Saturday, December 3, 2022
HomeKonstruksiBeragam Fungsi Dari Asphalt Paver Sany yang Perlu Diketahui

Beragam Fungsi Dari Asphalt Paver Sany yang Perlu Diketahui

Alat berat adalah mesin besar dan dirancang untuk melakukan tugas konstruksi. Diantaranya untuk pembangunan pekerjaan tanah, pemindahan bangunan, pembangunan jalan dan biasa menggunakan excavator, crane, asphalt paver Sany.

Mengenal Spesifikasi Alat  Berat Asphalt Paver Sany

Selain membutuhkan banyak mesin, tenaga kerja juga dibutuhkan untuk mengoperasikan alat berat. Pada ulasan kali ini, kita akan membahas tentang penggunaan alat perkerasan aspal atau asphalt paver.

Pengertian Tentang Asphalt Paver

Mesin ini juga biasa disebut sebagai asphalt spreader. Mesin ini adalah alat pencampur aspal yang sudah jadi. Kelemahan dari alat ini adalah putaran rodanya terasa lebih lama. Memang, roda karet yang digunakan memiliki kusen yang lebih kasar.

Selama proses pengaspalan, aspal sering ditambahkan dari truk ke dalam pengaspalan. Truk biasanya membawa material dan bahan akan tersebar di permukaan yang akan dilapisi menggunakan asphalt paver Sany.

Penggunaan alat ini juga bisa dimaksimalkan dengan baik melalui proses pemeliharaan yang benar. Sehingga Anda juga perlu mengetahui fungsi dari setiap bagian yang ada pada alat tersebut dengan baik.

Fungsi Asphalt Paver Sany

Fungsi asphalt paver Sany adalah untuk menyebarkan atau mengendapkan material pada posisi yang ditentukan. Alat ini kemudian akan meratakan dan memadatkan material sesuai spesifikasi yang telah ditentukan.

Campuran panas yang dibawa oleh dump truck akan dituangkan secara bertahap ke dalam paver hopper yang mampu menampung volume alat. Posisi bor dan lebar irisan dapat ditingkatkan ke lebar garis maksimum sesuai dengan spesifikasi pahat.

asphalt paver Sany
sanyglobal.com

Hasil akhir yang diinginkan dari asphalt paver Sany ini adalah permukaan rata yang seragam dengan ketebalan, lebar dan permukaan yang sama. Perannya terutama pada bagian curing dan coating yang memiliki fungsi yang cukup penting.

Peran Kerja Dari Alat Berat Asphalt Paver

Mesin ini berukuran cukup besar, terutama untuk pekerjaan pelapisan ulang. Keunggulan lainnya adalah dapat mengantisipasi segala jenis aspal. Saat membangun jalan baru, mesin ini akan mencampur material pada permukaan yang baru dibuat.

Kondisi jalan baru umumnya baik karena batuan yang digunakan masih sangat stabil dan banyak kerikil. Pekerjaan ini tidak terlalu sulit bagi pavers karena kemiringannya tidak curam, pondasi dibuat kokoh dan pondasi disiapkan.

Jika permukaan dasar tidak rata, dapat diperbaiki pada lintasan kedua dengan pemadatan. Sedangkan untuk pengapuran permukaan jalan, lapisan aspal yang lama diplester, jalan tersebut tidak memenuhi syarat untuk konstruksi jalan yang baik.

Cakupan tidak hanya karena jalan mengalami kerusakan, tetapi juga bertujuan untuk memperpanjang umur jalan dengan membuat lapisan anti selip. Saat asphalt paver Sany ini bekerja di permukaan, gaya traksi traktor perayap harus diperhitungkan.

Langkah terakhir adalah meratakan trotoar. Untuk pekerjaan ikatan lapis-ke-lapis, lapisan tipis sering digunakan untuk menghindari pengurangan ketebalan. Ketebalan lapisan harus cukup bagi roller untuk mengisi ulang untuk membuat lapisan baru.

Baca Juga : Pemadatan Tanah dengan Alat Berat

Paving SANY menonjol karena kinerja pavingnya yang luar biasa. Hasil irisan bervariasi dari 450 t/h hingga 1100 t/h dengan lebar irisan maksimum 12 m. Pavers hemat biaya dalam pengoperasian dan andal dalam penggunaan jangka panjang.

Teknologi kontrol suhu otomatis memastikan suhu pemanasan yang tepat, menghindari masalah kualitas material. Bekerja terus menerus 24 jam dengan beban berat membantu meningkatkan efisiensi kerja secara signifikan.

Sekian ulasan terkait beragam fungsi dari asphalt paver Sany yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi untuk lebih mengenal banyak alat berat yang berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular