Monday, July 15, 2024
HomeEducationFungsi Backhoe Loader dan Cara Kerja Backhoe

Fungsi Backhoe Loader dan Cara Kerja Backhoe

Apa itu Backhoe Loader? Kali ini kami akan mengulas tentang hal-hal yang berhubungan dengan Backhoe Loader seperti pengertian, fungsi, dan juga cara kerjanya. Mengapa hal ini perlu dibahas? Karena tidak sedikit orang yang masih belum tahu tentang alat berat yang satu ini. 

Beberapa orang mungkin menganggap bahwa Backhoe Loader sama dengan dragline dan clamshell. Padahal ketigahnya jelas berbeda. Untuk selengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Mengenal Tentang Backhoe Loader

Seperti yang kita tahu bahwa alat berat sering kita temukan, terutama di daerah yang sedang dilakukan perbaikan, pembangunan, penggalian, dan lain sebagainya. Mungkin kita hanya tahu bahwa yang kita lihat tersebut merupakan alat berat namun kita tidak tahu alat berat mana yang sedang kita lihat tersebut. Memang ada banyak alat berat yang ada dengan berbagai macam bentuk, fungsi, dan komponennya.

Salah satunya adalah Backhoe Loader. Perlu kamu tahu bahwa Backhoe Loader adalah sebuah alat pemuat atau alat berat yang mempunyai ban dan juga roda yang dikombinasikan dengan backhoe. Untuk cara pengoperasian Backhoe Loader sendiri beragam. Selain itu, ada banyak elemen penting yang dipakai pada backhoe. Sebenarnya, penggunaan alat berat ini tidak jauh berbeda dengan Wheel Loader. 

Akan tetapi, landasan yang digunakan oleh Backhoe Loader terkesan lebih kokoh, rata, dan lebih kering. Selain itu, alat berat ini biasanya digunakan untuk melakukan pekerjaan yang menuntut mobilisasi material yang tinggi sehingga tidak sampai menyebabkan material lain rusak. Backhoe Loader juga tidak memerlukan adanya traksi yang tinggi. Untuk fungsi excavator serta bucket kecil tersebut sudah sesuai dengan pekerjaan pembangunan jalan raya.

Beberapa contohnya yaitu penggalian utilitas, pemeliharaan saluran yang ada di jalan raya, penggalian parit, pipa line, saluran air, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, di dalam menjalankan tugasnya Backhoe Loader masih memerlukan perlengkapan lainnya agar bisa dioperasikan dengan baik. Selain digunakan untuk menggali, Backhoe Loader juga bisa kamu gunkan untuk memcah material keras, membongkar aspal, dan lain sebagainya.

Fungsi Backhoe Loader

Seperti apa yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa fungsi dari Backhoe Loader adalah digunakan untuk melakukan penggalian. Selain itu, alat berat yang satu ini juga digunakan untuk melakukan beberapa pekerjaan lainnya seperti membongkar aspal, mencabut tanggul, memecah meterial keras, dan masih banyak yang lainnya. Di dalam mengerjakan tugasnya, Backhoe Loader memerlukan perlengkapan tambahan sehingga bisa digunakan dengan baik. Alat berat ini juga bisa digunakan untuk mengangkat stock pile ke dump truck yang jaraknya lumayan tinggi. Selain itu, Backhoe Loader juga bisa digunakan untuk batching plant, crushing plant, dan juga hopper AMP. 

Perbedaan fungsi yang dimiliki oleh Backhoe Loader dibandingkan clamshell dan dragline adalah Backhoe Loader mampu menggali dengan kedalmaan yang lebih teliti. Itu artinya, ketika kamu menggunakan Backhoe Loader, maka hasil kedalaman yang kamu dapatkan bisa lebih sempurna dan rata. Namun perlu diingat bahwa kamu harus bisa memilih bucket backhoe yang sesuai dengan pekerajan yang sedang kamu kerjakan.

Gerakan Backhoe Loader

Lalu bagaimana dengan gerakan yang dimiliki Backhoe Loader? Setidaknya terdapat empat gerakan Backhoe Loader seperti di bawah ini:

  • Mengisi bucket
  • Mengayun
  • Membongkar material
  • Mengyunkan kembali

Yang harus kamu tahu adalah siklus di atas tergantung dari ukuran backhoe yang digunakan. Jika menggunakan backhoe berukuran kecil, maka siklusnya bisa lebih cepat. Sebaliknya, jika menggunakan backhoe yang berukuran besar, maka siklusnya pun akan cenderung lebih lama. Oleh sebab itu, kamu harus bisa menentukan ukuran backhoe yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sampai kamu salah di dalam memilih backhoe yang bisa membuat pekerjaanmu menjadi kurang efektif dan efisien.

Cara Kerja Backhoe Loader

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi Backhoe Loader, informasi selanjtunya yang juga harus kamu ketahui adalah bagaimana cara kerja Backhoe Loader. Setidaknya ada 3 area yang digunakan untuk mengisi muatan sampai ke truck. Ketiga metode tersebut dikerjakan sesuai dengan kebutuhan dan juga medan material yang berhadapan dengan Backhoe Loader.

1. Metode V-Shape Loading

Metode yang pertama dinamakan V-Shape Loading. Metode ini beroperasi akan tetapi truck tidak bergerak termasuk ketika saat pengisian dan sampai penuh. Ketika sudah penuh, Backhoe Loader mulai bergerak maju mundur sehingga membentuk pula yang mirip huruf V. Nanti Backhoe Loader akan mengambil material sampai ke truck dan kemudian mengantarkan material tersebut dengan aman.

2. Metode Shaping Loading

Metode yang kedua disebut dengan metode Shaping Loading. Metode ini memiliki ciri dimana truck akan maju pada saat Backhoe Loader mengangkat material. Kemudian, dari stock pile, truck akan bergerak mundur dan lalu akan diisi dengan material yang akan diangkut menggunakan Backhoe Loader.

3. Metode Pass Loading

Metode Pass Loading yang hanya akan digunakan ketika ada dua untit atau lebih yang berasal dari Backhoe Loader. Metode memiliki ciri dimana truck akan bergerak ke loader dari bloader. Dengan begitu, loader bisa diisi material hingga penuh.

Kesimpulannya, ketiga metode Backhoe Loaderdi atas memiliki ciri khasnya masing-masing dan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Khusus untuk meotde yang ketiga yaitu Pass Loading hanya digunakan pada kondisi tertentu saja. Itulah informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa membantu kamu yang sedang mencari infomasi terkait pengertian, fungsi, dan cara kerja Backhoe Loader.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular