volvo ce

Volvo CE Berikan Penghargaan Melalui Fuel Challenge

Kendaraan konstruksi seperti alat berat excavator tentu menghabiskan banyak bahan bakar dalam penggunaannya, terutama untuk penggunaan dengan intensitas tinggi atau dengan jenis pekerjaan yang berat dan medan yang ekstrem. Saat ini, berbagai produsen alat berat berlomba-lomba menciptakan alat berat yang hemat bahan bakar dan mampu melakukan pembakaran dengan sangat efisien.

Volvo Construction Equipment atau Volvo CE menjadi salah satu produsen alat berat yang mengembangkan alat berat ramah lingkungan dan efisien dalam konsumsi bahan bakar. Beberapa waktu yang lalu, Volvo CE menyelenggarakan acara penghargaan melalui Fuel Challenge untuk pelanggan di kawasan Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Fuel Challenge dari Volvo CE

volvo ce

Salah satu produsen alat berat dan peralatan konstruksi asal Eropa, Volvo Construction Equipment atau biasa disingkat Volvo CE, meluncurkan program Fuel Challenge, dimana dalam program tersebut perusahaan akan memberikan penghargaan kepada pelanggan di Indonesia, Malaysia dan Singapura untuk pengoperasian yang efisien.

Program penghargaan sekaligus pemberian insentif tersebut nantinya akan memberi imbalan kepada para pelanggan alat berat excavator Volvo jenis EC200D serta EC210Dke tiga negara yang telah disebutkan dengan kredit aftermarket. Pemberian ini karena pelanggan mampu mengonsumsi bahan bakar dari target konsumsi bahan bakar yang telah ditetapkan pada masing-masing negara, yakni Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Efisiensi Bahan Bakar Alat Berat Volvo

volvo ce

Volvo CE menambahkan skema tersebut merupakan situasi win-win solution bagi pelanggan. Hal ini dikarenakan pelanggan mampu mengurangi biaya bahan bakar alat berat, membantu mengurangi dampak pada lingkungan serta menghemat biaya untuk suku cadang atau spare parts serta layanan.

Lebih lanjut, bahan bakar pada alat berat pada umumnya merupakan contributor tunggal tertinggi dalam biaya operasi alat berat, dimana seringkali menyumbang 30 hingga 40 persen dari total biaya operasi alat berat excavator. Pabrikan Volvo CE menyebutkan bahwa menurunkan konsumsi bahan bakar pada berbagai segmen dengan mengoptimalkan kinerja dan mendukung peningkatan efisiensi kinerja dan pembakaran. Di sisi lain, operator alat berat juga turut berkontribusi dalam komitmen berkelanjutan terhadap lingkungan sekitar.

Ketika membeli mesin atau alat berat baru, para pelanggan dapat memilih untuk mendaftarkan alat berat beserta data diri dalam program Fuel Challenge tersebut. Hal ini bertujuan untuk mendorong penggunaan mesin alat berat Volvo CE dalam mode kerja yang tepat, serta agar operator alat berat secara sadar menghindari penggunaan mode kerja yang tinggi. Hal tersebut difasilitasi oleh Volvo CE dengan mengaktifkan kode sandi pada mode yang lebih tinggi.

Joseph Low, selaku Manager Volvo CE di wilayah Asia, mengatakan, “Program Fuel Challenge merupakan win-win solution bagi semua pemangku kepentingan dan pelanggan, sembari memastikan bahwa kami membantu menurunkan jejak karbon atau footprint untuk masa depan dan lingkungan yang lebih baik.

Program ini disambut baik dengan beberapa perusahaan dan pelanggan yang mendaftarkan diri dalam program, salah satunya adalah Multi Ways asal Singapura. Perusahaan tersebut mendaftarkan dua jenis alat berat excavator Volvo jenis EC200D ke dalam program Fuel Challenge sekaligus telah memberi kontribusi dalam penghematan pada pelanggannya.

“Kami mendaftarkan alat berat excavator EC200D baru kami ke dalam program Fuel Challenge dengan tujuan untuk menambah nilai bagi pelanggan sewaan kami dengan menurunkan biaya operasi mereka – menghitung bahan bakar menjadi komponen paling penting dalam operasi” tutur James Lim, Direktur Pelaksana Multi Ways Equipment. Ia menambahkan, “Volvo CE bekerja dengan tim kami guna mencapai konsumsi bahan bakar terendah hingga saat ini berusaha tidak memberikan dampak pada produktivitas. Kami tidak hanya menghemat bahan bakar pada alat berat, namun juga mendapatkan kredit atau poin untuk dibelanjakan pada spare parts dan layanan dari Volvo CE.”

Program Volvo Fuel Challenge tersebut sangat terbuka bagi pelanggan alat berat jenis crawler excavator Volvo EC200D dan EC210D di kawasan Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Cara Efisiensi Bahan Bakar

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar alat berat excavator. Antara lain:

  • Pemeliharaan, dengan mematuhi jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh pabrikan alat berat guna memastikan alat berat memberikan performa yang optimal.
  • Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat, penggunaan bahan bakar yang tepat mampu mengefisiensi pembakaran bahan bakar serta mengoptimalkan kinerja alat berat.
  • Memaksimalkan Kinerja Alat Berat, selain bahan bakar, juga harus diperhatikan alat berat bekerja dengan optimal. Maksudnya, meminimalisir waktu menganggur alat berat dalam kondisi idle, atau dengan mengaktifkan kemampuan stop-start di kondisi idle.
  • Menggunakan Mesin Tepat Guna, yang dimaksud disini yakni menggunakan mesin alat berat sesuai dengan kegiatan atau pekerjaan  dan sesuai dengan spesifikasi dan fungsi alat berat untuk performa yang optimal.
  • Operator Terlatih, dengan menggunakan operator alat berat yang andal, maka Anda dapat meminimalisir kerusakan alat berat serta mengoptimalkan kinerja dari alat berat yang ada.
  • Memantau Mesin Alat Berat, dimana Anda harus secara rutin mengecek status dan kondisi alat berat apabila terdapat fitur tersebut untuk mengetahui kinerja dan memantau efisiensi pembakaran dari bahan bakar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *