Wednesday, May 22, 2024
HomeEducationAlat Berat Pembersih Kali Dukung Program Grebek Lumpur Di Cideng

Alat Berat Pembersih Kali Dukung Program Grebek Lumpur Di Cideng

Pemerintah Pusat Kota Jakarta kembali melakukan penirisan lumpur untuk persiapan peringatan banjir. Aksi yang dipimpin Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma difokuskan dengan mengandalkan alat berat pembersih kali di Stasiun Pompa Cideng, Gambir.

Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, petugas dari Sub Bagian Sumber Daya Air, Sub Bagian Jalan Raya, Sub Bagian Taman Kota dan Hutan serta Pengelolaan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Program Grebek Kali Cideng Menggunakan Alat Berat Pembersih Kali Excavator Amfibi

Fokus pertama dari program ini adalah pada saluran lumpur di sepanjang Sungai Cideng di Jakarta Pusat. Pengerukan dimulai di hulu movable lock atau di depan Millennium Hotel dengan kemiringan desainnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut gambaran pelaksanaan program grebek kali cideng.

Pelaksanaan Program Grebek Kali Cideng Berlangsung dengan Baik

Petugas mengungkapkan pihaknya juga melakukan pendangkalan saluran mikro di delapan kelurahan di kawasan pemukiman. Upaya bersama untuk mengembalikan kapasitas daya tampung air dilakukan dengan menggunakan alat berat pembersih kali.

Baca Juga : Diduga Lakukan Aktivitas Tambang Ilegal, Alat Berat Berdalih Lakukan Normalisasi Sungai

“Kami juga akan memastikan bahwa kunci, pompa, dan personel kontrol harus siaga. Inilah sifat migrasi lumpur yang dilakukan hari ini,” katanya. Dhany menambahkan, beberapa sungai besar yang melewati Jakarta Pusat juga telah dikeringkan.

Beberapa sungai tersebut antara lain Kali Sentiong, Kali Utan Kayu, Kali Krukut di Kecamatan Karet Kuningan dan lainnya. Sekitar 500 pekerja dan alat berat dikerahkan untuk membersihkan lumpur di sepanjang Sungai Cideng tersebut.

Sub-Divisi SDA Jakarta Pusat Mustajab menjelaskan, pengaliran Sungai Cideng sepanjang 490 meter dimulai dari pintu air Cideng di depan RSUD Tarakan. Untuk memaksimalkannya, kemudian juga disediakan alat berat dan 30 dump truck.

Excavator Amfibi, Alat Berat Pembersih Kali Andalan

alat berat pembersih kali
faktapapers.id

The Amfibi Excavator adalah jenis excavator yang dilengkapi dengan pelampung tertutup yang memungkinkan pengerukan dilakukan mengambang di perairan dangkal. Ponton terbuat dari baja yang kuat dan tahan terhadap korosi dan air laut.

Hal ini memastikan bahwa excavator dapat bekerja bahkan dalam kondisi yang paling berat sekalipun. Excavator sebagai salah satu alat berat pembersih kalisepenuhnya digerakkan sendiri dengan sistem roller penggerak langsung hidraulik.

Kapal keruk mesin amfibi merupakan salah satu inovasi baru dalam dunia peralatan industri. Excavator ini mampu bekerja di lahan basah yang keras di seluruh dunia, terutama di Amerika Utara dan Eropa.

Secara historis, para insinyur harus mencari cara untuk menyediakan dasar yang kokoh untuk mesin-mesin ini dengan membangun jalan atau memindahkan tongkang melalui kanal. Insinyur mengembangkan undercarriage amfibi untuk mengurangi biaya.

Hal ini terkait dengan pemompaan lahan basah industri. Basis amfibi dapat dipasang pada excavator dan alat berat lainnya, sehingga memberikan daya apung dan kemampuan untuk bekerja di lingkungan basah tanpa konstruksi tambahan.

Modifikasi platform amfibi ideal untuk mengangkut pekerja dan peralatan dengan aman ke lokasi kerja di medan yang terlalu sulit untuk dilalui. Dulu proyek industri ini akan membutuhkan pekerja untuk membangun jalan di rawa tersebut.

Proses ini tidak hanya memakan waktu, tetapi juga sangat mahal dan berpotensi merusak lingkungan setempat. Dengan bantuan excavator amfibi, banyak langkah yang dapat dilewati dengan membawa alat berat langsung ke lokasi konstruksi.

Sekian ulasan terkait alat berat pembersih kaliuntuk mendukung program grebek kali di Cideng yang perlu Anda ketahui. Semoga membantu sebagai referensi untuk lebih mengenal beragam kegiatan di lingkungan sekitar.

Sumber : olnewsindonesia.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular