Saturday, June 22, 2024
HomeAlat beratDX225LC-7: Excavator Terbaru dari Doosan

DX225LC-7: Excavator Terbaru dari Doosan

Di Indonesia, alat berat excavator kebanyakan digunakan dalam kegiatan pertambangan, perkebunan, pembangunan infrastruktur dan jalan raya, serta kehutanan atau forestry. Excavator juga digunakan dalam kegiatan pembersihan sungai dimana alat berat tersebut akan mengangkat sedimen lumpur maupun kotoran yang mengendap di dasar sungai.

Pemenuhan kebutuhan alat berat excavator di Indonesia saat ini diramaikan oleh produsen internasional. Seperti Hitachi, Komatsu, Caterpillar, Volvo, hingga Doosan. Tidak hanya itu, beberapa alat berat excavator asal Indonesia juga ikut bersaing dalam memenuhi kebutuhan alat berat ini.

Doosan, produsen alat berat asal Korea Selatan, baru-baru ini meluncurkan jenis excavator terbaru untuk memenuhi kebutuhan pasar akan alat berat excavator yang diberi nama DX225LC-7.

Doosan: Produsen Alat Berat Asal Korea Selatan

DX225LC-7 Doosan

Selain budaya, Korea Selatan telah melakukan ekspansi ke banyak negara di dunia melalui banyak sektor, salah satunya sektor bisnis industri melalui Doosan. Alat berat Doosan – Doosan Heavy Industries & Construction, berada dalam naungan Doosan Group yang telah berdiri sejak tahun 1896 silam oleh Park Seung-jik.

Ide pertama pembangunan Doosan Heavy Industries & Construction dimulai pada tahun 1962 dimana pada saat itu Korea Selatan masih menjadi negara dengan ekonomi berkembang. Melihat peluang tersebut, Doosan mulai melebarkan sayap di bidang alat berat dan secara resmi membuat alat pertama di tahun 1976 di kawasan Changwon.

DX225LC-7: Crawler Excavator dari Doosan

DX225LC-7 Doosan

Belakangan ini, Doosan meluncurkan produk excavator terbaru bernama DX225LC-7 dalam jenis crawler excavator. Yang dimaksud dengan crawler excavator adalah jenis alat berat excavator yang roda penggeraknya menggunakan undercarriage serta dilengkapi dengan backhoe atau alat pengeruk, bucket atau keranjang, dan cabin yang diletakkan di atas turret bed yang bisa berputar.

DX225LC-7 merupakan crawler excavator berstandar generasi baru Stage V di kelas 23 ton. Excavator ini disebut sebagai excavator pertama dari Doosan dengan ukuran 23 ton yang dilengkapi dengan teknologi inovatif D-Ecopower virtual bleed-off (VBO), yang bisa memberi tingkat produktivitas yang lebih tinggi kepada operator alat berat dengan konsumsi bahan bakar lebih rendah 7% per jam dibandingkan dengan model Stage IV sebelumnya. Selain itu, alat berat ini memiliki kontrol yang lebih halus.

Selain itu, terdapat beberapa peningkatan dalam excavator DX225LC-7 ini. Antara lain:

a. Counterweight yang Lebih Berat

Di excavator keluaran terbaru ini, terdapat fitur-fitur terbaru seperti counterweight berstandar 14% lebih berat 4,9 ton yang sangat pas untuk bekerja dengan attachment yang lebih berat seperti tiltrotator. Counterweight yang lebih berat juga memiliki kontribusi pada kapasitas penggalian dan pengangkatan yang lebih tinggi dibandingkan model generasi sebelumnya. DX225LC-7 juga dilengkapi dengan mata pengangkat baru yang merupakan bagian dari casting untuk mendorong pengubung pada attachment bucket di ujung lengan. Mata pengangkat ini memiliki kapasitas maksimal 5 ton serta sisipan kgusus untuk mencegah deformasi lubang pengangkat.

Selain itu, DX225LC-7 juga memperkenalkan sistem hydraulic pintar baru dengan klaim peningkatan 30% dalam fungsi attachment, dibandingkan dengan model sebelumnya. Sistem baru ini menerapkan logika hydraulic cerdas dalam distribusi laju aliran hydraulic saat lengan dan attachment bekerja bersamaan.

b. Peningkatan Kenyamanan dan Kontrol Kabin

Excavator terbaru ini juga dilengkapi dengan kabin tercanggih yang unggul dalam luas dan keergonomisan, yang bisa memberi kenyamanan pada operator serta kemudahan dalam mengoperasikan alat berat. Selain dilengkapi dengan kursi baru berkualitas tinggi, kabin juga disempurnakan dengan lebih banyak fitur dibandingkan dengan excavator lainnya.

Adapun fitur-fitur terbaru dalam kabin adalah:

  • Layar sentuh 8-inch yang memuat banyak informasi dengan layar 30% lebih besar
  • DAB audio dengan handsfree dan Bluetooth, dan fitur pintar tanpa kunci
  • Kursi berbahan kulit dengan yang menyerap panas dengan sabuk pengaman yang dilengkapi alarm peringatan
  • Wiper paralel dan pedal dengan desain baru
  • Peningkatan aliran udara pada bagian defrosting dan pendingin udara kabin
  • 9 lampu kerja LED sesuai standar
  • 4 tambahan lampu LED sebagai opsional
  • AVM – Around View Monitor dengan kamera yang bisa berputar 360 derajat yang bersifat opsional
  • Deteksi hambatan ultrasonic yang bersifat opsional

c. Teknologi D-Ecopower Doosan

DX225LC-7 juga dilengkapi dengan teknologi D-Ecopower dari Doosan. Teknologi ini menggunakan pompa yang dikontrol oleh tekanan elektronik dalam closed center hydraulic system untuk mencapai peningkatan produktivitas hingga 26% dan peningkatan konsumsi bahan bakar hingga 7%, bergantung pada mode yang dipilih. Katup kontrol utama yang terpusat dan tertutup meminimalkan kehilangan tekanan, sementara pompa yang dikontrol tekanan elektrik mengoptimalkan tenaga engine atau mesin secara lebih efektif.

Feedback yang ditingkatkan untuk operator melalui joystick menghasilkan kontrol alat berat yang lebih efektif serta mengurangi tingkat kelelahan pada operator. Akselerasi dan deselerasi fungsi excavator menjadi lebih halus. Hal ini memungkinkan operator bisa melakukan gerakan mengayun dan menggali secara berulang dengan gerakan menyentak yang lebih sedikit.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular