Saturday, December 3, 2022
HomeExcavatorCek! Ini Jenis Undercarriage Excavator yang Perlu Diketahui

Cek! Ini Jenis Undercarriage Excavator yang Perlu Diketahui

Undercarriage excavator jelas merupakan hal yang penting. Jika tidak ada Undercarriage maka excavator maupun alat berat lainnya seperti buldozer tidak bisa bergerak.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada excavator juga terletak pada undercarriage. Sehingga komponen alat berat ini harus diperhatikan betul kondisinya.

Jenis Undercarriage Excavator Berdasarkan Bentuknya

Bentuk Undercarriage pun dibagi menjadi dua, yaitu:

Undercarriage Excavator Oval Track

Oval track adalah konstruksi sprocket yang berada pada bagian belakang mesin. Sementara di bagian depan mesin ada idler. Di bagian atas track frame-nya terdapat satu hingga dua carrier roller. Di bagian bawahnya juga terdapat beberapa track roller.

Komponen yang akan bersentuhan langsung dengan mesin adalah bagian track line. Bagian ini juga yang menjadi rantai penghubung dan yang berperan sebagai tapaknya adalah track shoe.

Elevated Sprocket Track

Tipe Elevated Sprocket Track ini pertama kali dibuat oleh salah satu pabrik alat berat asal Amerika Serikat. Di mana tujuannya dibuat untuk meningkatkan beberapa performa mesin.  Bahkan desain elevated Sprocket tersebut merupakan hak paten pabrik tersebut. Pada undercarriage model ini, memungkinkan final drive dan sprocket tidak memikul beban berat mesin secara langsung.

Karena posisinya berada di atas, maka akan lebih bersih dan terhindar dari lumpur. Bisa dipastikan, komponen final Drive menjadi lebih awet, mesin lebih seimbang, gaya dorong traksi pun lebih tinggi. Selain itu, track roller frame pun lebih fleksibel.

Komponen Undercarriage

Berikut ini adalah komponen-komponen dari undercarriage:

Track Link Pada Undercarriage Excavator

Digunakan bersama dengan bushing, track line juga digunakan sebagai penyambung serta penahan antar track link yang satu dengan lainnya.

Track Bushing

Komponen undercarriage kedua adalah track bushing dan track pin. Keduanya bersama-sama bertugas untuk menahan dan menyambung antara track link satu dengan track link yang lainnya. Track bushing juga bertugas sebagai penyekat rangkaian di antara bushing dan link.

  1. Track Line Joint

Komponen yang satu ini berperan untuk menyambungkan track link.

  1. Track Shoe

Track shoe merupakan bagian yang digunakan untuk menahan beban dari mesin. Dari track shoe juga yang menyediakan traksi, sehingga memungkinkan tracktype pada mesin bisa bergerak.

Ada beberapa tipe track shoe yang bisa disesuaikan dengan kondisi, di mana alat akan digunakan. Tipe-tipe tersebut adalah: single grouser shoe, extreme service shoe, self cleaning low ground pressure shoe, chopper shoe, double grouser shoe, serta trapezoidal center hole shoe.

  1. Track Roller

Komponen berikutnya dari undercarriage adalah track roller, yang tugasnya adalah menahan mesin agar tetap bergerak di atas track. Track roller ada dua jenis, yaitu double flange roller, dan single flange roller.

  1. Carrier Roller

Carrier Roller adalah komponen undercarriage yang berguna untuk menahan berat track, dan berada di antara idler dan sprocket. Fungsi lainnya adalah menghaluskan gerakan track yang ada di bagian atas.

  1. Idler

Komponen berikutnya yaitu idler yang fungsinya adalah sebagai pemandu track keluar-masuk menuju track roller. Idler juga digunakan untuk menahan sebagian beban mesin, juga membantu mengontrol track.

Pada jenis elevated sprocket, terdapat dua idler yang letaknya berada di bagian depan dan belakang mesin. Lain halnya dengan jenis oval track undercarriage yang hanya memiliki satu idler.

  1. Sprocket

Undercarriage juga dilengkapi dengan sprocket yang tugasnya meneruskan tenaga yang berasal dari final drive agar sampai ke bushing track link. Adapun cara kerja gigi-gigi sprocket yaitu dengan menarik track bushing, dan menggerakkan track group, sehingga membuat excavator bisa bergerak.

Nah, itu dia komponen dari undercarriage excavator. Semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular