kerusakan excavator

5 Jenis Excavator Komatsu yang Paling Diminati di Indonesia

Alat berat excavator menjadi peralatan penting yang digunakan untuk membantu pekerjaan berat yang tidak dapat dilakukan sepenuhnya oleh tenaga manusia. Jenis alat berat ini banyak dimanfaatkan pada proyek dengan skala menengah hingga berat, sesuai dengan bobot alat berat dan fungsinya.

Selain digunakan pada pembangunan infrastruktur, excavator juga digunakan pada pertambangan, kehutanan, perkebunan, pembuatan irigasi dan saluran air, serta pembersihan sungai dimana excavator digunakan untuk mengangkat sampah dan sedimen yang membuat sungai dangkal.

Indonesia merupakan negara yang cukup membutuhkan alat berat excavator ini dalam bidang kerja perkebunan, pertambangan dan pembangunan infrastruktur. Selain itu, excavator di Indonesia juga digunakan dalam membantu pembersihan dampak bencana alam, seperti mengangkut material berat dan membantu pencarian korban.

Alat Berat Komatsu di Indonesia

Komatsu adalah salah satu podusen alat berat asal Jepang yang telah berhasil menjadi pelopor alat berat di kawasan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Sama halnya dengan negara asal, Komatsu menghadirkan alat berat excavator dengan teknologi terkini yang dapat membantu kinerja operator alat berat tanpa meninggalkan kenyamanan dan keselamatan, baik bagi operator maupun di lingkungan pekerjaan.

Sebagai bukti, Komatsu Indonesia telah meraih ISO 9001 yang merupakan Sertifikasi untuk Sistem Manajemen Mutu, ISO14001 sebagai Sertifikasi untuk Sistem Manajemen Lingkungan, serta meraih Penghargaan Deming Prize sebagai penghargaan tertinggi yang diberikan kepada perusahaan terpilih yang sudah menggalakkan TQM (Total Quality Management) yang diuji langsung oleh JUSE (Union of Japanese Scientists and Engineers).

Jenis Excavator Komatsu yang Diminati di Indonesia

Sebagai produk yang diminati oleh masyarakat, ada beberapa jenis excavator dari Komatsu yang menjadi idola di tengah pasar alat berat. Antara lain:

1. Excavator Komatsu PC 50

excavator komatsu

Komatsu PC 50 merupakan jenis excavator yang tergolong dalam kategori mini excavator. Alat berat ini memiliki berat operasional 5040 kilogram dengan kapasitas bucket atau ember sebesar 0.10 m3. Selain itu, alat berat yang ramping dan lincah ini mempunyai kedalaman galian maksimum sebesar 3.800 meter. Tinggi transportasi dari Komatsu PC 50 adalah 2.63 meter dengan panjang 5.55 meter. Alat ini juga memiliki lebar sejumlah 1.94 meter.

2. Excavator Komatsu PC 75

excavator komatsu

Dalam kelas midi excavator atau di kelas menengah, Komatsu menghadirkan jenis PC 75. Alat berat ini tersusun dari sistem kontrol elektronik dari seri kedua, kabin bundar, serta adanya offset boom. Sebagai midi excavator, PC 75 sering digunakan pada sektor industri – baik sektor pertambangan, ppembangunan, maupun mineral.

Alat berat ini memiliki berat operasional 7.400 kilogram dengan kapasitas bucket atau ember sebesar 0.30 m2, kedalaman galian maksimum mencapai 4.25 meter, dan tinggi (transportasi) sebesar 2.66 meter. Lebih lanjut, jenis excavator ini memiliki panjang (transportasi) sebesar 6.01 meter dan lebar (transportasi) 2.05 meter.

Pada mesin, PC 75 dilengkapi dengan mesin 4 silinder model 4D98E yang diklaim mempunyai tenaga 64.8 hp pada 2.300 rpm. Selain itu, PC 75 memiliki kapasitas bahan bakar sebesar 100 liter dengan kecepatan ayun 10.2 rpm.

3. Excavator Komatsu PC 78US

excavator komatsu

Jenis excavator ketiga yang menjadi idola di Indonesia adalah Komatsu PC78US. Excavator ini pada awalnya diubah modelnya menjadi Dash 5 sebagai hydraulic excavator yang dilengkapi dengan ekor pendek. Kapasitas produksi dari alat berat ini setara dengan PC60 standard, dengan menggunakan PC72UU sebagai alas dan dilengkapi kabin bundar yang lebih besar dibandingkan dengan PC128US yang satu tingkat lebih besar dari PC78US.

Dengan teknologi terkini, spesifikasi yang baik serta konsep keselamatan yang unggulan, jenis excavator ini terjual dengan laris di pasaran.

Excavator Komatsu PC78US mempunyai net power berkisar pada 55 hingga 57 Hp per 1950 rpm. Selain itu, alat ini juga memiliki berat operasi berkisar antara 7 hingga 7.6 ton dan kapasitas bucket atau ember sebesar 0.09 hingga 0.34 m3.

4. Excavator Komatsu PC 200

excavator komatsu

Excavator Komatsu jenis PC 200 merupakan alat berat excavator dari Komatsu yang dipasarkan oleh PT United Tractors. Jenis excavator ini sangat diminati oleh masyarakat dengan teknologi terkini dan kenyamanan yang diusung tanpa menanggalkan keselamatan operator alat berat.

Mesin yang digunakan pada PC 200 menggunakan mesin Komatsu SAA6D107E-1 dengan 6 silinder in-line berdiameter 107 mm. Juga dilengkapi dengan Water Cooled 4 Cycle, Direct Injection dan Turbocharger. Ada pula Fan Drive dengan tipe Mechanical dan Epa Tier 3 Emissions. Mesin ini juga dilengkapi dengan Bore 107 mm atau 4.21 inchi, serta Stroke dengan 124 mm atau setara dengan 4.88 inchi.

Bucket pada excavator ini memiliki kapasitas yang berbeda-beda, bergantung pada jenis dan bawaan pabrikan. Terdapat beberapa standar kapasitas bucket yang tersedia, yakni Reference Bucket dengan 1.4 yd3, Medium Bucket Capacity dengan 0.7 yd3, dan Maximum Bucket Capacity dengan 1.6 yd3.

5. Excavator Komatsu PC 300

excavator komatsu

Jenis terakhir yakni PC 300 memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Monitor multi-bahasa dengan LCD resolusi tinggi yang besar, peningkatan dukungan efisiensi dilengkapi dengan sistem pemantauan EMMS.
  • Kabin dengan standar ROPS (ISO 12117-2 guna melindungi operator dalam kecelakaan
  • Memberi performa kemudi dan kemampuan menanjak yang unggul

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *