Wednesday, May 25, 2022
HomecraneCrawler Crane Kobelco Tipe CKL1000i, Crane Kebanggan di Indonesia

Crawler Crane Kobelco Tipe CKL1000i, Crane Kebanggan di Indonesia

Dalam dunia konstruksi, ada berbagai peralatan berukuran besar yang digunakan untuk mengerjakan sebuah project pembangunan. Alat berat yang digunakan dalam proyek pembangunan juga cukup beragam mulai dari wheel loader hingga crane.

Penggunaan alat berat ini menyesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki oleh proyek pembangunan itu sendiri. Saat proyek pembangunan yang dikerjakan berskala besar, biasanya ada beberapa peralatan yang rutin digunakan seperti crane. Ada beberapa perusahaan produsen alat berat yang sering dipilih karena memiliki produk berkualitas, salah satunya adalah crane Kobelco dari brand alat berat ternama Kobelco.

Crane sendiri menjadi jenis alat berat yang sudah rutin digunakan di beberapa negara di dunia, namun di Indonesia sendiri alat ini hanya digunakan pada proyek pembangunan besar seperti gedung-gedung pencakar langit. Brand Kobelco yang merupakan brand alat berat ternama asal Jepang juga menyebarkan berbagai produk crane andalannya untuk membantu meningkatkan kualitas bidang konstruksi dan pembangunan di Indonesia.

Berbagai series crane diluncurkan di Indonesia dengan keunggulannya masing-masing, salah satunya adalah crane CKL1000i. Salah satu produk crane Kobelco ini bahkan pernah diperkenalkan pada acara open house crane yang diadakan pada bulan februari 2020 oleh brand PT. Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia.

Performa CKL1000i

Pada acara open house crane 2020 yang diadakan di Bekasi, unit crane series CKL yaitu CKL1000i diperkenalkan sebagai salah satu crawler crane yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan di Indonesia. Menggunakan model hino P11C-UN, crane CKL1000i memiliki tenaga mesin yang cukup besar jika dibandingkan dengan crane ukuran sejenis lainnya. Model engine yang digunakan oleh crawler crane ini dibuat sesuai dengan standar NRMM (Eropa) Stage IIIA dan US EPA Tier III.

Crane Kobelco CKL1000i sendiri merupakan crawler crane dengan kapasitas lifting hingga 100 ton. Selain itu, dengan engine model hino P11C-UN, crawler crane ini juga dikenal para pemain crane sebagai alat berat dengan performa yang handal namun hemat bahan bakar. Crane CKL1000i juga memiliki suara mesin yang lembut dan tidak bising serta berhasil memenuhi standar EC Directive 2000/14/EC. Berkat hal tersebut, crane ini tidak menimbulkan polusi suara saat pengoperasiannya.

Crawler crane CKL1000i dibuat dengan spesifikasi handal yang memungkinkan crane untuk memberikan performa maksimal di lokasi kerja yang luas. Ukuran crawler crane yang tidak terlalu besar seringkali membuat beberapa penggunanya ragu terhadap kemampuan operasi di lahan yang luas, namun crane CKL1000i berhasil membuat para pemain crane mengakui kecanggihan operasi crane ini meski memiliki tubuh yang kecil.

Crane Kobelco
Sumber : kobelcocm-global.com

Spesifikasi CKL1000i

Bukan hanya dari segi performa, spesifikasi fisik crane CKL1000i juga turut menuai sorotan. Crawler crane CKL1000i memiliki panjang boom hingga 61 m dengan kapasitas lifting hingga 100 ton. Kapasitas ini termasuk kapasitas sedang dan tepat digunakan pada berbagai proyek pembangunan berskala kecil dan menengah.

Dengan spesifikasi mesin Hino P11C-UN, crawler crane ini menghasilkan output mesin hingga 247 kW. Kekuatan ini dinilai cukup sesuai dengan kebutuhan pembangunan menengah di Indonesia. Crane CKL1000i juga memiliki travel speed hingga 1,9 km per hour dengan swing speed 4.0 rpm. Spesifikasi kecepatan inilah yang membuat CKL1000i banyak direkomendasikan untuk penggunaan proyek bangunan di berbagai daerah di Indonesia.

Crawler crane CKL1000i termasuk salah satu produk andalan yang dimiliki oleh brand Kobelco sehingga spesifikasi dan performanya menjadi salah satu informasi yang banyak diperhatikan oleh berbagai kalangan pemain crane di Indonesia. Usut punya usut, crawler crane Kobelco yang satu ini juga memiliki spesifikasi berupa fitur-fitur mesin yang diletakkan berdekatan antara satu sama lain sehingga operator crane akan mudah mengoperasikan alat berat yang satu ini.

Sejak kehadirannya, crawler crane ini telah digunakan dalam berbagai industri seperti perkebunan, pertambangan, dan konstruksi di Indonesia. Kehadiran crawler crane Kobelco tipe CKL1000i dinilai menjadi salah satu pencerahan bagi dunia industri di Indonesia.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular