Friday, March 24, 2023
HomeAlat beratBagaimana Cara Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar Alat Berat?

Bagaimana Cara Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar Alat Berat?

Alat berat yang banyak digunakan pada proyek pembangunan jalan dan infrastruktur, perkebunan, pertambangan hingga kehutanan membutuhkan banyak bahan bakar dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Meski begitu, ternyata ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Efisiensi Bahan Bakar Alat Berat

Dilansir dari Equipment Indonesia, Steve Nendick dari Cummins memberi beberapa saran pada manajer armada alat berat untuk mengurangi berbagai biaya bahan bakar serta menekan emisi karbon dioksida pada lokasi kerja atau proyek.

Secara garis besar, bahan bakar membutuhkan banyak pengeluaran dalam setiap proyek guna menjalankan tugas serta fungsi dari peralatan alat berat untuk membantu pekerjaan proyek. Bahan bakar diesel yang digunakan pada berbagai jenis alat berat ini secara umum telah menyumbang lebih dari sepertiga biaya operasional mesin alat berat.

Maka dari itu, setiap kegagalan ataupun hambatan yang terjadi dalam proyek dan proses pengelolaan bahan bakar tentu dapat mengakibatkan dampak yang signifikan pada keberhasilan suatu proyek pekerjaan.

Selaku direktur komunikasi pemasaran untuk produsen produk engine dan pembangkit listrik Cummins, Steve Nendick, memberikan beberapa tips dan cara meningkatkan efisiensi bahan bakar pada alat berat untuk para kontraktor yang menggunakan peralatan bertenaga diesel.

Tips Efisiensi Bahan Bakar Alat Berat

bahan bakar alat berat

a. Pemeliharaan

Yang dimaksud pemeliaharaan disini yakni dengan mengikuti berbagai jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh pabrikan alat berat. Hal ini dinilai sangat penting dalam memastikan bahwa peralatan alat berat yang dioperasikan dalam proyek dapat memberikan performa yang optimal.

Mesin alat berat yang tidak dirawat dengan baik akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak dibandingkan dengan alat berat normal lainnya yang dirawat dengan baik. Adanya pemeliharaan pada alat berat berguna untuk tindakan pencegahan dan mengurangi biaya bahan bakar, mengurangi biaya perbaikan besar dalam jangka panjang, memaksimalkan produktivitas, serta memperpanjang usia pemakaian engine.

b. Menggunakan Bahan Bakar dan Oli yang Tepat

Tips kedua yakni menggunakan bahan bakar serta oli yang tepat. Penggunaan cairan-cairan yang tepat sesuai dengan rekomendasi OEM dapat mengefisiensi bahan bakar pada alat berat. Dalam pemakaiannya, perlu dijaga tingkat pemakaian yang diperlukan guna memastikan kinerja alat akan sesuai dengan spesifikasi alat berat.

Selain itu, dapat dilakukan berbagai pemeriksaan tambahan, seperti pemeriksaan tekanan udara pada ban, serta kebersihan filter udara yang penting dalam efisiensi bahan bakar alat berat.

c. Memaksimalkan Kinerja Mesin Alat Berat

bahan bakar alat berat

Tips selanjutnya adalah meminimalisir mesin alat berat menganggur atau hindari pemakaian yang jarang pada alat berat. Mesin dalam kondisi idle akan membuang bahan bakar meskipun mesin atau engine dikatakan efisien.

Apabila mesin alat berat dibiarkan tidak beroperasi dalam jangka waktu yang lama sementara mesin atau engine terus menyala, hal tersebut dapat menambah biaya serta meningkatkan emisi bahan bakar. Selain itu, kondisi tersebut juga bisa mempengaruhi masa pemakaian mesin. Hal ini dikarenakan tiap komponen mesin alat berat mengalami aus.

Apabila mesin alat berat yang dimiliki mempunyai kemampuan stop-start di kondisi idle, maka dapat diaktifkan fungsi tersebut. Selain itu, fitur tersebut akan membantu operator alat berat dalam meminimalisir biaya serta menekan emisi bahan bakar.

d. Mengoptimalkan Penggunaan Mesin

Tips keempat yakni dengan menggunakan mesin alat berat pada kegiatan atau pekerjaan yang tepat atau sesuai dengan spesifikasi dan fungsi dari alat berat. Dengan catatan bahwa mesin alat berat harus dijalankan pada kondisi kecepatan yang sifatnya konsisten agar performa mesin alat berat lebih efisien dan optimal.

e. Menggunakan Operator Alat berat yang Andal

bahan bakar alat berat

Tips lainnya yakni dengan menggunakan atau mempekerjakan operator alat berat yang terlatih dan professional. Dengan mempekerjakan operator alat berat yang terlatih ini, maka dapat meningkatkan optimasi mesin alat berat, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar pada alat berat.

Hal tersebut juga dapat mengurangi potensi berbagai kerusakan pada unit alat berat. Operator alat berat yang kurang atau tidak terampil dalam mengoperasikan alat berat akan menimbulkan kemungkinan kerusakan yang agresif saat penggunaan alat berat, serta dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. Dengan perkembangan dan inovasi teknologi serta fitur terkini, data-data dari alat berat dapat dikumpulkan dalam proses membantu meningkatkan pelatihan operator alat berat.

f. Memantau Mesin Alat Berat

Tips terakhir yaitu dengan memantau mesin alat berat yang Anda miliki. Apabila mesin alat berat yang dimiliki telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pemantauan, dapat dilakukan analisis terhadap data-data tersebut. Kegiatan ini dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar pada alat berat. Selain itu, kegiatan pemantauan pada alat berat juga dapat membantu mendeteksi adanya potensi kerusakan dan problem layanan, serta mengurangi berbagai biaya perbaikan dan downtime pada alat berat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular