Tuesday, August 16, 2022
HomeAlat beratTerbaru! Komatsu Memproduksi Excavator dengan Harga Terjangkau

Terbaru! Komatsu Memproduksi Excavator dengan Harga Terjangkau

Pasar global menuntut tiap produsen dapat mengembangkan ide yang inovatif dengan harga bersaing untuk mendapat atensi dari masyarakat sebagai konsumen. Terlebih, saat ini banyak produsen yang menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga rendah, membuat produsen lain kehilangan pasar yang dimiliki.

China merupakan salah satu negara yang menawarkan harga rendah untuk barang berkualitas tinggi tak kalah dengan produsen Barat, seperti Amerika dan Eropa. China juga menjadi pesaing besar dalam skala Asia bagi negara produsen lainnya, seperti Korea Selatan dan Jepang.

Sektor alat berat yang sedang bersaing ketat untuk memenuhi kebutuhan pasar menjadi salah satu sektor persaingan antara Jepang dan China. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya inovasi alat berat dengan harga terjangkau yang dikeluarkan oleh para produsen alat-alat berat, salah satunya adalah Komatsu.

Komatsu Indonesia

komatsu indonesia

PT Komatsu Ltd. merupakan produsen asal negeri Jepang dengan merk Komatsu Indonesia untuk wilayah Indonesia. PT United Tractors menjadi distributor resmi dari poduk Komatsu Ltd., salah satunya untuk jenis alat berat excavator.

Dikutip dari website resmi Komatsu Indonesia, produk Komatsu memiliki beragam keunggulan termasuk di dalamnya layanan atau fasilitas produksi yang lengkap dan terintegrasi, yakni fasilitas produksi unit jadi hingga masing-masing komponennya. Adanya Komatsu Indonesia dipengaruhi oleh tingginya intensitas pembangunan infrastruktur di Indonesia dan lokasi strategis Indonesia yang dapat membuat Komatsu Indonesia sebagai pelopor produsen alat berat di Asia Tenggara dalam waktu yang singkat.

Komatsu Indonesia banyak memenuhi kebutuhan alat berat dalam sektor kehutanan atau forestry, perkebunan, pertambangan dan konstruksi bangunan di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh sistem kerja alat berat Komatsu Indonesia yang sesuai dengan medan di kawasan Asia Tenggara, fitur yang modern dan mudah dipahami, serta harga yang sangat kompatibel dengan pasar Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Komatsu berhasil menjadi salah satu produsen alat berat excavator yang menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia, disamping nama Volvo, Doosan dan Hitachi. Selain itu, produk-produk di bawah Komatsu Indonesia telah mendapatkan ISO 9001, yakni sertifikasi untuk Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001 yang menjadi sertifikasi untuk Sistem Manajemen Lingkungan, ISO 45001, dan Penghargaan Deming Prize yang merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pada perusahaan terpilih dimana perusahaan tersebut telah menggalakkan Total Quality Management (TQM) yang diuji langsung oleh Union of Japanese Scientists and Engineers (JUSE).

Excavator Harga Terjangkau dari Komatsu

excavator komatsu

Dilansir dari bisnis.com, Komatsu akan memproduksi alat berat excavator dengan harga yang lebih terjangkau di kawasan Asia Tenggara. Produksi ini sebagai pemenuhan permintaan pasar dalam sektor pembangunan perkotaan serta sebagai bentuk persaingan dengan alat berat buatan China yang dijual lebih murah.

Pada April 2021, Komatsu akan meluncurkan alat berat excavator kelas menengah seberat 20 ton yang disesuaikan dengan kebutuhan dalam sektor konstruksi jalan dan pengembangan lahan perumahan. Alat berat excavator ini rencananya akan dipasarkan di Thailand dan produksi akan dijalankan di Jepang atau Thailand.

Hydraulic Excavator Komatsu Terbaru

Alat berat excavator jenis Hydraulic Excavator merupakan jenis alat berat yang saat ini sedang banyak digunakan dan tinggi permintaannya selama tahun 2021. Di Indonesia sendiri, Hydraulic Excavator dan jenis excavator lainnya diprediksi dapat diproduks hingga 5000 unit hingga akhir tahun.

Hydraulic Excavator menjadi pilihan favorit karena fungsinya yang beragam dan sangat kompatibel dalam sektor berskala tinggi hingga rendah. Adapun Hydraulic Excavator dapat digunakan dalam penggalian, penebangan dan penambangan.

Jenis baru dari Komatsu ini memiliki tenaga mesin yang lebih moderat dengan harga 10 hingga 15 persen lebih rendah dengan series lainnya. Dengan begitu, pihak Komatsu berharap dapat meningkatkan minat konsumen.

Lebih lanjut Komatsu menjelaskan bahwa pihaknya memperkirakan penjualan alat berat untuk sektor konstruksi, pertambangan dan sejenisnya dapat mencapai 129,80 miliar yen atau setara dengan US$ 1,24 miliar untuk wilayah Asia di luar Jepang dan China pada tahun fiscal 2020. Angka ini mengalami penurunan sebanyak 37% dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya.

Pasar Asia Tenggara, terlebih Indonesia, banyak menggunakan alat berat excavator sebagai alat bantu dalam sektor pertambangan, perkebunan, kehutanan atau forestry dan konstruksi dalam skala kecil maupun besar. Tercatat, permintaan alat berat excavator didominasi oleh pertambangan batubara dan konstruksi terutama pada infrastruktur dan konstruksi jalan.

Dengan tenaga mesin dan harga yang lebih kompatibel, diperkirakan Komatsu dapat memenuhi kebutuhan alat berat di pasar Asia Tenggara dan dapat bersaing dengan pihak China. Sebagai wilayah yang didominasi negara berkembang, keputusan Komatsu untuk meluncurkan produk yang lebih murah sangat disambut antusias oleh pelaku industri.

Peluncuran produk tersebut juga diharapkan dapat ‘menghidupkan’ kembali sektor ekonomi terutama pada sektor alat berat setelah masa pandemi COVID-19. Sejak tahun 2019, sektor ekonomi dunia mengalami kemunduran yang cukup parah hingga menimbulkan reses di beberapa negara. Seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Indonesia juga tidak luput dari kemunduran sektor ekonomi ini, terlebih pada masa PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar dimana pemerintah Indonesia membatasi ruang gerak para pelaku ekonomi dan industri. Dampaknya, banyak proyek konstruksi yang terbengkalai dan pembatasan kinerja dalam sektor pertambangan.

Diharapkan adanya perkembangan alat berat excavator dari Komatsu ini bisa membantu menggenjot sektor pasar alat berat dan juga sektor lainnya yang saling berkaitan untuk lebih produktif di kemudian hari. Juga, diharapkan adanya pengembangan yang serupa dari merk alat berat lainnya guna membantu sektor industri dan alat berat di kawasan Asia Tenggara yang didominasi oleh negara berkembang dengan ekonomi menengah.

Selain itu, hadirnya Komatsu dengan excavator dengan harga yang lebih terjangkau bisa membantu masyarakat yang melakukan sektor strategis – seperti perkebunan dan pertambangan secara mandiri, yang dimana excavator terbaru tersebut dapat menekan biaya peralatan dan memajukan sektor yang sedang dijalani.

Sektor Alat Berat di Indonesia

Di Indonesia sendiri sektor alat berat menjadi sektor yang cukup menjanjikan. Hal ini dibuktikan dengan PT Pindad yang mengeluarkan seri alat berat yakni Excava 200 dan Excava 50 yang pembuatannya diharapkan dapat menjadi alternatif pilihan alat berat jenis excavator di tengah sektor strategis.

Dengan adanya Excava 200 dan Excava 50, diharapkan Indonesia juga dapat bersaing dalam industri alat berat dengan merk-merk asal luar negeri lainnya, seperti Komatsu, Yanmar dan CAT.

Spesifikasi Excava tidak kalah jauh dengan merk internasional lainnya dengan harga yang bersaing. Dengan begitu, alat berat jenis excavator keluaran PT Pindad dapat menjadi pilihan alternatif untuk pelaku industri dan masyarakat dalam memilih alat berat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular