Saturday, January 28, 2023
HomeExcavatorBerusaha Evakuasi Truk Trailer, Babinsa Gadaikan Motor Untuk Sewa Alat Berat

Berusaha Evakuasi Truk Trailer, Babinsa Gadaikan Motor Untuk Sewa Alat Berat

Setelah hampir 15 jam, truk trailer yang tertahan di tanjakan Jalan Otto Iskandardinata Kota Samarinda akhirnya berhasil di evakuasi. Proses evakuasi ini baru bisa dilakukan setelah satu unit alat berat jenis excavator diturunkan ke lokasi.

Kedatangan excavator ini ternyata bisa terwujud berkat pengorbanan Babinsa Azmiadi yang rela mengeluarkan dana pribadi untuk menyewa excavator tersebut. Diketahui sebelumnya bahwa truk trailer yang tertahan di tanjakan tersebut telah menyebabkan kemacetan total dari dua arah di Jalan Otto Iskandardinata sejak Rabu 18 Januari 2023 pukul 03.00 WITA.

Baca Juga : Tidak Bisa Menanjak, Tronton Muatan Alat Berat Terperosok Ke Dalam Jurang

Babinsa Azmiadi Gadai Motor Untuk Sewa Alat Berat

Truk trailer yang tertahan di Jalan Otto Iskandardinata ini merupakan trailer yang memuat altenator atau penyuplai listrik. Sejak sampai ke tanjakan Jalan Otto Iskandardinata pada dini hari, truk ini diketahui tidak sanggup menanjak dan akhirnya tertahan hingga sore hari.

Berdasarkan penuturan salah satu warga bernama Rahmadi (50), suara trailer ketika tidak bisa melewati tanjakan dan mundur kembali terdengar ke rumah warga yang berada di samping jalan dan membuat warga keluar dari rumah untuk memeriksa kondisi truk. Karena ukuran truk yang besar dengan kapasitas 20 ton dan memiliki muatan sekitar 25 ton, warga khawatir truk tersebut jatuh dan menimpa rumah warga.

Untuk menghindari hal tersebut, warga kemudian meminta sopir trailer untuk tidak meneruskan usahanya menanjak dan hanya menahan rem agar trailer tidak mundur kembali. Akhirnya sopir trailer bernama Riski (29) harus terus berada di belakang kursi kemudi untuk menahan agar rem angin tetap bekerja.

Warga juga menyimpan pengganjal untuk menahan roda belakang agar trailer tidak mundur. Namun hal ini membuat trailer menghalangi akses jalan dan membuat kemacetan yang panjang hingga 12 jam lamanya.

Kemacetan ini baru terurai setelah Babinsa Azmiadi sampai ke lokasi dan menggadaikan motor pribadinya untuk mendapatkan dana sebesar Rp. 10 juta yang digunakan untuk menyewa excavator. Sekitar pukul 17.00, excavator yang disewa Kopka Azmiadi sampai ke lokasi dan berhasil membuat truk trailer melewati tanjakan dalam waktu 20 menit.

Trailer Diminta Berhenti Hingga Uang Sewa Alat Berat Diganti

alat berat
merdeka.com

Sebelum Babinsa Azmiadi memutuskan membantu, baik sopir maupun kernet telah berusaha menghubungi perusahaannya untuk meminta bantuan sesuai dengan saran dari warga sekitar. Namun perusahaan yang bertempat di Balikpapan terkesan lepas tanggung jawab dan tidak bisa dihubungi sehingga sopir tidak dapat melakukan apapun.

Bukan hanya warga sekitar, Kepolisian, Babinsa dan relawan di wilayah sekitar juga turun ke lokasi untuk memikirkan cara agar trailer bisa di evakuasi tanpa membahayakan rumah warga maupun pengemudi. Ukuran trailer yang besar membuat proses evakuasi cukup sulit karena potensi badan trailer yang akan keluar jalan dan menimpa rumah warga jika proses evakuasi tidak direncanakan dengan baik.

Karena macet berkepanjangan hingga 12 jam lamanya, Kopka Azmiadi (49) akhirnya berinisiatif untuk menggadaikan motor Honda Beat miliknya agar bisa menyewa alat berat berupa satu unit excavator. Excavator tersebut digunakan untuk mendorong trailer dari belakang agar bisa naik melewati tanjakan, sedangkan dari bagian depan sudah siap dua unit dump truck yang akan membantu dengan menarik trailer dari bagian depan.

Setelah proses evakuasi trailer berhasil dilakukan, Kopka Azmiadi meminta pengemudi trailer untuk menghentikan perjalanannya hingga uang sewa alat berat diganti baik oleh perusahaan pengirim maupun penerima muatan. Inisiatif Kopka Azmiadi ini mendapatkan pujian dari berbagai kalangan karena dinilai sangat tulus memprioritaskan kepentingan masyarakat umum secara spontan.

Sumber : kaltim.tribunnews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular