Tuesday, August 16, 2022
HomeAlat beratAlat Berat Excavator dalam Tambang Emas

Alat Berat Excavator dalam Tambang Emas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia memiliki beragam potensi dan sumber daya yang terus dieksplorasi hingga kini. Salah satunya adalah sumber daya mineral, seperti emas. Di Indonesia, terdapat banyak tambang emas yang dikelola oleh masyarakat, negara, maupun swasta. Salah satu tambang emas terbesar yang telah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia adalah Freeport.

Emas di Indonesia menjadi satuan barang yang banyak digunakan dalam investasi. Baik dalam bentuk perhiasan maupun emas antam, dan emas batangan.  Emas adalah unsur kimia berbentuk logam transisi yang bertekstur lembek, kuning, mengkilap dan memiliki massa berat. Unsur kimia ini tergolong dalam logam lunak karena mempunyai tingkat kekerasan berkisar antara 2,5 hingga 3 skala Mohs. Hal ini membuat emas mudah ditempa dan dibentuk dalam proses yang panjang.

Tambang Emas di Indonesia

Cr: Unsplash

Wilayah penghasil emas di Indonesia tersebar di beberapa wilayah yang menjadi pusat penambangan emas terbesar.Wilayah tersebut antara lain:

a. Gunung Pongkor

Wilayah penghasil emas pertama di Indonesia adalah Gunung Pongkor. Gunung ini terletak di Jawa Barat dan mulai beroperasi sebagai tambang emas sejak tahun 1994.

b. Martabe

Wilayah kedua penghasil emas murni di Indonesia terletak di Martabe, Sumatera Utara. Wilayah ini termasuk baru beroperasi, yakni sekitar tahun 2018 silam. Hingga saat ini, wilayah Martabe terus menghasilkan profit dan diperkirakan akan terus meningkat.

c. Dompu

Wilayah ketiga adalah Dompu, Nusa Tenggara Barat. Wiayah Dompu termasuk dalam wilayah penghasil emas murni dan jenis mineral lain tertinggi di Indonesia.

d. Sumbawa

Wilayah Sumbawa menjadi salah satu penghasil emas murni terbesar di Indonesia. Wilayah ini telah beroperasi sejak tahun 2000 dan menjadi kegiatan kembangan terlama yang ada di Indonesia.

e. Papua

Wilayah terbesar yang menjadi penghasil emas murni terbesar di Indonesia adalah Papua. Tambang emas di Papua mayoritas dikelola oleh PT Freeport Indonesia. Hingga saat ini, wilayah Papua menjadi wilayah terbesar dalam menghasilkan emas dengan penghasilan sekitar 240 kilogram emas murni per harinya. Meski begitu, terdapat banyak pro dan kontra tentang penambangan emas di Papua oleh PT Freeport Indonesia.

Alat Berat Excavator dalam Pertambangan Emas di Indonesia

Menurut Agincourt, kegiatan pertambangan dapat dibedakan dalam dua jenis. Yakni pertambangan tertutup yang letaknya di bawah tanah dan pertambangan terbuka seperti tambang besi, nikel dan emas. Pertambangan emas di Indonesia termasuk dalam pertambangan terbuka yang dalam prosesnya membutuhkan tenaga kerja manusia dan alat berat hingga teknologi terkini untuk mengambil dan mengolah emas. Salah satunya adalah alat berat excavator.

Excavator merupakan jenis alat berat yang memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Tidak terbatas digunakan untuk konstruksi, excavator juga dapat dimanfaatkan dalam kehutanan atau forestry dan perkebunan.

Dalam sektor pertambangan, alat berat excavator digunakan sebagai media pengangkut material berat, seperti tanah yang terletak di lapisan teratas hingga bebatuan. Alat berat excavator dapat diperuntukkan dalam penggalian serta memuat dan memindahkan material dalam berbagai bentuk dan berat yang beragam.

Medan pertambangan yang tidak stabil dan cenderung susah dilalui oleh kendaraan konvensional menjadikan alat berat excavator sebagai alat berat yang cocok digunakan sebagai alat bantu sektor pertambangan.

Merk Excavator untuk Tambang Emas Indonesia

Terdapat beberapa merk produsen alat berat yang menyediakan excavator khusus untuk membantu sektor pertambangan emas. Antara lain:

1. Liebherr R9800

Excavator di pertambangan membutuhkan bentuk dan berat excavator dalam skala besar, yakni setidaknya 800 hingga 900 ton. Liebherr menyediakan Liebherr R9800 sebagai salah satu pilihan excavator untuk pertambangan.

R9800 dihadirkan dalam 2 jenis pilihan, yakni backhoe dan front shovel. Untuk sumber tenaga, Anda dapat memilih 2 engine Cummins QSK60 60 liter valve Tier 2 yang dapat mengeluarkan output 2000 Hp pada 1800 rpm, atau 2 engine MTU 12V4000 57,2 liter 12 valve Tier 2 dengan output masing-masing 1910 Hp di 1800 rpm. Calon customer dapat menyesuaikan sumber tenaga dengan kebutuhan yang ada.

Liebherr R9800 mempunyai bucket digging force dan arm crowding force yang lebih besar dibandingkan dengan jenis excavator tambang lainnya, juga swing speed mencapai 3,6 rpm yang lebih tinggi dengan pesaingnya. R9800 termasuk jenis yang irit bahan bakar dengan kapasitas tangki 17.597 untuk operasional dalam 1 hari.

2. CAT Shovel Tambang Hidraulik

Produsen kedua yakni CAT dengan beberapa pilihan dalam kategori shovel tambang hidraulik untuk excavator tambang. Terdapat beberapa kategori yang ditawarkan, seperti 6015B dengan Engine CAT C27 Teknologi Acert EPA Tier 4 Final, Setara Tier 2 atau Setara Tier 1. Sistem Hidraulik menggunakan pompa utama Tekanan Maksimum – Travel tekanan maksimum 320 bar dan alirann oli total maksimum 1544 liter per menit.

Sistem swing menggunakan 2 penggerak transmisi planetary ringkas dengan motor piston aksial. Kecepatan swing maksimum versi Diesel mencapai 4,9 rpm per menitnya. Backhoe memiliki kapasitas 1:1 8,1 m3 dengan bobot termasuk paket aus standar mencapai 7528 kg. Bobot bucket standar mencapai 8.1 m3.

Baca Juga: Jenis Excavator, Komponen dan Fungsinya

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular