excavator

Alat Berat dalam Proyek Perkebunan

Di zaman sekarang pekerjaan manusia telah menjadi lebih ringan, karena hadirnya peralatan-peralatan yang telah lama dibuat dan terus diperbarui hingga sekarang, dan salah satu penemuan paling bersejarah dan berguna hingga detik ini adalah penemuan alat berat, seperti misalnya, Excavator, buldozer, dan masih banyak lainnya.

 Dengan adanya alat-alat tersebut pekerjaan manusia menjadi jauh lebih ringan, bayangkan saja jika pekerjaan tersebut dilakukan tanpa adanya alat berat, tentu semua pekerjaan dan akan memakan banyak tenaga serta waktu yang jauh lebih lama. dan salah satu industri yang tidak lepas dari alat berat tersebut adalah industri perkebunan seperti kelapa sawit.

Tidak berbeda jauh dengan Jenis perkebunan atau pertanian yang lain, mulai dari pengolahan lahan, perawatan hingga produksi memerlukan dukungan dari alat berat yang sangat banyak, untuk itu umumnya di perkebunan khususnya kelapa sawit dibentuk sebuah divisi teknik yang memang khusus untuk mengatur seluruh penggunaan alat berat sehingga penggunaannya bisa lebih efisien dan efektif.

Tidak berbeda jauh dengan Jenis perkebunan atau pertanian yang lain, mulai dari pengolahan lahan, perawatan hingga produksi memerlukan dukungan dari alat berat yang sangat banyak, untuk itu umumnya di perkebunan khususnya kelapa sawit dibentuk sebuah divisi teknik yang memang khusus untuk mengatur seluruh penggunaan alat berat sehingga penggunaannya bisa lebih efisien dan efektif.

Pada umumnya semakin tua umur dari sebuah alat berat maka akan semakin boros pula solar yang digunakan, bunganya adalah semakin besar cost operasional (running account) dari alat tersebut. Maka diperlukan kalibrasi penggunaan solar yang continue, agar kita dapat mengetahui norma solar secara update.

Lalu jenis-jenis alat berat apa saja yang biasa digunakan pada industri perkebunan :

1. Excavator

Excavator sendiri merupakan alat berat yang memiliki peranan serta fungsi yang sangat berguna dibeberapa sektor terutama di sektor pertambangan dan kontruksi. Seperti misalnya digunakan untuk keperluan menggali tanah, pemangkasan sebuah bukit bahkan digunakan juga untuk merobohkan sebuah bangunan. Singkatnya kegunaan Excavator untuk pembukaan lahan, pembuatan parit, penggalian dll.

2. Bulldozer

Alat berat lainnya yang cocok digunakan untuk industri perkebunan yaitu bulldozer tentu kita sudah sering mendengar alat berat yang satu ini bahkan mungkin kita sudah sering melihatnya. Adapun kegunaan dari alat berat yang satu ini yaitu itu cocok dalam kelandaian jalan, stacking, pembuatan jalan teras di area bukit, dll.

3. Backoe Loader

 Alat berat yang satu ini juga umum digunakan dalam industri perkebunan, bagi Anda yang sering menonton film mungkin sudah sering melihatnya. Dan memang alat berat yang satu ini sangat cocok untuk digunakan dalam proyek perkebunan. Salah satu kegunaannya yaitu untuk pembuatan parit.

4. Traktor

Tidak kalah dari backoe, alat berat yang satu ini juga sering kita jumpai di film. Untuk proyek perkebunan alat yang satu ini sangat berguna karena bisa dimanfaatkan untuk proses penyebaran pupuk di area yang kita hendaki.

5. Grader dan Vibro Compactor

Alat berat yang satu ini memiliki kegunaan untuk perawatan jalan dan perkerasan jalan, alat berat yang satu ini juga umum digunakan dalam proyek perkebunan.

6. Dump Truck

Adapun kegunaan atau fungsi dari dump truck yaitu untuk alat transportasi sekaligus sebagai alat pengangkut dari berbagai macam material material mulai dari pasir, kerikil, sampai tanah yang dibutuhkan dalam keperluan kontruksi bangunan. Untuk industri perkebunan alat berat yang satu ini sangat umum sekali digunakan karena dapat dimanfaatkan untuk membawa hasil hasil dari perkebunan menuju tempat penyimpanan.

7. Motor Grader

Motor grader sendiri adalah sebuah mesin sortir atau sebuah sarana angkut, dengan suatu pemotong besar yang dapat digunakan untuk menciptakan sebuah permukaan datar. Di mana ciri khas alat yang satu ini mempunyai tiga poros sumbu, dengan taxi dan mesin yang diletakkan di atas poros belakang dari kendaraan. Umumnya alat berat yang satu ini digunakan dalam proses perataan tanah, dapat juga digunakan sebagai pembuatan parit untuk drainase air.  Kurang lebih itu adalah beberapa alat berat yang cocok  atau sering digunakan dalam proyek perkebunan, perlu diketahui untuk tiap-tiap alat berat seperti Excavator atau bulldozer memiliki beberapa tipe dan jenis, dan tentu tiap-tiap pelaku bisnis menggunakan tipe yang berbeda-beda, itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *