Saturday, June 22, 2024
HomeMiningEmiten Nikel Harita Nickel Siap Targetkan Produksi Besar-Besaran Tahun Ini

Emiten Nikel Harita Nickel Siap Targetkan Produksi Besar-Besaran Tahun Ini

Emiten nikel Harita Nickel, juga dikenal sebagai PT. Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL), telah menetapkan target ambisius untuk produksi mixed hydroxide precipitate (MHP) sebesar 55.000 ton kandungan nikel tahun ini. Hal ini dipicu oleh beroperasinya PT. Obi Nickel Cobalt (ONC) dengan kapasitas terpasang 65.000 ton nikel dalam MHP.

Produksi ONC diprediksi mencapai 20.000 ton nikel dalam MHP tahun ini, dengan pengoperasian tiga jalur produksi MHP secara bertahap sepanjang tahun. Langkah ini menunjukkan komitmen Harita Nickel untuk memperkuat portofolio produksi nikel.

Baca Juga: Emiten Pertambangan Nikel NCKL Siap Pacu Bisnis Melalui Akuisisi

Produksi Emiten Nikel NCKL Terpengaruh Performa ONC

Kepala Hubungan Investor Harita Nickel, Lukito Gozali, menegaskan bahwa produksi MHP dari Harita Nickel akan meningkat dengan beroperasinya ONC. Ia juga menyatakan bahwa tahun ini, Harita Nickel akan memperluas fasilitas pemurnian melalui PT. ONC dengan teknologi high pressure acid leach (HPAL).

Pendirian PT. ONC sebagai refinery kedua Harita Nickel menandai langkah strategis perusahaan dalam memproduksi MHP, nikel sulfat, dan kobalt sulfat. Direktur Utama Harita Nickel, Roy Arman Arfandy, menegaskan komitmen perusahaan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dan kemampuan untuk beradaptasi dengan dinamika industri yang berkembang.

Emiten Nikel NCKL Siap Tingkatkan Performa Melalui Produksi Berbagai Produk Tambang

Selain MHP, emiten nikel NCKL juga fokus pada produksi feronikel. Mereka menargetkan produksi sebesar 25.000 ton nikel dalam feronikel dari PT. MSP, dan 95.000 ton nikel dalam feronikel dari PT. HJF. Hasil produksi Harita Nickel pada kuartal pertama 2024 telah berhasil melampaui target, meningkatkan penjualan feronikel dari kuartal sebelumnya.

Baca Juga: Emiten Tambang NCKL Catatkan Kenaikan Produksi Nikel Di 2023

Pelaksanaan operasional PT. Karunia Permai Sentosa (KPS) sebagai smelter ketiga yang dilakukan dengan teknologi RKEF berhasil dijalankan sesuai rencana. Fasilitas ini diharapkan mulai beroperasi pada awal tahun 2025, menambah empat jalur produksi baru dengan kapasitas sekitar 60.000 ton nikel per tahun pada tahap pertamanya

Di fasilitas HPAL, produksi Harita Nickel juga telah melampaui tingkat yang diproyeksikan, mencapai 16.716 ton nikel terkandung dalam MHP pada kuartal pertama 2024, melebihi kapasitas terpasang sebesar 22%.

Dengan serangkaian langkah strategis dan peningkatan produksi yang berhasil, emiten nikel ternama Harita Nickel menunjukkan bahwa mereka siap untuk mengambil peran penting dalam industri nikel. Dengan target yang ambisius dan komitmen pada pertumbuhan berkelanjutan, Harita Nickel terus menetapkan standar tinggi dalam industri ini.

Sumber: industri.kontan.co.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular