Monday, July 15, 2024
HomeMiningBrand Alat Berat Halliburton, Kontributor Besar Industri Minyak Dan Gas Bumi

Brand Alat Berat Halliburton, Kontributor Besar Industri Minyak Dan Gas Bumi

Alat berat memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai industri, terutama dalam sektor minyak dan gas, pertambangan, dan konstruksi. Terdapat beberapa brand alat berat ternama yang menjadi penyedia alat berat tersebut salah satunya brand alat berat Halliburton.

Peran berbagai alat berat dalam industri energi ini memang cukup besar mengingat hampir setiap operasioanal dalam sektor ini membutuhkan mesin bertenaga besar. Halliburton menjadi salah satu brand andalan yang diketahui memiliki alat berat andalan untuk sektor energi.

Baca Juga : Mengenal Alat Berat Pertambangan Minyak Dan Gas Bumi

Sejarah Pendirian Brand Alat Berat Halliburton

Halliburton merupakan sebuah perusahaan energi dan alat berat yang berbasis di Amerika Serikat. Didirikan oleh Erle P. Halliburton pada tahun 1919 di Duncan, Oklahoma, perusahaan ini telah tumbuh menjadi salah satu pemain utama di industri alat berat dan jasa energi global.

Erle P. Halliburton, seorang insinyur muda yang memulai usahanya dengan hanya beberapa alat bor tua dan tekad yang kuat untuk menghadirkan inovasi dalam industri ini. Pada tahun 1919, Halliburton menemukan metode baru untuk mengebor sumur minyak. Metode ini menggunakan cairan bentonite untuk melapisi dinding sumur, sehingga dapat mencegah terjadinya penyumbatan.

Halliburton mendirikan perusahaannya sendiri pada tahun 1919, yang diberi nama Halliburton Oil Well Cementing Company. Perusahaan ini awalnya hanya fokus pada jasa pengeboran, tetapi kemudian berkembang menjadi penyedia jasa dan peralatan pertambangan.

Brand alat berat Halliburton mulai berkembang dengan cepat dan memperkenalkan teknologi baru yang membantu perusahaan minyak dan gas dalam mengebor sumur lebih efisien dan efektif. Perusahaan ini menjadi salah satu pelopor dalam pengeboran horisontal dan pemisahan hidrofraktur, yang sekarang menjadi teknik umum dalam industri minyak dan gas.

Halliburton menyediakan berbagai macam jasa dan peralatan pertambangan, termasuk jasa pengeboran, jasa rekayasa dan konstruksi, jasa perawatan dan perbaikan, hingga penyediaan peralatan pertambangan. Perusahaan ini telah berkontribusi besar terhadap perkembangan industri pertambangan di dunia.

Sejarah Masuknya Alat Berat Halliburton ke Indonesia

alat berat halliburton
Halliburton Brand Ternama Di Industri Minyak Dan Gas Bumi

Halliburton telah lama berperan dalam mendukung industri minyak dan gas di Indonesia. Halliburton masuk ke Indonesia pada tahun 1960-an. Perusahaan ini awalnya fokus pada jasa pengeboran minyak dan gas bumi. Pada tahun 1970-an, Halliburton mulai memperluas bisnisnya ke industri pertambangan.

Pada awalnya, Halliburton memberikan berbagai layanan pendukung untuk industri minyak dan gas di Indonesia, termasuk jasa pemeliharaan sumur minyak, pengujian sumur, dan pemisahan hidrofraktur. Halliburton memiliki kantor perwakilan di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini juga memiliki beberapa fasilitas di Indonesia, termasuk fasilitas pengeboran dan perawatan alat berat Halliburton.

Pada tahun 2000, Halliburton melakukan diversifikasi dalam layanannya dengan mengakuisisi Dresser Industries, yang memungkinkan mereka untuk memperluas bisnis mereka di sektor energi dan alat berat. Sejak saat itu, Halliburton telah menjadi pemain utama dalam menyediakan berbagai solusi teknologi tinggi untuk industri energi dan alat berat di Indonesia.

Kini terdapat beberapa jenis alat berat yang dipasarkan oleh Halliburton di Indonesia dengan fungsi tertentu diantaranya perangkat pengeboran dan sumur seperti rig pengeboran, casing, dan lain sebagainya. Selain itu, Halliburton juga diketahui menyediakan berbagai layanan lainnya diantaranya teknologi reservoir, layanan pemisah hidrofaktur, serta teknologi di bidang pertambangan dan perminyakan.

Berbagai alat berat Halliburton juga kini digunakan dalam pertambangan minyak dan gas bumi berskala besar baik di Indonesia maupun beberapa negara lainnya. Di Indonesia, beragam produk dari brand ini juga dipasarkan oleh beberapa distributor alat berat ternama dan menjadi salah satu brand dengan penjualan yang cukup besar di Indonesia.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular