Saturday, June 22, 2024
HomecraneBantuan Alat Berat PT IMIP Untuk BLK Morowali Diterima Menaker

Bantuan Alat Berat PT IMIP Untuk BLK Morowali Diterima Menaker

Proses pengembangan dan pemanfaatan tenaga kerja dalam berbagai sektor terus dilakukan oleh kementerian tenaga kerja melalui berbagai programnya. Program-program tersebut juga didukung oleh berbagai pihak seperti perusahaan-perusahaan besar yang memberikan berbagai bantuan salah satunya bantuan alat berat.

Tanggal 30 Maret 2023, PT Indonesia Morowali Industrial Park (PT. IMIP) memberikan bantuan berupa hibah peralatan berat kepada Kementerian Tenaga Kerja. Hibah tersebut dilakukan dengan tujuan agar peralatan yang bersangkutan dapat digunakan secara khusus di Balai Latihan Kerja Morowali.

Baca Juga : Setelah Satu Tahun, BPVP Akhirnya Terima Bantuan Alat Berat Dari VDNI

PT. IMIP Berikan Hibah Alat Berat Untuk BLK Morowali

Balai Latihan Kerja memang dimanfaatkan oleh Kementerian Tenaga Kerja untuk melatih calon-calon tenaga kerja yang akan diserap dalam berbagai industri. Balai Latihan Kerja yang berada di Kabupaten Morowali menjadi salah satu BLK yang memiliki program pelatihan untuk tenaga kerja yang berkaitan dengan dunia peralatan berat.

Tenaga kerja lulusan BLK ini nantinya akan di salurkan ke perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam sektor industri seperti konstruksi, pertambangan, perkebunan dan kehutanan yang notabene menggunakan peralatan berat tersebut.

Bantuan berupa peralatan yang diterima oleh Balai Latihan Kerja menjadi hal yang lumrah sehingga beberapa perusahaan besar kerap kali memberikan bantuan tersebut seperti yang dilakukan oleh PT Indonesia Morowali Industrial Park. PT IMIP menghibahkan 10 unit peralatan berat untuk digunakan di BLK Morowali.

BLK Morowali Latih Calon Tenaga Kerja Ahli Alat Berat

alat berat
koranseruya.com

Bantuan yang diberikan oleh PT. IMIP kepada BLK Morowali bertujuan untuk membantu BLK dalam melatih calon-calon tenaga kerja yang ahli di bidang peralatan berat. PT. IMIP diketahui menghibahkan 1 unit mobile crane, 2 unit wheel loader, 1 unit trailer, 3 unit dump truck, 2 unit forklift, dan 1 unit excavator.

Dalam proses penyerahan peralatan secara simbolis tanggal 30 Maret 2023 lalu, turut hadir Bupati Morowali Drs. Taslim serta Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah. Menaker Ida Fauziah memberikan apresiasi yang tinggi kepada PT. IMIP karena bersedia memberikan hibah peralatan untuk mendukung proses pelatihan calon tenaga kerja masa depan.

Penyerahan alat berat secara simbolis dilakukan oleh Direktur PT. Indonesia Morowali industrial Park (IMIP) Irsan Widjaja kepada Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah. Penyerahan ini juga disaksikan langsung oleh Bupati Morowali beserta berbagai perwakilan dari BLK Morowali.

Menaker Ida Fauziah yang turut memberikan sambutan selama acara menuturkan bahwa industri-industri yang menggunakan peralatan berat saat ini memang sedang mengalami pertumbuhan yang pesat. Pertumbuhan ini juga berbanding lurus dengan terbukanya lapangan kerja baru sehingga kebutuhan tenaga kerja juga ikut naik.

Keberadaan BLK yang mampu mencetak tenaga kerja dengan kompetensi yang sesuai memiliki peranan penting dalam proses pemenuhan kebutuhan kerja tersebut. Dengan adanya hibah peralatan dari PT. IMIP, tentu program pelatihan yang dilaksanakan di BLK bisa lebih maksimal sehingga tenaga kerja dengan kompetensi yang tinggi bisa lebih banyak dihasilkan oleh BLK serta balai perlatihan vokasi yang telah dibentuk.

Direktur Operasional PT. IMIP Irsan Widjaja juga menuturkan bahwa bantuan berupa hibah peralatan berat ini merupakan salah satu program PT. IMIP untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kerja masyarakat sekitar terutama masyarakat di sekitar Kabupaten Morowali. Irsan juga menuturkan bahwa kapasitas tenaga kerja yang merupakan para putra daerah ini perlu didukung secara maksimal sehingga daya saing para tenaga kerja ini bisa semakin tinggi dan mempengaruhi kenaikan ekonomi negara secara keseluruhan.

Menaker RI Ida Fauziah berharap kerjasama antara pemerintah dan PT. IMIP tidak berhenti sampai bantuan alat berat kali ini saja namun juga dapat berlanjut dengan berbagai program bersama untuk membangun negeri yang lebih baik.

Sumber : jpnn.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular