Monday, July 15, 2024
HomeExcavatorDinas PUPR Kerinci Gercep Datangkan Alat Berat Tangani Longsor

Dinas PUPR Kerinci Gercep Datangkan Alat Berat Tangani Longsor

Bencana longsor terjadi pada Selasa (11/06/2024) siang di jalan utama perbatasan Lubuk Nagodang dan Siulak Deras, Kabupaten Kerinci. Segera setelah informasi diterima, Dinas PUPR Kerinci mendatangkan satu unit alat berat ke lokasi longsor.

Longsor ini diketahui terjadi akibat hujan deras yang melanda Kabupaten Kerinci dan mengakibatkan material longsor berupa pasir dan lumpur terbawa hingga ke jalan utama. Akibat longsor ini, badan jalan perbatasan ini tertimbun material longsor serta membuat satu unit mobil pengguna jalan terjebak di tengah area longsor.

Baca Juga: Alat Berat Perluas Bahu Jalan Efek Longsor Bangko-Kerinci

Mobil Tertimbun Longsor, DPUPR Gercep Evakuasi dengan Alat Berat

Bencana longsor akibat curah hujan tinggi ini menyebabkan arus lalu lintas di Jalan Nasional Siulak Kayu Aro lumpuh total. Satu unit mobil juga terjebak di lokasi tersebut karena tertimbun oleh material longsor berupa lumpur dan pasir.

Beruntung tidak ada korban luka maupun korban meninggal akibat bencana ini. Pengendara yang mobilnya terjebak juga berhasil menyelamatkan diri karena material longsor hanya menimbun hingga setinggi ban mobil saja.

Penanganan Cepat Bencana dengan Alat Berat Bisa Minimalisir Dampak Bencana

Maya Novefri Handayani selaku Kepala Dinas PUPR Kerinci menuturkan bahwa pihaknya segera mengirim alat berat ke lokasi longsor sebagai langkah tanggap darurat bencana di wilayah Kerinci. Beruntung pembersihan material longsor ini tidak membutuhkan waktu lama karena pembersihan longsor juga dibantu oleh peralatan berat dari Balai.

Baca Juga: PUPR Jambi Gesit Turunkan Alat Berat Untuk Atasi Abu Vulkanik Gunung Api Kerinci

Hanya beberapa jam sejak longsor terjadi, Jalan Nasional Siulak Kayu Aro sudah dapat digunakan kembali. Namun para personel dan peralatan berat DPUPR masih berada di lokasi untuk membersihkan sisa material di bagian sisi jalan dan memastikan seluruh material telah bersih maksimal.

Maya Novefri mengawasi langsung proses pembersihan material longsor tersebut untuk memastikan bencana longsor ini tidak menimbulkan dampak yang lebih besar. Maya menuturkan bahwa tindakan cepat yang diambil Dinas PUPR untuk menangani longsor ini menjadi salah satu cara terbaik untuk meminimalisir dampak bencana.

Alat berat yang didatangkan dengan cepat juga akan membuat penanganan selesai lebih cepat sehingga pemulihan wilayah maupun arus lalu lintas yang terganggu akibat bencana bisa lebih maksimal.

Sumber: jambi.tribunnews.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular