solenoid valve komatsu

Cara Kerja Solenoid pada Excavator

Alat berat excavator terdiri dari puluhan hingga ratusan komponen yang bekerja saling berkaitan satu sama lain. Komponen-komponen ini tidak dapat bekerja dengan efektif apabila salah satu komponen mengalami gangguan atau kerusakan.

Soleonoid valve menjadi salah satu komponen penting dalam alat berat excavator. Sama dengan komponen lainnya, apabila solenoid valve mengalami gangguan atau kerusakan, maka dapat mengganggu jalannya kerja excavator.

Apa Itu Solenoid Valve?

solenoid valve komatsu

Secara umum, komponen solenoid valve adalah sejenis katup listrik yang dapat bekerja dengan aliran energi listrik. Komponen ini memiliki koil sebagai penggerak yang fungsinya menggerakkan piston. Bagian piston ini dapat bergerak dengan adanya arus AC maupun DC.

Dalam solenoid valve, terdapat lubang keluaran, lubang masukan , serta lubang exhaust. Bagian lubang masukan memiliki kode P yang berfungsi sebagai tempat udara masuk atau supply udara. Bagian lubang keluaran diberi kode A dan B yang memiliki fungsi sebagai tempat udara keluar yang dihubungkan pada beban. Sedangkan lubang exhaust diberi kode R dengan fungsi sebagai saluran pengeluaran udara yang terjebak saat piston bergerak di tengah solenoid valve bekerja.

Di sisi lain, solenoid valve pada alat berat excavator merupakan bagian yang melaksanakan setiap perintah yang dikirim oleh operator excavator. Atau dengan kata lain, solenoid valve akan berfungsi apabila terdapat perintah dari operator alat berat.

Solenoid Valve Pada Excavator Komatsu

solenoid valve komatsu

Komatsu menjadi salah satu produsen alat berat yang berhasil mendominasi pasar alat berat di kawasan Asia Tenggar, termasuk Indonesia. Produsen alat berat asal negara Jepang ini memiliki alat berat excavator dengan teknologi terkini yang dapat membantu operator dalam menjalankan pekerjaan. Selain itu, excavator Komatsu juga mengedepankan kenyamanan dimana operator dapat bekerja dengan nyaman dan juga aman.

Sama seperti alat berat excavator pada umumnya, excavator memiliki beberapa solenoid valve, yakni:

a. Assembly Solenoid Valve

b. Accumulator Solenoid Valve

c. 2-Stage Relief Solenoid Valve

d. PPC Lock Solenoid Valve

e. Swing Brake Solenoid Valve

f. Travel Speed Solenoid Valve

g. Travel Junction Solenoid Valve

h. ATT Selector Valve

Kali ini, kami akan memberi informasi dari beberapa Solenoid Valve pada excavator Komatsu.

a. Travel Speed Solenoid Valve

Solenoid Valve ini memiliki fungsi untuk mengubah kecepatan dari motor level excavator. Atau dengan kata lain, travel solenoid valve ini berfungsi mengubah travel speed dari lambat, sedang, hingga kecepatan tinggi – atau lebih dikenal dengan Lo-Mi-Hi. Perubahan ini dilakukan saat operator alat berat sedang menempuh jarak jauh.

b. Travel Junction Solenoid Valve

Komponen ini memiliki fungsi sebagai pengatur aktivitas berbelok dari alat berat excavator. Travel Junction Solenoid Valve juga membantu pengaturan flow atau arus yang hendak dialirkan menuju motor travel sebelum merger divider main dan merger divider LS bekerja.

c. 2-Stage Relief Solenoid Valve

Komponen ini berfungsi untuk menambah power atau power maximizing yang akan bekerja apabila operator alat berat menekan tombol maximizing power yang berada pada bagian atas atau bagian ujung lever PPC Valve atau pada handle bagian kiri.

d. Swing Brake Solenoid Valve

Komponen solenoid valve ini memiliki fungsi untuk menghentikan atau perangkat rem dari fungsi swing. Pada saat Swing Brake Solenoid Valve diaktifkan, maka swing machinery tidak akan bergerak meski bagian lever swing PPC Valve digerakkan.

Di sisi lain, apabila Swing Brake Solenoid Valve di non-aktifkan, maka fungsi swing akan berfungsi seperti biasa. Hal ini umum dilakukan saat operator alat berat menuruni lahan yang curam atau dengan kondisi serupa lainnya.

e. PPC Lock Solenoid Valve

Komponen PPC Solenoid Valve memiliki fungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan seluruh fungsi pada bagian PPC Valve. Apabila komponen PPC Lock Solenoid Valve diaktifkan, maka fungsi dari PPC tidak akan berjalan sama sekali. Di sisi lain, apabila komponen PPC Lock Solenoid Valve dinonaktifkan, maka keseluruhan fungsi dari komponen PPC Valve akan berjalan dengan semestinya.

Penyebab Kerusakan Solenoid Valve dan Pencegahannya

solenoid valve komatsu
  • Udara yang mengandung uap air cukup banyak sehingga dapat menimbulkan karat pada blok solenoid valve.
  • Udara kotor yang terus-menerus berada pada bagian solenoid valve hingga kotoran dapat menumpuk di bagian piston.
  • Pada supply udara tidak terdapat tabung pelumasan atau tabung oiler yang berguna melumasi bagian piston agar tetap licin dan dapat berfungsi dengan baik.
  • Pada supply udara tidak terdapat tabung air filter yang memiliki fungsi sebagai penampung kandungan air agar tidak terbawa masuk pada blok solenoid, sehingga udara tetap kering.

Guna mencegah kerusakan akibat beberapa penyebab kerusakan di atas, maka dapat dilakukan upaya pencegahan dengan pemasangan tabung oiler dan air filter. Tabung oiler berisi cairan oli khusus yang berfungsi melumasi piston agar tidak macet sedangkan air filter sebagai tabung filtrasi udara yang masuk ke bagian solenoid valve.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *