Saturday, December 3, 2022
HomeExcavatorIndonesia Berhasil Mengirimkan Wakilnya di Ajang Kompetisi Operator Alat Berat Asia

Indonesia Berhasil Mengirimkan Wakilnya di Ajang Kompetisi Operator Alat Berat Asia

Alat berat merupakan salah satu komponen yang sangat mendukung berbagai jenis kebutuhan di Indonesia. Untuk itu, kebutuhan terhadap operatornya tentu akan sangat tinggi. Untuk membuktikan kualitas para operator maka dibuatlah rangkaian kompetisi operator alat berat GOC yang diselenggarakan oleh PT Trakindo Utama.

Kompetisi ini berlangsung selama 2 hari tepatnya pada tanggal 10 dan 11 Agustus 2022. Dari kompetisi ini terdapat pemenang utama bernama Gunawan yang berasal dari PT Satria Bahama Sarana. Ia berasal dari Tanjung Enim Sumatera Selatan sebagai operator yang mampu membuktikan kualitas terbaiknya di kompetisi tersebut.

Gunawan Mewakili Indonesia di Kompetisi Operator Alat Berat Asia Pasifik

Dalam ajang kompetisi tersebut Indonesia melahirkan pemenang baru sebagai operator yang cukup handal dan berkualitas. Dalam ajaran ini juga terdapat posisi Runner up 2 Agus Prasetyo dari PT Wira Keluarga Mandiri serta Runner up 1 diraih oleh Ebiet Sabar dari PT Intimkara.

Nama meskipun terdapat dua pemenang lainnya Gunawan sebagai pemenang utama yang akan mewakili Indonesia pada GOC Regional Asia Pacific di Jepang. Ajang kompetisi ini akan digelar di bulan Oktober 2022 mendatang.

Pencetak Waktu Tercepat di Kompetisi Operator Alat Berat GOC Nasional

Salah satu hal yang membuatnya menjadi pemenang dalam kompetisi ini ialah pencapaian waktu yang lebih cepat dibandingkan peserta lain. Ia mampu menyelesaikan seluruh tantangan dalam waktu 2 menit saja. Dalam waktu yang sangat singkat tersebut ia mampu menggunakan tiga jenis alat berat.

kompetisi operator alat berat
bexcellentjogja.com

Alat berat tersebut terdiri dari Mini Excavator Cat 305.5E2, Hydraulic Excavator Cat 320 GX serta Medium Wheel Loaders Cat 966GC. Hal ini tentu mengantarkannya menjadi seorang operator terbaik yang ada di Indonesia dengan pembuktian kualitas yang sangat hebat. Tak heran jika ia pantas untuk maju di kompetisi lain bahkan hingga skala internasional.

Jiwa Semangat dan Pantang Menyerah

Setelah berhasil melewati kompetisi operator alat berat tersebut tentu ada rasa bangga dan terharu yang ada pada diri Gunawan. Namun tanya itu saja ada hal lain yang sangat penting dalam kompetisi ini yaitu lahirnya jiwa yang semangat dan juga pantang menyerah. Dua poin ini menjadi pelajaran tersendiri khususnya bagi Gunawan sehingga bisa berhasil.

Baca Juga : J Trust Dukung Pembiayaan Alat Berat Kobelco Indonesia

Pencapaian ini juga semakin meningkatkan jiwa semangat dan pantang menyerah bahkan bukan hanya bagi pemenangnya saja. Setiap orang yang terlibat di dalam kompetisi ini bisa mendapatkan pelajaran penting ini sehingga mampu meningkatkan kualitas sebagai operator maupun meningkatkan bidang dari alat berat itu sendiri.

Kemampuan yang Dimiliki

Secara tidak langsung dalam kompetisi ini terdapat kriteria yang harus dimiliki oleh setiap operator alat berat. Menurut para juri kemampuan dari Gunawan sangatlah baik karena begitu mahir dalam mengendalikan dan menguasai alat berat bagi teknologi tinggi. Dalam hal ini para operator tentu sudah mendapat gambaran untuk menjadi salah satu operator yang berkualitas.

Selain itu, seorang operator juga dituntut untuk lincah, memiliki tingkat akurasi yang baik, berkeadian, dan berdaya tahan yang baik untuk bisa mengoperasikan alat berat dengan tepat. Namun di samping itu seorang operator juga bisa tetap memperhatikan faktor keselamatan melalui cara yang teruji dengan baik.

Melalui kemenangan yang membanggakan ini Gunawan akan mewakili Indonesia di tingkat regional Asia Pasifik yang diselenggarakan di Jepang. Nantinya jika berhasil lolos pada kompetisi operator alat berat tingkat regional maka akan dilanjutkan pada babak global yang bersamaan dengan event pameran alat berat di Las Vegas tahun 2023.

sumber : kompas.com

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular