perbedaan excavator dan backhoe

Sering Keliru, Ini Perbedaan Backhoe dengan Excavator

Alat berat memiliki banyak jenis yang dibedakan berdasarkan ukuran serta fungsi dari alat tersebut. Alat berat excavator dan backhoe termasuk jenis alat berat yang umum ditemui di Indonesia seiring banyaknya pekerjaan proyek yang membutuhkan alat berat tersebut.

Meski mudah dijumpai, namun masih banyak yang mengira excavator dan backhoe adalah dua jenis alat berat yang sama. Nyatanya, baik excavator maupun backhoe adalah dua alat yang berbeda dengan spesifikasi serta kegunaan yang berbeda pula.

Pada artikel kali ini, kami akan memberi sedikit informasi mengenai perbedaan alat berat excavator dengan backhoe. Selengkapnya, ada di bawah ini ya!

Pengertian Excavator

perbedaan excavator dan backhoe

Yang dimaksud dengan alat berat excavator adalah jenis alat berat yang umumnya difungsikan untuk membantu penyelesaian proyek dengan memindahkan material berat dari satu tempat ke tempat lainnya, membantu penggalian, membantu pengerjaan irigasi, meratakan tanah, hingga mengambil sampah dan sedimentasi pada dasar sungai guna mencegah pendangkalan.

Alat berat excavator juga dapat digunakan dalam pengerjaan infrastruktur jalan raya dimana umumnya excavator digunakan untuk mengeruk dan meratakan tanah, serta memindahkan material seperti pasir, batu, dan lain sebagainya.

Excavator juga difungsikan pada bantuan bencana alam dengan memindahkan material yang menghalangi jalan atau tempat tertentu agar kendaraan lain bisa lewat dan juga membantu pencarian korban. Excavator bisa mempersingkat waktu serta mempermudah pengerjaan yang tidak bisa dilakukan dengan tenaga manusia.

Excavator di Indonesia banyak diproduksi oleh merk luar negeri. Contohnya Komatsu, Hitachi, Volvo, Doosan, hingga Sumitomo. Ada juga alat berat excavator yang diproduksi oleh perusahaan dalam negeri, yakni oleh PT Pindad yang memproduksi Excava 200 dan Excava 50.

Alat berat excavator lebih cocok digunakan pada proyek berskala besar dengan bobot dan kemampuannya yang di atas backhoe. Sehingga, lebih sering ditemui pada pengerjaan berskala besar dibandingkan dengan pengerjaan skala menengah ke bawah.

Pengertian Backhoe

perbedaan backhoe excavator

Hampir serupa dengan excavator, alat berat backhoe adalah jenis alat berat yang banyak digunakan untuk penggalian, pembangunan, perbaikan dan berbagai fungsi lainnya. Yang dimaksud dengan backhoe adalah alat berat atau alat pemuat yang memiliki ban dan roda yang dikombinasikan dengan backhoe.

Backhoe umumnya digunakan pada pekerjaan yang memerlukan mobilitas material yang tinggi tanpa membuat material tersebut mengalami kerusakan. Contoh pengerjaan yang membutuhkan alat berat backhoe yakni pembuatan parit dan saluran air, pemeliharaan saluran yang berada di jalan raya, penggalian utilitas, dan lain sebagainya. Selain itu, backhoe juga dapat digunakan untuk memecah material keras, membongkar aspal dan beberapa kegunaan lainnya.

Alat berat ini terdiri dari traktor standar yang menopang bagian ember atau bucket penggali di ujung lengan dengan dua bagian yang disambung. Pada sisi berlawanan dari backhoe, umumnya terdapat attachment loader depan, sehingga kursi dapat diputar secara 360 derajat guna memungkinkan operator alat berat menghadap semua sisi dalam penggunaan alat berat.

Pada backhoe, terdapat boom atau lengan yang dipasang pada traktor dan segmen penahan ember penggali yang disebut gayung atau tongkat pemukul. Terdapat berbagai jenis attachment yang tersedia untuk backhoe. Seperti palu, bor, garu, breaker, dan lain sebagainya. Sedangkan pemuat depan dapat diganti dengan sapu, bajak, serta forklift yang berbeda.

Dalam beberapa kesempatan, alat berat backhoe juga dapat difungsikan sebagai derek dengan melilitkan tali benda yang diangkat pada atas tongkat gayung.

Perbedaan Excavator dan Backhoe

Ada beberapa perbedaan dari alat berat excavator dan backhoe. Antara lain:

a. Fleksibilitas

Meski sama-sama menawarkan beberapa pilihan attachment, alat berat backhoe mempunyai pilihan yang jauh lebih banyak dan dengan begitu, backhoe dapat melakukan berbagai tugas dengan cakupan yang lebih luas. Selain itu, backhoe dapat dikendarai di jalan raya dan lebih mudah dikendarai dibandingkan excavator. Maka dari itu, backhoe sering dijadikan pilihan pada proyek dengan medan perkotaan.

b. Ukuran

Perbedaan ukuran merupakan perbedaan paling mencolok dari kedua alat berat ini. Excavator mempunyai ukuran yang lebih besar dan bobot lebih berat dibandingkan backhoe, namun memiliki sepatu belakang yang sedikit lebih kecil.

Alat berat excavator umumnya lebih cocok digunakan pada proyek penambangan, penghancuran, tiang penggerak, poros pengeboran untuk peledakan batu, dan keseluruhan proyek industri dengan skala besar. Di sisi lain, backhoe dengan ukuran lebih kecil dan lebih mudah digunakan, sangat cocok digunakan pada protek pertanian, proyek konstruksi dan penggalian berskala menengah, pekerjaan pemuatan, dan fungsi menengah lainnya.

c. Rotasi

Perbedaan terakhir yakni rotasi. Baik excavator dan backhoe mempunyai rentang rotasi yang berbeda. Hal ini yang membuat keduanya sangat berbeda dari sudut pandang operator alat berat. Pada excavator, operator dapat memutar seluruh sasis dan lengan alat berat dalam satu lingkaran penuh atau secara 360 derajat. Di sisi lain, lengan pada backhoe hanya dapat berputar dengan kisaran 200 derajat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *