Monday, July 15, 2024
HomeEducationBKPRMI Siap Kelola Izin Tambang Batubara Dari Pemerintah

BKPRMI Siap Kelola Izin Tambang Batubara Dari Pemerintah

Pelaksanaan pemberian izin tambang batubara dari pemerintah kepada badan-badan ormas keagamaan masih terus berlangsung. BKPRMI jadi salah satu ormas yang turut memberikan respon terkait perizinan ini.

Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) menyatakan kesiapannya untuk mengelola tambang sebagai bagian dari upaya untuk mendukung kesejahteraan umat dan menjaga keberlanjutan lingkungan.

Baca Juga: HKBP Ikut Tolak Tawaran Izin Pengelolaan Tambang Batubara Dari Pemerintah

Siap Kelola Izin Tambang Batubara, BKPRMI Tetap Pentingkan Umat

Ketua Umum DPP BKPRMI, Datuk H. Said Aldi Idrus menyatakan kesiapan BKPRMI mengelola tambang sebagai tanggapan atas kebijakan Presiden Joko Widodo yang memberikan Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus (WIUPK) untuk Ormas Keagamaan, sebagaimana tertuang dalam PP Nomor 25 Tahun 2024.

Said Aldi menegaskan bahwa setiap Organisasi Masyarakat (Ormas) keagamaan, termasuk BKPRMI, memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak hanya memiliki keahlian di bidang keagamaan, tetapi juga di bidang-bidang lainnya. Dengan demikian, BKPRMI merasa siap untuk mengelola tambang dengan memanfaatkan keahlian yang dimiliki untuk memastikan bahwa pengelolaan tambang batubara dilakukan secara bertanggung jawab dan tidak merusak lingkungan.

Namun demikian, Said Aldi juga menyoroti bahwa hasil dari pengelolaan tambang tersebut tidak akan diarahkan semata untuk kepentingan organisasi, melainkan akan digunakan untuk pembinaan satu juta guru mengaji dan ustaz-ustazah Al-Qur’an. Hal ini sejalan dengan komitmen BKPRMI dalam mendukung pembangunan serta pembinaan umat, yang telah terbukti melalui program-program keummatan, pendidikan, sosial, dan amal usaha yang telah dilakukan sejak berdirinya.

Baca Juga: Resmi, NU Dapatkan Lahan Tambang Batubara Bekas KPC

BKPRMI Miliki Kader yang Ahli Dalam Bidang Tambang Batubara

Dalam konferensi persnya Rabu (12/06) lalu, Said Aldi menegaskan bahwa BKPRMI telah berhasil melahirkan kader-kader yang berperan sebagai alim ulama, cendikiawan, pengusaha, serta abdi dan pejabat negara yang tetap berkomitmen kepada bangsa, negara, dan BKPRMI. Hal ini menunjukkan bahwa BKPRMI memiliki kapasitas dan komitmen yang kuat untuk menjalankan tanggung jawab yang diberikan oleh pemerintah dalam pengelolaan tambang batubara nantinya.

Meskipun ada penilaian dari berbagai kalangan yang meragukan kemampuan ormas keagamaan dalam mengelola tambang, Said Aldi menegaskan bahwa BKPRMI akan menghadapinya dengan kesiapan yang tinggi. BKPRMI akan menyiapkan kader-kader yang ahli di bidang pertambangan dan lingkungan, serta akan memastikan bahwa pengelolaan sumber daya alam dilakukan secara bertanggung jawab.

Pernyataan ini menegaskan bahwa BKPRMI siap berperan lebih aktif dalam pembangunan negara, dengan mengambil bagian dalam pengelolaan sumber daya alam yang penting seperti pengelolaan tambang batubara untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu, hal ini juga menunjukkan komitmen BKPRMI dalam menjaga keberlanjutan lingkungan, sehingga pembangunan yang dilakukan akan berkelanjutan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi generasi mendatang.

Sumber: metrotvnews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular