Saturday, January 28, 2023
HomeHeavy machineAMMAN Bantu Lapangan Kerja dengan Berikan Beasiswa Pelatihan Alat Berat Bagi 61...

AMMAN Bantu Lapangan Kerja dengan Berikan Beasiswa Pelatihan Alat Berat Bagi 61 Warga

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan pekerja di bidang alat berat, berbagai perusahaan terkait di Indonesia bekerjasama dengan pemerintah di beberapa wilayah untuk memaksimalkan penyaluran kerja di bidang ini. PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) menjadi salah satu perusahaan yang turut serta menyukseskan program penyaluran kerja ini.

Baca Juga : Pelatihan Alat Berat Vokasi Mulai Dibuka Oleh BBPVP Makassar

Program Pelatihan Alat Berat Dari AMMAN

Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadi tujuan wilayah dimana beberapa warganya diserap untuk menjadi tenaga kerja di bidang peralatan berat. Lebih dari 400 warga KSB mendaftarkan diri dalam program pelatihan tahap ke-2 yang diselenggarakan oleh AMMAN ini.

Bukan pertama kali dilaksanakan, AMMAN diketahui telah menyelenggarakan pelatihan tahap pertama dalam program yang sama pada tahun 2022. Pada program tahap ke-2, pelepasan siswa yang akan mengikuti program ini dilakukan pada hari Kamis, 15 Desember 2022.

Dari 400 peserta yang mendaftar, hanya 61 warga yang diterima untuk menjadi peserta program pelatihan tahap ke-2 ini. Beberapa warga yang diterima berasal dari berbagai daerah seperti Jereweh, Maluk, Sekongkang, Taliwang, Brang Rea, Brang Ene, Poto Tanu, dan Seteluk.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat Muslimin MHY menuturkan bahwa program pelatihan yang diselenggarakan oleh AMMAN ini bisa menjadi solusi tepat untuk meningkatkan kapasitas tenaga kerja dan mengurangi pengangguran di Kabupaten Sumbawa Barat. Pelaksanaan pelepasan 61 peserta yang akan melakukan pelatihan dilaksanakan di Balai Sangkaladi Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat.

Selain dihadiri oleh Kepala Disnakertrans, pelepasan peserta ini juga dihadiri oleh pemerintah setempat dan beberapa perwakilan keluarga dari peserta yang bersangkutan. Senior Manager Sosial Impact AMMAN Aji Suryanto juga ikut menyaksikan proses pelepasan ini.

Manfaat Dan Pengaruh Program Pelatihan Alat Berat Terhadap Masyarakat

alat berat
kabarntb.com

Program beasiswa vokasi yang diselenggarakan oleh AMMAN ini dinilai mampu memberikan beberapa dampak baik bagi wilayah Kabupaten Sumbawa Barat secara luas. Manfaat utama yang diberikan oleh program ini adalah menyerap tenaga kerja dari masyarakat setempat sehingga tingkat pengangguran di Kabupaten Sumbawa Barat bisa terus berkurang.

Pada pelaksanaan program pertama kali sebelumnya, program beasiswa vokasi ini telah berhasil meluluskan 30 peserta dengan keterampilan alat berat yang mumpuni. Senior Manager Sosial Impact AMMAN Aji Suryanto menuturkan bahwa lebih dari 95% dari total lulusan tahap pertama telah berhasil memasuki dunia kerja di bidang alat berat dalam berbagai industri di Indonesia.

Proses rekrutmen peserta pelatihan ini dilakukan dengan menyebar informasi rekrutmen dalam sosial media AMMAN. Beberapa peserta dari Kabupaten Sumbawa Barat mengaku memang mengetahui adanya program tersebut dari sosial media AMMAN.

Meski perekrutan dan pelepasan peserta dilakukan di Kabupaten Sumbawa Barat, namun nantinya para peserta akan disalurkan dalam dunia kerja dengan ruang lingkup nasional sehingga para peserta memiliki kesempatan untuk bekerja di luar daerah KSB. Proses pelatihan tahap kedua ini dilakukan selama satu tahun di dua kota besar yaitu Jakarta dan Banjarmasin.

Pelatihan yang dilakukan meliputi materi dan praktik dalam bidang peralatan berat sesuai dengan kurikulum yang dibutuhkan oleh industri strategis di Indonesia. Para peserta juga akan mengikuti OJT hingga penempatan tenaga kerja di beberapa mitra UT School nantinya setelah peserta dinyatakan lulus dari pelatihan ini.

Tidak hanya berfokus pada materi dan praktik pelatihan alat berat saja, peserta juga akan mendapatkan pembekalan terkait dengan kekuatan mental dan karakter agar peserta nantinya bisa bertahan dengan baik di dunia kerja kedepannya. Kehadiran program ini juga akan berlanjut pada tahap program pelatihan ke-3 secepatnya dengan manfaat dan tujuan yang sama.

Sumber : lombokpost.jawapost.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular