Saturday, June 22, 2024
HomeExcavatorCentre Point Cicil Pajak, Bobby Tunda Pembongkaran dengan Alat Berat

Centre Point Cicil Pajak, Bobby Tunda Pembongkaran dengan Alat Berat

Rabu (29/05), Pemkot Medan mengambil tindakan dengan mendatangkan sejumlah alat berat dan diparkirkan di halaman depan Mall Centre Point Medan. Kedatangan peralatan berat ini terkait dengan kesepakatan pembongkaran Mall Centre Point akibat tunggakan pajak yang tidak kunjung dibayar.

PT. Arga Citra Kharisma (PT. ACK) selaku pengelola Mall Centre Point diketahui telah menunggak pajak kepada pemerintah Kota Medan sejak tahun 2011 dengan total tunggakan pajak mencapai Rp 250 miliar. Berdasarkan kesepakatan, PT. ACK menyetujui pembongkaran gedung Mall Centre Point jika tunggakan tersebut tidak kunjung dilunasi hingga akhir Mei 2024.

Baca Juga: Alat Berat Diterjunkan Untuk Bongkar Bundaran Tidar Kotawaringin Timur

Mall Disegel 14 Hari Sebelum Kedatangan Alat Berat

Pemkot Medan sebelumnya diketahui telah berkomunikasi dengan pihak PT. ACK terkait tunggakan pajak yang tidak kunjung dilunasi. Setelah beberapa kali melakukan diskusi, Pemkot kemudian menyegel bangunan Mall Centre Point pada 15 Mei lalu.

Pasca penyegelan, Pemkot Medan kembali membuka diskusi dengan PT. ACK dan mendapatkan komitmen pelunasan pajak yang akan dilakukan maksimall tanggal 30 Mei 2024. PT. ACK sepakat, Pemkot Medan dapat membongkar bangunan Mall Centre Point tersebut jika PT. ACK tidak kunjung menyetorkan pajak tersebut.

Alat Berat Batal Bongkar Mall Centre Point

Pemkot Medan mendatangkan alat berat pada 29 Mei lalu sebagai langkah persiapan jika pembongkaran bangunan Mall Centre Point akan direalisasikan. Mall Centre Point Medan sendiri terletak di Jalan Jawa, Kecamatan Medan Timur, Medan, Sumatera Utara.

alat berat
Mall Centre Point Medan Disegel 2 Minggu Sebelum Batas Pembayaran Akhir Tunggakan Pajak Rp 250 Miliar

Namun rencana pembongkaran ini urung dilakukan karena PT. ACK menyetorkan cicilan pajak sejumlah Rp 107 miliar pada Rabu (29/05) mallam. Pasca penyetoran ini, PT. ACK mengajukan permohonan penundaan pembongkaran kepada Pemkot Medan.

Pemkot Medan kemudian menyetujui permohonan tersebut dan menunda rencana pembongkaran Mall Centre Point karena adanya penyetoran sebagian tunggakan tersebut. Namun Walikota Medan, Bobby Nasution menegaskan bahwa Pemkot Medan akan tetap membongkar Mall tersebut jika PT. ACK tidak melunasi sisa pajak yang ada sesuai tenggat waktu yang diberikan.

Adapun tenggat waktu terbaru yang diberikan Pemkot Medan kepada PT. ACK akan diumumkan pada 31 Mei mendatang. Kini Pemkot Medan telah memberikan perintah penundaan pembongkaran kepada 4 alat berat yang terparkir di lokasi.

Sumber: detik.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular