Saturday, June 22, 2024
HomeAlat beratMengenal Excavator LiuGong

Mengenal Excavator LiuGong

Di Indonesia, pasar alat berat excavator didominasi oleh merk luar negeri. Seperti Doosan, Hitachi, Volvo, Caterpillar dan Komatsu. Merk-merk ini paling mudah ditemui pada alat berat excavator karena kualitas dan harga yang cukup bersaing dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Tidak hanya itu, Indonesia juga mengeluarkan alat berat excavator yang diproduksi oleh PT Pindad (Persero) yang diberi nama Excava 200 dan Excava 50. Alat berat ini tidak kalah kualitasnya dengan merk luar negeri dengan harga yang bersaing.

Selain pilihan alat berat di atas, kini masyarakat Indonesia juga melirik salah satu produsen alat berat asal China, yakni LiuGong. Nama ini cukup jarang didengar dibandingkan dengan merk-merk internasional seperti Komatsu dan Hitachi. Namun, alat berat excavator dari LiuGong juga memberi harapan yang baik pada kualitas dan harga barang produksinya.

LiuGong: Produsen Alat Berat Asal China

Dari namanya, kita bisa langsung mengidentifikasi dari mana produsen alat berat ini. Dalam website resminya, LiuGong telah berdiri dan beroperasi sejak tahun 1958 yang kemudian menjadi pelopor dalam wheel loader modern pertama di China pada tahun 1966. Hingga saat ini LiuGong telah melakukan ekspansi dan terobosan dalam produk alat berat.

Lebih lanjut, LiuGong menjelaskan bahwa apa yang mereka kembangkan dan produksi berorientasi pada fungsionalitasm kebutuhan serta keinginan para pelanggan. Tidak hanya itu, LiuGong juga menyebutkan bahwa mereka sangat memahami kebutuhan pasar akan alat berat dengan mesin yang hebat, ergonomis, dan intuitif guna membantu kinerja proyek dengan cepat dan lancar.

Saat ini, LiuGong memiliki 300 dealer yang tersebar di lebih dari 100 negara, dimana seluruh karyawan telah melakukan sertifikasi dan dilatih langung oleh LiuGong untuk membantu dan memberikan pelayanan yang maksimal berstandar LiuGong kepada para konsumen.

Produksi LiuGong selain excavator adalah dozers, rollers, cranes, dan cold planer. Selain itu, LiuGong telah beroperasi dalam berbagai sektor, seperti kehutanan atau forestry, pertambangan, pembangunan infrastruktur jalan, pertambangan minyak dan gas bumi, serta perkebunan.

Prestasi LiuGong

Sebagai produsen alat berat yang telah berkiprah selama hampir enam dekade, LiuGong meraih beberapa penghargaan bergengsi. Antara lain:

  • National Quality Award
  • Asia Excellence Quality Award
  • Excellence in Corporate Social Responsibility Activities in 2017
  • 1st Prize of China Machinery Industry Science and Technology Award for NVH Generic Technologies Research and Applications based on Machine Features
  • Top 50 Chinese Companies in Global Competitive Power
  • National Demonstration Enterprise of Safety Culture Building
  • National Advanced Organization in Construction Equipment Industry
  • 2014 Best Employer in Poland
  • Export Brand of the Year in 2016 by CCCMB

Produk Excavator Liugong

LiuGong memiliki tiga jenis excavator yang diproduksi hingga saat ini. Yaitu compact excavators, medium excavators, large tonnage excavators.

1. Compact Excavators LiuGong

excavator liugong

Terdapat 6 jenis excavator yang masuk dalam kategori compact excavator milik LiuGong. Compact excavator atau dengan nama lain mini excavator ini jenis excavator dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan excavator lain.

Antara lain 9018F, 9027F, 9035E, 906E, 908E, dan 909ECR. Rata-rata compact excavator LiuGong memiliki bobot 1800 hingga 8700 kg bergantung dengan jenisnya. Bucket capacity berkisar antara 0.015 hingga 0.32 meter kubik sehingga sangat membantu dalam berbagai pekerjaan.

2. Medium Excavators LiuGong

excavator liugong

Di jenis kedua ini, LiuGong memproduksi delapan jenis excavator. Yakni 913E, 915E, 920E, 922E, 925E, 933E, 936E, dan W915E. Sesuai dengan namanya, medium excavator dari LiuGong memiliki ukuran sedang yang lebih besar satu tingkat dari compact excavator.

Medium excavator dari LiuGong memiliki bobot rata-rata 13.500 hingga 36.800 kilogram bergantung jenisnya. Selain itu, kapasitas bucket berkisar antara 0.36 hingga 1.9 meter kubik yang sesuai dengan kegiatan berskala menengah.

3. Large Tonnage Excavators LiuGong

excavator liugong

Sesuai dengan namanya, jenis excavator ini memiliki tubuh yang besar dengan bobot lebih dari 25 ton. LiuGong memproduksi tiga jenis large tonnage excavators. Antara lain 905E, 970E dan 990F. Bobot rata-rata dari ketiga excavator ini adlaah 46.500 hingga 93.000 kilogram. Sedangkan untuk kapasitas bucket berkisar pada 2.2 hingga 5.6 meter kubik yang cocok dalam penggunaan skala besar, seperti pertambangan dan pembangunan infrastruktur jalan.

LiuGong Indonesia

liugong indonesia

LiuGong resmi mendirikan kantor dan cabang di Indonesia pada tahun 2019 dengan nama PT LiuGong Machinery Indonesia yang bertempat di Jalan Boulevard Raya Jakarta Utara. Dengan begitu, LiuGong semakin dekat dengan konsumen dan pelanggan setia produknya di Indonesia yang juga menjadi pesaing bagi merk internasional lainnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular