Saturday, January 28, 2023
HomeEducationDaya Angkut Dump Truk

Daya Angkut Dump Truk

Truk sebagai salah satu jenis armada transportasi yang memiliki ukuran sangat beragam dengan tipe karoseri berbeda-beda, dimana penggunaannya biasanya untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang dalam jumlah dan ukuran besar.

Kendaraan pengangkut seperti truk dibedakan berdasarkan kategori, seperti bentuk, jumlah sumbu, jumlah roda dan kapasitas atau kubikasi yang dimiliki.

Kalangan masyarakat luas, istilah jenis truk ada beberapa, diantaranya truk engkel, truk pick up, truk fuso, truk tronton, truk trintin dan masih banyak lagi.

Dimensi truk merupakan panjang, lebar serta tinggi mobil truk sebagai salah satu hal yang menentukan jenis dari truk. Dimana semakin besar dimensi truk secara umum jenis truk akan semakin besar.

Selain dimensi yaitu berat barang yang akan dikirim dan kapasitas yang dapat ditanggung oleh truk tersebut. Kapasitas truk bergantung pada jenis truk, hal ini mempengaruhi peraturan pemerintah tentang batas kapasitas armada.

Kendaraan berat seperti truk berguna memudahkan angkut-mengangkut barang dengan bobot berat, pekerjaan akan menjadi lebih cepat terselesaikan dengan adanya dump truk.

Sebuah dump truk berdasarkan evolusi teknologi saat ini telah memberikan efek sangat besar demi mengejar efisiensi pekerjaan dalam peningkatan dimensi dari dump truk itu sendiri.

Dump truk merupakan alat berat yang dipasang pada bagian belakang truk berfungsi memindahkan material pada jarak menengah sampai jauh.

Dalam industri petambangan, dua jenis alat berat yang mempunyai peranan utama yaitu excavator dan dump truk. Dalam meningkatkan kapasitas, excavator mempunyai karakteristik bekerja dengan cycle time, berbeda dengan dump truk karena faktor jarak dari loading point sampai dumping area, membuat dump truk membutuhkan waktu lebih lama pada tiap cycle timenya.

Berbagai merek dump truk seperti Caterpillar, Liebher dan Terex dikenal memperoduksi dump truk dengan kapasitas hampir mencapai 400 ton payload.

Dump Truk Terbesar di Dunia

Kapasitas yang ditawarkan oleh para vendor truk sangat beragam, berikut termasuk truk dengan kapasitas terbesar di dunia antara lain:

1. Dump Truk Belaz 75710

Adanya kecenderungan industri pertambangan membutuhkan alat produksi semakin besar ukurannya untuk mengejar produktivitas, Belaz, produsen alat berat asal Belarusia memproduksi Belaz 75710, sebuah dump truk bermesin diesel terbesar di dunia.

Apabila terjadi masalah pada salah satu engine, Belaz 75710 masih bisa beroperasi secara minimum, seperti berpindah tanpa muatan menuju workshop, termasuk juga melakukan penghematan bahan bakar pada saat hauling tanpa muatan.

Dump truk terbesar di dunia saat ini dengan kapasitas angkut mencapai 496 ton, panjang truk 20,6 meter, tinggi 8,16 meter dan lebar 9,87 meter.

Dump truk Belaz 75710, sebuah mesin diesel dengan turbo kompresor 16 silinder dapat menghasilkan tenaga hingga 2,332 bhp dan melaju dengan kecepatan maksimum 64 km per jam pada kecuraman jalan 10 %.

Walau memiliki dimensi sangat besar, tetapi bermanuver turning radius cukup kecil, 19,8 meter.

2. Dump Truk Caterpillar 797F

Dump truk dengan kapasitas muatan terbesar kedua di dunia, daya angkut hingga mencapai 400 ton, bobot mencapai 687,5 ton, panjang 14,8 meter, tinggi 6,52 meter dan lebar 9,75 meter.

Dump truk caterpillar 797F menggunakan enam ban Michlen XDR atau Bridgestone VRDP, memiliki mesin diesel c175-20 dengan turbo compressor 4 stroke dan dapat melaju hingga 68 km per jam.

3. Dump Truk Terex MT 6300AC

Terex MT 6300AC dengan beban angkut hingga mencapai 400 ton, berat 660 ton, panjang 14,63 meter dan tinggi 7,92 meter.

Dump truk ini memiliki delapan ban berukuran raksasa dengan tenaga mesin 20 silinder empat langkah, alternator listrik menyalurkan daya ke motor listrik yang dipasang di gandar belakang, menghasilkan tenaga hingga 4000 bhp.

4. Dump Truk Liebherr T 282C/T 284

Liebherr T 282C dan T 284 merupakan dump truk dengan kapasitas angkut mencapai 400 ton, dirancang dan diproduksi oleh para insinyur dari Liebherr.

Berat dump truk jenis ini mencapai 661 ton, panjang 15,69 meter, tinggi 7,42 meter dan lebar 9,67 meter. Dilengkapi dengan mesin 20 silinder dengan menghasilkan tenaga hingga 3750 bhp dan dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 64 km per jam.

5. Dump Truk Belaz 75601 (Dump Truk Haul)

Dump truk Belaz 75601 merupakan jenis dump truk yang mempunyai kapasitas angkut hingga 396 ton, berfungsi mengangkut material dari pertambangan terbuka.

Berat dump truk ini mencapai 672,4 ton, panjang 14,9 meter, menggunakan transmisi elektromagnetik mesin berkonfigurasi V diesel empat langkah empat silinder dan daya maksimum mencapai 3500 bhp.

Macam-macam Dump Truk

Dalam memasukkan dan mengeluarkan material, ada dua cara yang biasa dilakukan yaitu memakai alat bantu seperti excavator dan bisa juga secara manual dengan tenaga manusia seperti dipanggul dan diletakkan di dalam dump truk.

Dump truk sendiri memiliki cukup banyak jenis dan macamnya, antara lain:

1. Dump Truk Standar

Dump truk standar yang baknya sendiri terpasang di atas sasis truk, biasa dilengkapi dengan gandar depan dan belakang tambahan, terkadang ditunjang lift hidrolik vertikal dalam memudahkan dan memuntahkan muatan keluar.

Dump truk standar biasa dipasang ke truk dengan sumbu ronda pendek dan manuver cukup baik, tetapi beban yang dibawa terbatas.

2. Dump Truk Transfer

Dump truk transfer ini cukup populer di dunia konstruksi, sebab cukup ideal dalam mengangkut aspal. Kerikil dan material lainnya.

Dump truk jenis ini merupakan truk standar dengan trailer terpisah, kapasitas pengangkutan dapat bertambah, tapi mengurangi kemampuan bermanuver.

3. Dump Truk Semi Trailer

Dump truk semi trailer merupakan kendaraan tiga sumbu dengan dua trailer terpasang, biasanya dilengkapi mekanisme hidrolik, berfungsi mengangkut tumpukan material secara vertikal.

Dump truk jenis ini adalah kombinasi dari truk dan trailer, dimana trailernya dilengkapi dengan sebuah mekanisme hidrolik.

4. Dump Truk Double/Triple Trailer

Double dan triple trailer dump truk terdiri dari sebuah truk yang menarik satu single axle semi trailer dan trailer tambahan.

Tipe dump truk ini memungkinkan supir membuang material dalam sebuah gundukan tanpa harus turun atau menghentikan truk.

Dump truk double/triple trailer sangat cocok mengangkut material yang harus diangkut secara bersama, tapi mempengaruhi kemampuan manuver.

5. Dump Truk Super

Dump truk super sangat cocok untuk jenis pekerjaan berat, dikarenakan bobot yang bisa diangkut mencapai 13000 lbs, ditunjang juga poros belakang bisa digerakkan sekaligus menahan beban yang sedang dibawa.

6. Dump Truk Samping

Dump truk sesuai dengan namanya, dilengkapi mekanisme hidrolik yang memungkinkan dapat membuang material ke arah samping, baik sisi kiri maupun kanan, sehingga dapat memasukkan atau membongkar muatan dengan cepat.

Sebuah truk tiga gandar yang menarik semi trailer dua gandar. Dilengkapi dengan hidrolik yang bisa mengangkat bak truk ke arah samping dan membuang material ke kiri maupun kanan, memungkinkan untuk proses unloading lebih cepat dan membawa muatan lebih banyak.

7. Dump Truk Kendaraan Musim Dingin

Dump truk yang khusus untuk mengangkut es atau salju di musim dingin, biasanya pada bagian depan truk dilengkapi dengan alat pembersih material dingin dari jalan.

8. Dump Truk Haul

Dump truk haul biasa digunakan untuk mengangkut material di area pertambangan besar dengan konstruksi yang kokoh dan ditopang penggerak roda belakang, memiliki kapasitas pengangkutan cukup besar.

Sebagian besar dump truk haul digerakkan dengan elektrik diesel, alternator AC atau DC menyalurkan listrik ke elektrik motor yang terletak pada masing-masing roda belakang.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular