excavator

Fungsi dan Tujuan Penggunaan Alat Berat Hitachi Khususnya Excavator

Excavator merupakan salah satu jenis alat berat yang digerakkan oleh tenaga hidrolik dan dimotori oleh mesin diesel. Diantara jenis alat berat lainnya, jenis ini termasuk paling serbaguna karena dapat melakukan pekerjaan yang lebih banyak serta menanganinya dengan cukup baik. Jika Anda bekerja di bidang konstruksi maka penggunaan mesin ini tentu sudah tidak asing.

Berbagai macam excavator dapat Anda gunakan untuk kebutuhan konstruksi maupun industri. Di Indonesia sendiri terdapat salah satu produk ternama yang dapat diandalkan yaitu Hitachi. Produk ini sudah mengeluarkan banyak sekali produk excavator seperti mini excavator, medium excavator, dan large excavator.

Dari ketiga jenis ini tentu Anda sudah dapat menyimpulkan jika perbedaan dari ketiganya ada pada ukuran. Akan tetapi secara umum alat berat Hitachi tersebut memiliki fungsi dan tujuan yang sama. Dari segi kapasitas masing-masing memiliki ukurannya yang sudah disesuaikan dengan komponen serta ukuran dari mesin tersebut.

hexindo-tbk.co.id

Fungsi Excavator

Fungsi dari mesin ini sangat banyak namun secara umum fungsinya adalah untuk kebutuhan konstruksi. Anda bisa membuat maupun mengubah sebuah bidang dan bangunan sesuai dengan kebutuhan.

Secara detail, excavator memiliki beberapa fungsi seperti menggali parit, lubang, dan pondasi bangunan hingga menancapkan batang pondasi. Excavator juga seringkali digunakan dalam beberapa sektor industri seperti perkebunan atau perhutanan hingga pertambangan. Salah satu sektor pertambangan yang cukup sering menggunakan alat berat ini adalah pertambangan pit terbuka.

Fungsi alat berat Hitachi ini dapat bekerja untuk ketiga jenis excavator yang sudah disebutkan sebelumnya. Baik jenis large, medium maupun mini excavator tetap bisa digunakan untuk beberapa pekerjaan di atas. Akan tetapi kapasitas dan hasil pekerjaannya akan berbeda tergantung jenis mesin mana yang digunakan serta tujuan dari pengerjaannya.

Tujuan Penggunaan Excavator

Selain fungsi, Anda juga perlu mengetahui mengetahui tujuan penggunaan excavator. Hal ini dapat membantu penggunaan mesin ini menjadi lebih maksimal dan sesuai prosedur. komponen di dalamnya sudah diatur sedemikian rupa sesuai dengan tujuan penggunaannya. jika dilakukan dengan baik dan benar otomatis komponen tersebut bisa tetap awet dan stabil.

Tujuan penggunaan alat berat Hitachi jenis excavator ini yaitu untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan konstruksi yang tidak dapat diselesaikan dengan alat manual berukuran kecil. Pemindahan material dari satu tempat ke tempat lainnya juga dapat dilakukan dengan lebih mudah sehingga bisa mengefektifkan waktu.

equipina.com

Tak hanya di bidang konstruksi saja namun beberapa bidang seperti industri dan pertambangan juga dapat menggunakan alat berat tersebut sehingga tujuan penggunaannya diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan di bidang tersebut. Pada bidang tersebut juga sering terdapat jenis pekerjaan berat yang tidak dapat dilakukan secara manual dalam waktu yang terbatas.

Alat berat Hitachi cukup efektif dalam membantu penyelesaian setiap pekerjaan yang berhubungan dengan beberapa bidang khusus. Umumnya pekerjaan tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama jika dikerjakan menggunakan alat berukuran kecil seperti cangkul, linggis, ataupun jenis perkakas lainnya.

Mesin-mesin tersebut sudah disusun menggunakan komponen khusus seperti Bucket, Bucket Cylinder, Arm, Arm Cylinder, Boom, dan masih banyak lagi. Komponen tersebut memang diperuntukkan khusus bagi mesin excavator seperti ini. Fungsinya ialah membantu proses pemindahan, penggalian, pengerukan, maupun proses penghancuran.

Dengan bantuan mesin hidrolik di dalam alat berat tersebut maka setiap komponen tersebut akan bekerja untuk menyelesaikan setiap pekerjaan yang dimaksud. Manfaat Alat berat Hitachi ini telah terbukti sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dalam berbagai sektor industri dengan lebih efektif dan efisien.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *