Monday, July 15, 2024
HomeHeavy machineEmiten Alat Berat INTA Optimis Mampu Capai Target 2024

Emiten Alat Berat INTA Optimis Mampu Capai Target 2024

PT. Intraco Penta Tbk. (INTA), emiten alat berat, memancarkan optimisme untuk mencatatkan pertumbuhan kinerja di tahun 2024. Keyakinan ini didasari oleh prospek industri alat berat yang positif dan strategi perseroan yang berfokus pada sinergi, ekspansi bisnis, tata kelola perusahaan yang kuat, dan kesiapan organisasi.

Sebagai salah satu perusahaan besar di industri alat berat Indonesia, INTA dikenal memiliki segudang prestasi bisnis melalui strategi-strategi handal yang dimilikinya. Tahun ini, INTA juga dinilai akan melancarkan sejumlah strateginya untuk mencapai target kinerja yang telah dibuatnya.

Baca Juga: INTA dan LiuGong Perkuat Kolaborasi Strategis Untuk Kembangkan Industri Alat Berat

Sektor Industri Semen Jadi Sasaran Bisnis Emiten Alat Berat INTA

Direktur Utama INTA, Petrus Halim, mengungkapkan bahwa perseroan melihat peluang besar di tahun 2024 dengan permintaan alat berat yang diprediksi masih tinggi. Salah satu sektor yang diyakini masih membutuhkan alat berat adalah industri semen.

Harga semen yang relatif rendah mendorong perusahaan semen untuk fokus pada efisiensi dan efektivitas biaya produksi, membuka peluang bagi INTA dan distributor alat berat lainnya untuk memberikan solusi.

INTA memiliki produk unggulan Electric Vehicle (EV) dari LiuGong dan Big Wheel Loader (WL) yang dapat menjawab kebutuhan industri semen. Produk-produk ini diyakini mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas biaya produksi di industri semen.

Emiten Alat Berat INTA Menutup 2023 dengan Peningkatan Performa

Tahun 2023 menjadi tahun yang positif bagi INTA. Perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp 1,08 triliun, meningkat 63,58% dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan pendapatan emiten alat berat ini diikuti dengan peningkatan kinerja laba dengan mencatatkan penurunan rugi komprehensif tahun berjalan sebesar Rp 64,36 miliar, dibandingkan Rp 177,53 miliar di tahun 2022.

Baca Juga: INTA Siap Tingkatkan Penjualan Alat Berat Di Tahun 2024

Tidak hanya itu, aset perusahaan pun meningkat sebesar 13,18% menjadi Rp2,47 triliun dari Rp2,19 triliun di tahun 2022. Pencapaian ini dinilai mampu dikembangkan lebih luas melihat kondisi industri alat berat dan perseroan saat ini.

Di samping fokus pada kinerja keuangan, INTA juga menunjukkan komitmennya terhadap tata kelola perusahaan yang baik. Pada 28 Juni 2024, INTA menggelar RUPS dengan 7 pembahasan meliputi penunjukan kantor akuntan publik, pengesahan dewan direksi, hingga persetujuan terkait novasi hutang dan konversi piutang anak usaha INTA.

Berbagai agenda yang disepakati dalam RUPS ini dinilai akan membantu emiten alat berat INTA untuk mengelola perseroan dengan lebih maksimal sehingga strategi bisnis dari sisi pemasaran produk juga bisa berjalan tanpa terganggu oleh tata kelola perseroan.

Sumber: investor.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular