Monday, July 15, 2024
HomeKonstruksiAlat Berat Shantui, Salah Satu Brand Ternama Asal China

Alat Berat Shantui, Salah Satu Brand Ternama Asal China

Shantui merupakan salah satu produsen alat berat terbesar di dunia yang banyak dikenal di industri alat berat. Perusahaan ini berasal dari China dan telah berdiri sejak tahun 1958. Shantui merupakan salah satu produsen yang berhasil memproduksi berbagai jenis alat berat, mulai dari excavator, bulldozer, loader, hingga crane.

Nama besar brand alat berat Shantui berhasil menarik minat para pengguna alat berat di Indonesia sehingga brand ini bisa memasuki pasar alat berat di Indonesia. Shantui memiliki nama lengkap Shantui Construction Machinery Group Co., Ltd.

Baca Juga : Sejarah Pendirian Alat Berat Shanglin Hingga Kesuksesannya Di Indonesia

Sejarah Pendirian Brand Alat Berat Shantui

Brand Shantui pertama kali didirikan pada tahun 1958 di Jinan, China. Perusahaan ini awalnya bernama Jinan Construction Machinery Factory namun mengalami pergantian nama menjadi Jinan Shantui Construction Machinery Factory pada tahun 1966.

Sejak awal pendiriannya, brand ini telah bergelut di dunia alat berat dengan memproduksi alat berat tertentu. Alat berat excavator yang menjadi salah satu alat berat andalan dari brand ini pertama kali diproduksi pada tahun 1970-an dan langsung mendapatkan kesuksesannya.

Pasca excavator miliknya mengalami kesuksesan, brand ini langsung tancap gas melakukan ekspansi ke berbagai negara di tahun 1980. Indonesia menjadi salah satu negara tujuan ekspansi Shantui dengan kehadiran alat berat Shantui pada tahun 2000.

Kesuksesan Brand Alat Berat Shantui Di Indonesia

Brand ini berhasil masuk ke pasar Indonesia setelah bekerjasama dengan PT. Gaya Makmur Tractors. Pada awal kehadirannya, brand ini hanya menjual excavator dan disusul oleh jenis alat berat lainnya seperti crane dan dozer di tahun berikutnya.

Kesuksesan brand Shantui di Indonesia membuat Shantui berani membuka pabrik pertamanya di Cikarang, Jawa Barat pada tahun 2005. Excavator pertama yang diproduksi di Indonesia berhasil diluncurkan pada tahun 2010.

alat berat shantui
Brand Alat Berat Shantui Terus Memproduksi Produk Alat Berat Terbarunya Di Indonesia

Hingga saat ini ada berbagai produk alat berat dari brand Shantui yang digunakan di berbagai proyek alat berat di Indonesia. Beberapa jenis alat berat yang dipasarkan oleh brand Shantui di Indonesia diantaranya :

  • Motor grader
  • Tipper
  • Motor scraper
  • Road roller
  • Vibrator roller
  • Crusher
  • Screen
  • Asphalt paver

Setiap jenis alat berat yang diproduksi oleh brand alat berat Shantui baik di Indonesia maupun di negara asalnya China juga diproduksi dengan banyak kapasitas untuk memenuhi kebutuhan di pasar alat berat saat ini. Jenis alat berat excavator dari brand ini saja diketahui memiliki lebih dari 10 jenis kapasitas bucket berbeda mulai dari 0,16 m3 hingga 4 m3.

Selain excavator, alat berat Shantui jenis bulldozer juga dikenal sebagai primadona di industri alat berat berkat kualitasnya yang tinggi serta spesifikasinya yang cukup canggih. Kapasitas besar yang dimiliki oleh bulldozer dari brand Shantui dinilai menjadi nilai plus yang membuat alat berat ini banyak digunakan terutama dalam berbagai proyek berskala besar baik proyek konstruksi maupun pertambangan.

Di Indonesia sendiri, setidaknya 7 tipe bulldozer dari brand Shantui berhasil menguasai berbagai sektor alat berat. Beberapa tipe bulldozer Shantui yang dipasarkan di Indonesia diantaranya :

  • Bulldozer SD16E
  • Bulldozer SD22E/F
  • Bulldozer DH08B2 XL
  • Bulldozer SD32
  • Bulldozer DH20B2RS
  • Bulldozer DH24B2XL
  • Bulldozer DH46-C3

Brand Shantui memang dikenal sangat teliti dalam memasarkan produknya, setiap produk yang dipasarkan oleh brand Shantui memiliki spesifikasi khusus yang sesui dengan kebutuhan alat berat di wilayah tertentu. Hal ini juga yang membuat brand alat berat Shantui berhasil memasarkan produknya ke hampir 150 negara di dunia hingga menjadi salah satu brand yang disegani.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular