hyundai

Hyundai CE dan Kiprahnya di Industri Alat Berat China

Hyundai Construction Equipment membawa kabar terbaru dari pasar China. Produsen alat berat asal Korea Selatan tersebut berhasil mencetak prestasi yang menggembirakan dalam pasar kendaraan dan peralatan konstruksi di negara China.

Hyundai Construction Equipment atau kerap disingkat sebagai Hyundai CE merayakan tonggak sejarah besar di China, dengan meluncurkan campaign nasional guna memenangkan pesanan serta menjalankan strategi komunikasi online untuk melanjutkan pertumbuhan yang dipercepat, serta disertai pengalaman pelanggan yang inovatif.

Strategi Pemasaran dan Komunikasi Digital

hyundai

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut mengumumkan bahwa mereka telah mencatat penjualan sebesar KRW 791,6 miliar dalam penjualan peralatan konstruksi, serta menyumbang sekitar 82 persen dari total penjualan pada Panggilan Konferensi Pendapatan – Earnings Conference Call Q1 2021 yang diselenggarakan pada bulan April 2021 lalu.

Lebih lanjut, dilansir dari website resminya, Hyundai CE juga menyebutkan pencapaian diatas mengalami peningkatan sebesar 64 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Menurut penjelasan tersebut, yang menyebabkan pertumbuhan pesat ini adalah adanya ekspansi yang stabil di pasar China oleh Hyundai CE.

Dalam prosesnya, Hyundai CE berhasil menjual lebih dari dua kali lebih banyak alat berat excavator di pasar China pada Q1 tahun 2021, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Pertumbuhan yang pesat dalam tahun ini berhasil dicapai tidak hanya karena adanya peluncuran peralatan khusus dan produksi alat dalam skala besar, serta adanya perluasan jaringan dealer, namun juga perhelatan acara pre-order besar yang membuktikan pentingnya pasar China dan kegiatan aktif secara online dengan berbagai perubahan yang ada saat ini.

Diadakannya serangkaian acara pre-order berskala besar di tempat dan adanya aktivitas media sosial secara masif dan semarak, ternyata sangat membantu Hyundai CE dalam membuat pelanggan menjadi lebih mengenal merk beserta produk dari perusahaan.

Rangkaian Pre-Order Alat Berat Skala Besar

hyundai

Pada pertengahan bulan Desember tahun lalu hingga Mei tahun ini, Hyundai CE telah menghelat empat acara pre-order berskala besar yang saling terkait. Rangkaian acara tersebut dirancang untuk mengungkapkan rasa terima kasih Hyundai CE kepada para pelanggan China, serta untuk mempromosikan nilai-nilai baru Hyundai.

Pada perhelatan acara tersebut, Hyundai CE memenangkan pesanan untuk total 6.225 buah peralatan konstruksi. Pada tahun lalu, Hyundai CE berhasil menjual 7.800 unit peralatan konstruksi di China. Jumlah tersebut mencapai sekitar 81 persen dari volume penjualan tahunan yang dipesan sebelumnya dalam empat acara yang diadakan dalam waktu setengah tahun.

Sekitar 12.000 pelanggan bergabung dalam rangkaian empat acara yang disiarkan langsung secara online di seluruh kawasan China. Di luar gedung perusahaan, Hyundai CE memamerkan alat berat excavator serta memperkenalkan kepada pelanggan secara rinci.

Hal tersebut juga mendorong partisipasi para pelanggan, seperti uji coba dan berbagai macam permainan. Pada acara indoor, pihak Hyundai CE menjelaskan fitur utama dari produk utama serta kebijakan penjualan yang ada. Terdapat hiburan bagi pelanggan berupa nyanyian dan tarian untuk memeriahkan acara, serta undian berhadiah untuk pelanggan yang membayar deposit dan mendapat respon antusias dari para peserta.

Menurut saluran WeChat – salah satu media terbesar di China, untuk Construction Machinery Today – majalah berita industri mesin di China, Hyundai CE meluncurkan tiga alat berat excavator terbaru yakni HX75/D, R130VS PRO, dan R275LVS PRO pada acara pemesanan berjudul “25 Years of Growth in the Chinese Market” yang diadakan pada bulan Desember tahun lalu, dan mencatat penjualan yang kuat hanya dalam hitungan menit.

Majalah tersebut menambahkan bahwa Hyundai CE mengucapkan terima kasih kepada pelanggan China, serta tekadnya untuk berinovasi dalam pidato yang diberikan oleh para eksekutif.

Pada bulan Januari tahun ini, Hyundai CE mengadakan pertemuan pre-order, yang diberi nama “A Gift from New Hyundai”, serta mengumumkan enam excavator baru yakni R150WVS PRO, R205VS, R215VS PRO, R245VS, R375LVS, serta R550LVS. Hyundai CE menerima pesanan sekitar 1.194 unit bernilai KRW 140 miliar (CNY 800 juta).

Di acara tersebut, perusahaan menyatakan ambisinya untuk menjadi “a new, more powerful Hyundai” dengan mengembangkan excavator dengan performa tinggi yang didedikasikan untuk pelanggan lokal China dan meningkatkan kapasitas penjualan serta kualitas produk, layanan berdasarkan konsep “menempatkan kualitas dan pelanggan utama” untuk pertumbuhan berkelanjutan di pasar China.

Pada bulan Maret tahun ini, Hyundai CE mengadakan acara pre-order dengan nama “The New Hyundai, taking on future challenges” untuk merayakan produksi 200.000 unit di pasar China. Di hari tersebut, perusahaan merilis empat excavator baru yakni R205VS, R245VS, R375LVS dan R550LVS, empat peralatan khusus (palu tiang 18 meter, excavator amfibi lengan panjang dan nipper), serta memperkenalkan lima peralatan besar. Hal ini mengakibatkan pemesanan lebih dari 2.200 peralatan.

Di tahun-tahun mendatang, Hyundai CE berharap dapat menjadi merk yang lebih ramah dengan menyelenggarakan acara khusus untuk pelanggan Hyundai CE Tiongkok. Sebagai bagian dari kegiatan ini, Hyundai CE akan menyediakan pertemuan premium atau pertemuan khusus peralatan besar, menawarkan pengalaman khusus kepada pelanggan VIP, sembari mengadakan konferensi pelanggan dan pengundian produk guna meningkatkan popularitas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *