Saturday, June 22, 2024
HomeExcavatorBPJN Maluku Datangkan Alat Berat Dari Area Lain Untuk Tangani Longsor Tehoru

BPJN Maluku Datangkan Alat Berat Dari Area Lain Untuk Tangani Longsor Tehoru

Bencana longsor terjadi di wilayah Kecamatan Tehoru pada Sabtu (08/06) lalu dan menyebabkan badan jalan utama di Tehoru, Maluku Tengah tertimbun material longsor. Untuk menangani bencana longsor ini, BPJN Maluku langsung mendatangkan alat berat untuk membersihkan material longsor yang ada.

Peralatan berat ini langsung didatangkan di hari yang sama dengan kejadian longsor tersebut. Beruntung tidak ada korban luka maupun korban jiwa dari bencana ini karena tidak ada warga maupun pengendara yang melintas ke area tersebut saat longsor terjadi.

Baca Juga: Alat Berat Didatangkan Untuk Keruk Lumpur Di Jalan Wakal

BPJN Datangkan Alat Berat Excavator Untuk Tangani Longsor

Toce Leuwol selaku Kepala Satuan Kerja (Kasatker) PJN Wilayah II, Balai Pelaksana Jalan dan Jembatan Nasional (BPJN) Maluku menuturkan bahwa bencana longsor ini disinyalir terjadi akibat curah hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir ini.

Sejak awal Juni, hujan terus terjadi di wilayah Tehoru dalam durasi yang cukup lama sehingga struktur tanah dinilai berubah menjadi lebih gembur dan lebih rawan longsor. Segera setelah laporan longsor diterima, BPJN Maluku langsung mendatangkan satu unit excavator ke lokasi longsor untuk mengevakuasi material yang ada.

Alat Berat Didatangkan Dari Area Tamilouw

Toce Leuwol menuturkan bahwa wilayah Tehoru memang menjadi wilayah rawan longsor jika hujan terus terjadi selama beberapa hari. Kondisi ini juga yang disinyalir menjadi penyebab utama terjadinya longsor di wilayah tersebut.

Baca Juga: Dinas PUPR Kabupaten TTS Gerak Cepat Turunkan Alat Berat Untuk Tangani Longsor Akibat Gempa Maluku

Toce juga menuturkan bahwa setiap wilayah di Kabupaten Maluku Tengah telah disediakan unit alat berat tertentu untuk mempercepat proses penanganan bencana di area terdekat. Unit ini juga yang seharusnya datang untuk melakukan penanganan terhadap longsor yang terjadi di perbatasan Dusun Mahu dan Saju tersebut.

Unit peralatan berat jenis excavator yang diperuntukkan untuk penanganan wilayah Tehoru diketahui telah standby di kawasan Jembatan Kawanua. Namun sayang, excavator tidak bisa sampai ke lokasi longsor karena terhalang oleh banjir di wilayah tersebut.

Untuk mempercepat penanganan longsor, BPJN kemudian mendatangkan peralatan berat yang standby di Desa Tamilouw, Kecamatan Amahai. Beruntung cuaca telah membaik saat penanganan longsor dilakukan sehingga BPJN optimis evakuasi material longsor tersebut bisa diselesaikan dalam waktu yang cepat.

Toce memastikan penanganan dengan alat berat ini akan dilakukan semaksimal mungkin untuk mempercepat terbukanya kembali akses jalan dari Kecamatan Tehoru menuju Kecamatan Telutih tersebut.

Sumber: ambon.tribunnews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular