ALAT BERAT PERTAMBANGAN EMAS

ALAT BERAT PERTAMBANGAN EMAS

Proses mencari bebatuan yang mengandung biji emas dapat dilakukan di permukaan Pertambangan dibagi menjadi dua yaitu pertambangan tertutup yang terletak di bawah tanah dan pertambangan terbuka seperti tambang emas, batubara, nikel dan besi. Proses pertambangan itu sendiri membutuhkan peralatan yang lengkap.

Emas dikenal sebagai logam mulia yang dijadikan tanda kemuliaan dan kemapanan seseorang. Harganya yang tinggi membuat logam mulia satu ini tidak dapat dimiliki sembarang orang tanpa adanya dukungan finansial yang baik. Dalam mengenal emas tidak hanya cukup melihat pada desain dan tampilannya yang beragam di pasaran.

Proses penambangan emas itu sendiri dipengaruhi harga di pasaran, dikenal tidak mudah dan melalui tahapan yang sangat panjang yaitu:

  1. Permukaan bumi maupun di dalam tanah, tergantung dari lokasi keberadaannya. Penambangan emas rakyat biasanya memilih penambangan di permukaan bumi, sebab dilakukan secara manual di tepi sungai tanpa perlu melakukan penggalian dan memakai mesin atau alat berat.
  2. Proses pemisahan batuan emas dari bahan dan kotoran yang melapisi bijinya. Hal ini dikarenakan secara umum emas didapatkan masih tertutup oleh lapisan tertentu, dimana proses pemisahan ini yang memiliki nilai tinggi.

Kedua tahapan besar di atas menjadikan tahapan umum dalam proses penambangan emas dengan menentukan metode yang dipergunakan. Apabila penambangan dilakukan perusahaan masih kecil maka menggunakan metode tradisional, sedangkan penambangan besar akan memakai metode modern.

Metode Penambangan Tradisional

Penambangan tradisional dilakukan secara manual, biasanya dilakukan oleh penambangan rakyat dalam skala kecil, menggunakan mesin khusus yang menjadikan biaya penambangan sangat ekonomis.

Tahap pemisahan yang dilakukan pada metode ini menggunakan beberapa jenis metode, yaitu:

  • Metode Pendulangan

Metode ini merupakan metode tertua untuk mendapatkan emas atau batuan emas dari sebuah lokasi penambangan dengan memanfaatkan kuali atau benda dengan bentuk fisik sejenis.

Kuali diisi dengan pasir yang diperkirakan mengandung bebatuan emas, yang kemudian diisi sedikit air dan digoyang-goyangkan, maka akan menjadikan batuan emas mengendap di dasar kuali, ukuran massa dari batuan emas mempengaruhi hasilnya.

  • Memanfaatkan Merkuri

Metode pemisahan dengan menambahkan merkuri, dianggap berbahaya dikarenakan merkuri sendiri berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Metode Penambangan Modern

Proses penambangan emas modern biasa dilakukan pada perusahaan besar dengan menggunakan bantuan sejumlah mesin canggih, dimana ada dua jenis yaitu:

  • Hidrometalurgi

Memisahkan batuan emas dari lapisan yang menutupinya dengan bantuan zat kimia, yang dapat membantu memisahkan lapisan tembaga dan mineral lain yang menutup emas murni, dimana pengaturan dosis zat kimia dilakukan bertahap agar diperoleh hasil terbaik.

  • Pirometalurgi

Memisahkan batuan emas dari lapisan yang menutupinya dengan mengandalkan suhu tinggi bertujuan mendapatkan emas kualitas tinggi.

Beberapa alat berat pertambangan yang dibutuhkan dalam pertambangan emas, yaitu:

  • Excavator

Alat berat yang multifungsi dan banyak dipergunakan tidak hanya untuk konstruksi, tetapi juga kehutanan. Dalam pertambangan, excavator berfungsi untuk mengangkat material berat seperti bebatuan maupun tanah yang berada di lapisan teratas, dipergunakan untuk menggali, memuat dan memindahkan bahan-bahan.

  • Dump Truk

Fungsi dump truk beragam, dapat dipergunakan untuk mengangkat tanah, bebatuan, endapan biji dari jarak dekat hingga sedang. Kelebihannya dalah kecepatannya dalam mengangkut sehingga meningkatkan proses produksi serta keadaannya yang fleksibel dan membawa banyak barang.

  • Wheel Loader

Alat berat pertambangan yang berfungsi untuk memindahkan material yang berada di area tambang ke dalam truk atau kendaraan lain yang sejenis seperti waste handling, truk pemuat batu. Kelebihannya yaitu menggunakan ban sebagai penggerak, sehingga mempermudah mobilitas dan proses produksi berjalan cepat dengan tingkat efisiensi tinggi.

  • Conveyor Belt

Berfungsi memindahkan barang yang ada di area pertambangan seperti tanah, pasir, bebatuan yang sudah dipecahkan ke tempat lain. Kapasitas tinggi membuat kinerja conveyor belt lebih cepat dan bekerja dalam jangka waktu lama.

  • Dragline

Lebih banyak dipergunakan untuk menggali tanah atau mengangkut muatan pada alat angkut yang tersedia di lapangan seperti truk. Kelebihannya yaitu dapat ditempatkan di area kerja yang baik, sehingga tidak perlu terjun langsung ke lapangan tempat penggalian, jangkauan luas, mampu membantu penggalian lebih cepat selesai dan bekerja lebih efektif.

  • Bulldozer

Keuntungan menggunakan bulldozer di area pertambangan untuk menggali, meratakan area, mendorong barang-barang berat, menimbun kembali tanah yang berlubang bekas galian, sedang fungsi lainnya yaitu:

  1. Membersihkan area pertambangan yang masih kasar atau terdapat banyak kayu teronggok di sekitar area, bekas pepohonan ataupun batuan kasar.
  2. Memindahkan tanah hingga jarak 300ft.
  3. Menimbun kembali trencher.
  4. Membantu menyiapkan material yang diperlukan dengan mengambil di gudang penyimpanan.

Keenam alat berat pertambangan tersebut dapat ditemukan dalam pertambangan emas. Peralatan yang lengkap akan mampu memberikan jaminan hasil yang lebih banyak dan kualitas terbaik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *