:

  • Engine power: 165kW (221hp)
  • Bucket capacity: 1.24 – 1.80m3
  • Operating weight: 31700 – 32762kg

Bisa kamu perhatikan jika keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda baik engine power, bucket capacity, dan juga operating weight. Perbedaan ini memberikan variasi kepada pelanggan karena mereka bisa memilih mana yang sesuia dengan pekerjaan yang akan dilakukan. Meskipun begitu, kedua tracked excavator ini memiliki kualtias yang sama bagusnya.

Fitur-fitur yang ada di dalamnya pun juga cukup lengkap sehingga memberikan kemudahan bagi operator excavator ketika ingin mengoperasikannya. Harganya pun juga cukup terjangkau dan tidak lebih mahal dibandingkan dengan produk yang dimiliki oleh perusahaan lain.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang profil alat berat merk JCB. Semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular