Saturday, January 28, 2023
HomeAlat beratDBMSDA Turunkan Alat Berat Untuk Cegah Banjir Dengan Bersihkan Sampah

DBMSDA Turunkan Alat Berat Untuk Cegah Banjir Dengan Bersihkan Sampah

Pada akhir – akhir ini curah hujan di kota Batam, Kepulauan Riau Sangat Tinggi. Dengan kondisi tersebut, saat ini sejumlah wilayah di Batam tergenang banjir. Menurut kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) kota Batam, sejumlah wilayah rawan banjir tergenang hanya dalam kurun waktu beberapa jam setelah hujan deras turun.

Menangani kondisi ini, DBMSDA kota Batam akan menerjunkan alat berat untuk membersihkan sampah yang menjadi penyebab terjadinya banjir. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu langkah pencegahan agar bencana banjir ini tidak kembali terjadi kedepannya.

Baca Juga : Penanganan Banjir Pameungpeuk dengan Mengerahkan Alat Berat

Alat Berat Dimaksimalkan Di Titik Pusat Banjir

Dari sejumlah wilayah rawan banjir, hanya ada beberapa titik yang menjadi pusat terjadinya banjir. Hal tersebut disebabkan karena hujan di kota Batam tidak merata, sehingga hujan deras hanya turun di beberapa daerah saja.

Menurut Yumasnur selaku kepala DBMSDA kota Batam, banjir hanya terpusat di beberapa titik saja diantaranya daerah Legenda dan daerah dekat Gereja Tabgha. Daerah tersebut sudah menjadi langganan terjadinya banjir ketika musim hujan tiba setiap tahunnya.

Banjir yang terjadi di daerah Legenda terbilang cukup parah, ketinggian banjir diperkirakan hingga setinggi lutut orang dewasa. Tak hanya ketika hujan deras saja,banjir juga menggenang daerah tersebut meskipun intensitas hujan ringan.

Yumasnur menuturkan bahwa banjir di daerah tersebut sudah ditangani. Menurutnya penanganan harus dilakukan dengan cepat karena ketika hujan berhenti banjir juga akan cepat surut.

Banyaknya Sampah Menjadi Penyebab Terjadinya Banjir

alat berat
batam.suara.com

Banjir yang menggenang sejumlah wilayah di Batam, sebagian besar disebabkan karena terdapat banyak sampah di wilayah tersebut. Terdapat banyak jenis sampah yang menyebabkan terhambatnya aliran air seperti sampah plastik, kayu dan sampah berat lainnya.Karena terdapat banyak jenis sampah, DBMSDA Batam akan menurunkan alat berat untuk membersihkan sampah – sampah  tersebut.

Kepala DBMSDA kota Batam menuturkan bahwa setiap dilakukan normalisasi banyak sampah yang sering dibersihkan. Banyak kiriman sampah plastik dari hulu ke hilir, yang kemudian tersangkut di beberapa titik sehingga membuat aliran air berbalik. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya banjir yang mengakibatkan tergenangnya permukiman warga, bahkan jalan pun ikut tergenang.

Normalisasi langsung dilakukan di beberapa lokasi yang bisa dijangkau. Namun terdapat kendala di beberapa lokasi, yaitu alat berat tidak dapat masuk di beberapa lokasi. Untuk beberapa lokasi yang tidak dapat terjangkau alat, normalisasi parit dilakukan secara manual. Himbauan untuk tidak membuang sampah di drainase sudah sering dilakukan, namun hal tersebut tidak berpengaruh terhadap warga yang sering membuang sampah sembarangan.  

Banjir Mengakibatkan Arus Lalu Lintas Terganggu

Hujan deras yang mengguyur beberapa jam, tak jarang dapat langsung merendam sejumlah wilayah di kota Batam. Banjir tersebut biasanya merendam pemukiman warga bahkan jalan pun ikut terendam banjir. Banjir yang merendam ruas jalan tentunya dapat menyebabkan arus lalu lintas terganggu. Seperti di ruas jalan di Legenda Malaka, air merendam ruas jalan setinggi lutut orang dewasa.

Genangan air setinggi lutut orang dewasa terjadi di beberapa titik jalur salah satunya terjadi di Jalan Raja Isa tepatnya di depan Halte Mega Legenda 1. Akibatnya, sejumlah pengendara terpaksa harus melawan arah. Namun ada juga beberapa pengendara yang nekat menerobos banjir. Tak hanya itu, terdapat sejumlah kendaraan yang mogok di tengah – tengah banjir dan juga terjadi kemacetan di sepanjang jalan tersebut.

Sumber : batam.tribunnews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular