Tuesday, December 5, 2023
HomeHeavy machineBrand Alat Berat Metso, Brand Ternama yang Diam-Diam Raih Sukses Di Indonesia

Brand Alat Berat Metso, Brand Ternama yang Diam-Diam Raih Sukses Di Indonesia

Dalam industri alat berat di Indonesia, terdapat puluhan brand alat berat yang berkecimpung dalam berbagai sektor terkait. Brandbrand yang bergelut dalam industri alat berat di Indonesia diketahui merupakan brandbrand ternama salah satunya brand alat berat Metso.

Brand Metso banyak digunakan dalam sektor pertambangan dan kehutanan di Indonesia. Meski jarang dikenal masyarakat karena digunakan dalam sektor khusus, namun nama besar Metso terus meningkat di industri alat berat Indonesia.

Baca Juga : Mengenal Mesin Stone Crusher

Sejarah Pendirian Brand Alat Berat Metso

Metso merupakan sebuah perusahaan multinasional asal Finlandia yang bergerak di bidang teknologi dan peralatan pengolahan mineral dan industri energi. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999 melalui penggabungan dua perusahaan besar asal Finlandia, yaitu Rauma dan Valmet. Metso memiliki lebih dari 12.000 karyawan yang tersebar di seluruh dunia dan melayani pelanggan di lebih dari 50 negara.

Sejarah alat berat Metso dimulai pada tahun 1868 ketika perusahaan bernama F. G. Stenberg didirikan di kota Tampere, Finlandia. Perusahaan ini memproduksi mesin-mesin pembuat kertas dan peralatan pengolahan kayu. Kemudian pada tahun 1917, perusahaan ini berganti nama menjadi Valmet. Selama beberapa dekade, Valmet terus berkembang dan mengembangkan teknologi-teknologi baru dalam industri pengolahan kayu dan kertas.

Di sisi lain, Rauma Corporation didirikan pada tahun 1937 di kota Rauma, Finlandia. Perusahaan ini awalnya memproduksi kapal-kapal kecil untuk nelayan-nelayan lokal. Namun, setelah Perang Dunia II, Rauma mulai mengembangkan bisnisnya ke sektor lain seperti pembuatan alat berat dan teknologi pengolahan mineral.

Pada tahun 1999, Valmet dan Rauma bergabung untuk membentuk perusahaan baru bernama Metso. Tujuan dari penggabungan ini adalah untuk menciptakan perusahaan yang lebih kuat dan efisien dalam menghadapi persaingan global di bidang teknologi dan peralatan pengolahan mineral.

Produk-Produk Andalan Alat Berat Metso Di Indonesia

alat berat metso
Metso Menjadi Salah Satu Brand Ternama Di Industri Pertambangan Indonesia

Sejak didirikan, Metso terus mengembangkan produk-produk terbarunya dan memperluas jangkauan bisnisnya ke berbagai sektor seperti pulp dan kertas, pertambangan, minyak dan gas, energi, dan limbah. Produk-produk unggulan dari Metso antara lain alat berat crusher, alat berat dan material handling, dan peralatan untuk pengolahan limbah.

Diantara berbagai jenis alat berat yang diproduksi oleh brand alat berat Metso, alat berat crusher menjadi salah satu alat berat yang cukup tenar dan banyak digunakan di berbagai negara. Adapun beberapa tipe alat berat crusher yang dimiliki oleh brand Metso diantaranya :

  • Jaw Crushers (Nordberg® C Series Jaw Crushers, Nordberg® NP Series Impact Crushers)
  • Cone Crushers (Nordberg® HP Series Cone Crushers, Nordberg® GP Series Cone Crushers, Nordberg® MP Series Cone Crushers)
  • Impact Crushers (Nordberg® NP Series Impact Crushers, Nordberg® NPX Series Impact Crushers)
  • Gyratory Crushers (Nordberg® SUPERIOR™ Gyratory Crushers)
  • Vertical Shaft Impact (VSI) Crushers (Nordberg® Barmac® VSI Crushers)
  • Mobile Crushers (Lokotrack® Mobile Crushers)
  • Stationary Crushers (Nordberg® Jaw Crushers, Nordberg® Cone Crushers, Nordberg® Impact Crushers)

Performa bisnis brand Metro terus mengalami kenaikan setelah memasarkan produk-produk alat berat crushernya di berbagai negara termasuk Indonesia. Pada tahun 2020, Metso bergabung dengan Outotec, perusahaan asal Finlandia yang bergerak di bidang teknologi dan peralatan pengolahan mineral dan logam. Penggabungan ini menciptakan perusahaan baru bernama Metso Outotec, yang memiliki lebih dari 15.000 karyawan dan melayani pelanggan di lebih dari 50 negara.

Merger antara brand alat berat Metso dan brand Outotec membuat alat berat dari brand ini semakin dikenal di Indonesia. Berbagai proyek pertambangan besar di Indonesia juga diketahui menggunakan produk dari brand Metso sebagai alat berat andalan dalam aktivitas tambangnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular