Monday, July 15, 2024
HomeExcavatorAlat Berat Tertimpa Material Longsor Di Tompoladang

Alat Berat Tertimpa Material Longsor Di Tompoladang

Pihak Polsek Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati saat melewati area jalan di wilayah Tompoladang, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Imbauan ini diberikan setelah adanya satu unit alat berat yang secara tiba-tiba tertimbun oleh material longsor di area tersebut.

Jika memungkinkan, pihak kepolisian mengimbau masyarakat untuk menunda rencana perjalannya mengingat area jalan yang masih rawan longsor. Penyebab longsor tersebut juga hingga saat ini masih belum diketahui.

Baca Juga: Dinas PUPR Kerinci Gercep Datangkan Alat Berat Tangani Longsor

Sedang Beroperasi, Alat Berat Tiba-Tiba Tertimpa Material Longsor

Tragedi longsor diketahui terjadi pada Rabu (19/06) sekitar pukul 14.20 Wita dan menyebabkan satu unit peralatan berat yang sedang beroperasi tertimbun material longsor. Kondisi cuaca saat kejadian diketahui cukup cerah sehingga penyebab terjadinya longsor tersebut masih belum diketahui.

Peralatan berat yang terdampak longsor ini diketahui sedang beroperasi untuk proyek pelebaran jalan di wilayah Tompoladang. Beruntung tidak ada korban luka maupun korban jiwa akibat kejadian ini.

Evakuasi Alat Berat Dilakukan dengan Peralatan Berat Lain

Meski tidak ada korban atas kejadian ini, namun proyek pelabaran jalan yang sedang digarap diketahui harus dihentikan karena para petugas fokus untuk mengevakuasi alat berat yang terdampak oleh material longsor tersebut. Posisi peralatan berat yang dikelilingi oleh material longsor membuat para pekerja konstruksi harus membersihkan material dan mengevakuasi peralatan yang terjebak lebih dulu sebelum melanjutkan pekerjaan pelebaran jalan.

Baca Juga: Alat Berat Rampungkan Pembersihan Longsor Di Malabo Dalam 1 Hari

Ipda Rusdi selaku PH. Kapolsek Mallawa menuturkan bahwa pihaknya harus menerjunkan unit peralatan berat lain untuk mengevakuasi peralatan yang tertimbun oleh material longsor berbentuk tanah dan bebatuan ini. Ukuran material bebatuan yang cukup besar membuat evakuasi hanya bisa dilakukan menggunakan peralatan berat lainnya dan tidak bisa dilakukan secara manual.

Ipda Rusdi juga menjelaskan bahwa material longsor ini tiba-tiba saja turun dari atas tebing saat proyek pelebaran jalan sedang berjalan. Beruntung operator yang sedang bekerja tidak tertimpa oleh material tersebut karena material mengarah ke bagian bawah peralatan.

Proses evakuasi alat berat berjalan lancar dan baru rampung 3 jam kemudian, sehingga proyek pelebaran baru dapat berjalan kembali pada Rabu sore. Ipda Rusdi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati saat melintas area jalan yang dikelilingi tebing karena potensi longsor dapat terjadi kapanpun.

Sumber: makassar.tribunnews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular