Saturday, December 3, 2022
HomeEducationFungsi Motor Grader dan Cara Kerja Motor Grader

Fungsi Motor Grader dan Cara Kerja Motor Grader

Apa Itu Motor Grader Serta Fungsi dan Cara Kerjanya – Kali ini kami akan membahas tentang apa saja hal-hal yang berkaitan dengan Motor Grader. Grader atau juga dinamakan Motor Grader adalah alat berat yang dipakai untuk meratakan jalan. Alat berat ini dilengkapi dengan pisau yang berukuran panjang. Pisau inilah yang dipakai di dalam proses meratakan jalan.

Secara umum, Motor Grader bergerak dengan roda ban dan memilliki alat berat bernama blade. Di beberapa negara termasuk Filipina, Motor Grader sudah dilengkapi dengan blade yang berada di bagian depan. Sementara itu, rentang kapasitas dari blade mulai dari 2.50 sampai dengan 7.30 mm dari total rentang kapasitasnya mencapai 97 sampai 373 KW atau 125 sampai 500 HP.

Fungsi Motor Grader

Beberapa Motor Grader ada yang sudah dilengkapi dengan kemampuan mampu mengoperasikan alat berat tambahan yang lain. Biasanya hal ini dipakai di dalam membantu proyek pekerjaan bawah tanah seperti penambangan. Selain itu, alat berat yang satu ini juga kerap dipakai di dalam pemerataan dan pemeliharaan jalan tanah yang berkelrikil.

Apakah Motor Grader dapat digunakan untuk jalan yang beraspal? Tentu saja bisa. Untuk keperluan jalanan beraspal, grader dapat dipakai di dalam menyiapkan landasan. Dengan begitu, permukaan datar yang ada pada aspal dapat dilapisi. Fungsi lain dari grader adalah bisa digunakan dalam membentuk landasan dari fondasi tanah. Beberapa fungsi lain dari Motor Grader yaitu: membuat parit dan meratakan permukaan miring pada jalan.

Komponen Motor Grader

Lalu apa saja komponen yang terdapat di dalam Motor Grader? Perlu kamu tahu bahwa beberapa komponen pada Grader antara lain sebagai berikut:

  • Blade lift cylinder
  • Blade
  • Rear wheel
  • Drawbar lift cylinder
  • Articulate cylinder
  • Ripper
  • Cab
  • Articulate cylinder
  • Head lamp
  • Front wheel

Komponen yang Dipakai Pada Motor Grader

Sementara itu, beberapa perlengkapan kerja yang sering dipakai pada Motor Grader akan kami jelaskan di bawah ini:

1. Front Blade

Front Blade merupakan salah satu perlengkapan kerja yang selalu dibutuhkan. Perlengkapan kerja yang satu ini kerap dimanfaatkan dalam pekerjaan yang berkaitan dengan penaburan atau spreading. Sesuai dengan namanya, front blade merupakan blade yang letaknya berada di depan.

2. Front Pull Hook

Perlengkapan kerja yang juga digunakan oleh Motor Grader adalah front pull hook. Tidak jauh berbeda dengan front blade, perlengkapan kerja ini juga dipasang di bagian depan. Lalu apa fungsi front pull hook? Fungsinya adalah untuk menarik. Ada dua jenis hook yang digunakan yakni Ushape bracket welded on front axle dan front weight with nails.

3. Push Plate

Perlengkapan kerja yang ketiga dinamakan push plate. Perlengkapan ini dipakai untuk merobohkan atau mendorong pohon pada saat kondisi terjebak di lumpur. Push plate juga dipakai sebagai pemberat atau counterweight. Dengan begitu, roda bagian depan tidak sampai terangkat pada saat Motor Grader digunakan dalam menjalankan tugasnya.

4. Scarifer

Scarifer merupakan perlengkapan yang dipakai untuk keperluan menggali material. Material seperti lapisan es dan aspal yang tidak dapat digali hanya dengan menggunakan blade. Scarifer dilengkapi dengan gigi dimana jumlah gigi tersebut akan menyesuaikan dengan seberapa keras material yang akan digali.

5. Extension Blade

Lalu bagiamana dengan extension blade? Ketika kamu menggunakan extension blade? Maka kamu bisa memanjang blade baik di satu sisi maupun dua sisi. Hasilnya, pekerjaan yang dilakukan menggunakan blade akan lebih efisien. Namun perlu diingat bahwa extension blade ini hanya boleh kamu gunakan untuk menjalankan pekerjaan yang ringans aja.

6. Hydraulic Blade Tip Control

Perlengkapan kerja Motor Grader yang keenam dinamakan Hydraulic blade tip control. Dengan menggunakan perlengkapan kerja yang satu ini, maka sudut potong pada blade dapat diatur secara hidrolik. Cara pemotongannya nanti akann diatur melalui kabin.

7. Rear Mounted Ripper

Perlengkapan Motor Grader yang dipakai untuk menggali batu adalah rear mouted ripper. Bagian ini juga dipakai untuk menggali material yang keras yang tugasnya tidak dapat dijalankan oleh scarifer. Jadi, baik scarifer maupun rear mounted ripper akan saling berganti tugas dengan menyesuaikan seberapa keras material yang akan digali.

Cara Kerja Motor Grader

Setelah memahami pengertian, fungsi, dan bagian-bagiannya, informasi yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara kerja dari alat berat yang satu ini. Sesuai yang sudah kami jelaskan bahwa Motor Grader merupakan alat berat yang dipakai untuk meratakan tanah untuk itu Motor Grader berjalan dengan kecepatan yan rendah kurang lebih 2800 rpm. Kemudian, operator yang ada di ruang kontrol bertugas untuk mengatur proses kerja Motor Grader agar sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menjalankan tugasnya, Motor Grader akan digerakkan maju dan mundur berkali-kali sampai di rasa tanah yang diratakan benar-benar sesuai yang diinginkan. Grader bekerja dengan mendorong bidang menggunakan pisau yang berukuran besar dan tajam. Ketika Motor Grader digerakkan maju, maka pisau akan diturunkan. Kemudian ketika Motor Grader digerakkan mundur, maka pisau akan terangkat dan begitu seterusnya. Pisau tersebut posisinya berada di antara hidrolik yang bekerja dengan memuar dan juga mengangkat.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Motor Grader. Kesimpulannya bahwa Motor Grader adalah alat berat yang digunakan untuk meratakan jalan. Alat ini dilengkapi dengan pisau yang berukuran besar dan juga tajam. Pisau inilah yang digunakan untuk membantu dalam membuat permukaan jalan menjadi rata.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular