Sunday, December 4, 2022
HomeExcavatorCara Kerja Counterweight Pada Excavator, Agar Lebih Aman

Cara Kerja Counterweight Pada Excavator, Agar Lebih Aman

Excavator adalah mesin off-road besar, terutama digunakan untuk menggali parit, lubang dan pondasi. Ini adalah mesin konstruksi berat yang harus ditangani dengan hati-hati. Desain kuat excavator membutuhkan counterweight di tanah galian.

Selama fase desain excavator penyeimbang, potensi bahaya harus diramalkan untuk memastikan pengoperasian yang aman dari seluruh alat berat. Kecelakaan terkait penyeimbang terutama terjadi saat menggunakan excavator.

Saat mengangkut tanah galian dan memutar lengan ayun dengan bucket ke kanan atau  kiri atau saat menurunkan beban, excavator dengan counterweight belakang dapat berosilasi. Efek goyangan ekor ini dapat menyebabkan kecelakaan serius.

Kecelakaan serius tersebut sering terjadi dimana seseorang di dekatnya terjepit di antara penghitung ekor yang bergoyang dan dinding atau tiang di dekatnya. Sebuah penyeimbang dihapus dari sekop untuk memfasilitasi transportasi.

Karena penyeimbang dipasang pada excavator dalam posisi tegak lurus, selalu ada risiko pekerja dijatuhkan selama prosedur ini. Perbaikan pada excavator penyeimbang harus ditingkatkan dalam desainnya.

Counterweight Excavator yang Ditingkatkan Untuk Desain yang Lebih Aman

Desain Counterweight Tanpa Ekor

Counterweight besi cor memiliki bobot yang cukup berat tetapi memiliki bentuk yang kecil sehingga memungkinkannya tetap berada dalam lebar lintasan saat diayunkan. Ini membantu tubuh berayun lebih aman dan meningkatkan kemampuan manuver di ruang terbatas.

Namun, excavator tailless akan mempersulit pekerjaan di lereng curam karena meningkatnya risiko terbalik. Desain ini juga lebih sering digunakan pada excavator mini daripada varian excavator yang lebih berat.

Kamera Mundur Untuk Melihat Area Belakang

Counterweight terintegrasi yang dipasang di belakang untuk desain mundur menghilangkan kebutuhan operator untuk berbalik dan melihat ke belakang. Hal ini untuk memastikan tidak ada orang yang berisiko saat derek berayun.

Jika tidak, operator harus selalu sangat berhati-hati dan memastikan tidak ada  yang terjepit oleh ayunan belakang. Sehingga excavator akan lebih aman digunakan untuk proyek dengan banyak pekerja.

Sistem Pembuangan Penyeimbang

Merencanakan sistem pembuangan counterweight hidraulik selama fase desain akan memudahkan dan aman untuk melepas counterweight dari excavator. Ini juga sangat mengurangi waktu persiapan untuk pengangkutan excavator.

counterweight
machineryline.id

Penggunaan counterweight dengan sistem pemicu bawaan hanya dalam situasi tertentu, karena bobotnya kurang dari counterweight standar. Untuk mengurangi potensi risiko, panduan keselamatan dan pengurangan risiko harus diikuti.

Kontrol Kualitas Sistem Attachment Dan Pelepasan Excavator Secara Teratur

Seluruh sistem pelepasan hidraulik dan rantai pengangkat harus diperiksa secara teratur untuk menghindari kerusakan struktural. Termasuk pembengkokan rangka excavator atau mekanisme pengangkatan, retakan cat pada sambungan.

Antara braket pemasangan mekanisme pengangkatan counterweight dan rangka excavator. Agar operator bisa mengatur sistem kontrol dengan lebih praktis dan leluasa sesuai dengan yang dibutuhkan.

Pelabelan Fungsi Kontrol Sistem Pelepasan Penyeimbang

Seluruh sistem pembongkaran counterweight dikendalikan di kompartemen samping excavator. Semua katup dan sakelar khusus ini harus diberi label untuk memudahkan pekerjaan manusia, mengoperasikan pemasangan dan pelepasan.

counterweight
pexels.com

Ikuti Instruksi yang Tepat Dari Pabriknya

Semua pekerja yang terlibat baik operator excavator maupun pekerja lainnya memiliki risiko yang sama berkaitan dengan kecelakaan kerja yang mungkin terjadi. Agar kecelakaan kerja tersebut dapat dihindari dengan maksimal, team harus menerima pelatihan di tempat secara teratur tentang prosedur yang harus diikuti sehubungan dengan aspek keselamatan pemasangan.

Selain itu, semua instruksi dari pabrik harus diikuti dengan teliti dan ketat tanpa mengurangi atau merubahnya. Dengan begitu excavator bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama untuk beragam keperluan.

Dimana sebagai alat berat, excavator juga termasuk yang perlu pemeliharan rutin secara menyeluruh. Dengan medan proyek yang terjal bahkan mungkin kurang stabil perlu untuk menjaganya agar tidak mudah rusak.

Sekian ulasan terkait cara kerja counterweight pada excavator yang mungkin perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi untuk mengenal lebih jauh komponen excavator tersebut dengan lebih baik.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular