Monday, July 15, 2024
HomeEducationEmiten Batubara CUAN Akuisisi PTRO, Pengendali PTRO Siap Dipindah

Emiten Batubara CUAN Akuisisi PTRO, Pengendali PTRO Siap Dipindah

Akuisisi menjadi salah satu strategi bisnis yang banyak dilakukan oleh perusahaan di berbagai sektor termasuak industri pertambangan. Baru-baru ini, kabar akuisisi datang dari salah satu emiten batubara besar di Indonesia yaitu PT. Pertindo Jaya Kreasi Tbk.

Perusahaan dengan kode emiten CUAN ini menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada Senin (12/02/2024) lalu. Salah satu pembahasan dalam RUPLSB tersebut adalah pembahasan mengenai akuisisi saham dari salah satu perusahaan ternama.

Baca Juga: Perusahaan Pertambangan Nikel NICE Diakuisisi Perusahaan Korsel

Emiten Batubara Siap Akuisisi Perusahaan Lain Untuk Perbesar Skala Bisnis

Emiten CUAN diketahui menggelar RUPSLB dengan salah satu pembahasan mengenai akusisi saham dari salah satu emiten ternama yaitu PTRO. Rencana akuisisi ini telah dibahas pada beberapa periode sebelumnya hingga akhirnya mendapat persetujuan dari seluruh stakeholder pada RUPSLB Senin lalu.

Rencananya CUAN akan mengakuisisi 34% saham dari PT. Petrosea Tbk (PTRO) dengan jumlah 342.925.700 saham. PTRO sendiri merupakan salah satu perusahaan multidisiplin yang bergerak dalam beberapa bidang diantaranya kontrak pertambangan, EPC, serta jasa minyak dan gas bumi.

Emiten Batubara CUAN Akuisisi Saham PTRO Milik CRO

emiten batubara
Pasca Akuisisi, Pengendali PTRO Akan Beralih Dari CRO Ke KJP

Dalam RUPLSB yang digelar emiten batubara CUAN, akuisisi 34% saham PTRO akan dilakukan pada saham milik PT. Cakra Reksa Optima dengan kode emiten CRO. Akuisisi ini akan dilakukan oleh PT. Kreasi Jasa Persada (KJP) yang merupakan anak perusahaan dari CUAN.

Akuisisi saham ini disebut akan mengikuti prosedur yang diatur dalam POJK 9/2018. Sesuai dengan POJK 9/2018, pengendali PTRO nantinya akan beralih dari CRO ke KJP. CRO dan KJP sendiri dinilai tidak termasuk dalam kelompok terorganisasi sesuai POJK 9/2018 sehingga sah melakukan peralihan pengendari tunggal PTRO.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai proses akuisisi saham ini, namun diketahui bahwa CUAN memutuskan akuisisi ini dengan berbagai pertimbangan. Akuisisi ini menjadi salah satu strategi CUAN untuk menguatkan posisinya di pasar industri pertambangan.

Akuisisi saham yang dilakukan oleh emiten batubara ternama ini juga diharapkan mampu membuat langkah diversifikasi yang dilakukan CUAN sukses sehingga posisi ekonomi CUAN dalam sektor industri lebih baik.

Sumber: investor.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular