Monday, July 15, 2024
HomeEducationIndonesia Coal Summit 2024 Akan Kembali Digelar, Ratusan Penggiat Tambang Batu Bara...

Indonesia Coal Summit 2024 Akan Kembali Digelar, Ratusan Penggiat Tambang Batu Bara Siap Hadir

Pada tahun 2024, Majalah TAMBANG sekali lagi menggelar Indonesia Coal Summit (ICS), kali ini di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, Kalimantan Timur. Ratusan penggiat tambang batu bara diketahui akan hadir dalam acara tahunan ini.

Acara prestisius ini akan diselenggarakan bersama dengan Indonesia Mining Association (IMA), Asosiasi Pertambangan Batu bara Indonesia (APBI), Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) PD Kalimantan Timur, dan Forum Kepala Teknik Tambang (FKTT) Kaltim, dijadwalkan berlangsung pada Kamis, 27 Juni mendatang.

Baca Juga: Lelang Blok Tambang Mineral Dan Batubara Akan Kembali Digelar

ICS 2024, Ajang Tukar Ilmu Para Penggiat Tambang Batu Bara

Tema yang diusung untuk ICS 2024 adalah “The Resilience of Coal: Powering a Sustainable Future“. Hal ini mencerminkan upaya industri pertambangan batu bara untuk tetap relevan dalam konteks tantangan global terkait keberlanjutan dan pengelolaan lingkungan.

Acara ini diharapkan tidak hanya menghasilkan rekomendasi untuk pengelolaan yang lebih baik dalam sektor pertambangan batu bara, tetapi juga untuk menyuarakan kontribusi sektor ini terhadap ketahanan ekonomi nasional. Diskusi tentang teknologi baru untuk mengurangi dampak lingkungan dan inovasi dalam pengelolaan sumber daya diperkirakan akan menjadi sorotan utama dalam forum ini.

ICS 2024 Diharapkan Mempengaruhi Kemajuan Industri Tambang Batu Bara

Walikota Samarinda, Andi Harun, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kesempatan untuk menggelar ICS 2024 di kota mereka. Ia berharap acara ini dapat menjadi platform bagi para pemangku kepentingan industri pertambangan termasuk tambang batu bara dan komoditas lain untuk berdiskusi dan berkomitmen pada praktik pertambangan yang baik, termasuk memastikan kontribusi positif terhadap masyarakat dan lingkungan.

“Anda dapat menghasilkan praktik pertambangan dengan prinsip yang baik dan benar good mining practices oleh para praktisi pertambangan, akademisi, yang berlatar belakang ilmu pertambangan dan stakeholder baik pemerintah, swasta, dan pelaku dunia usaha,” ucap Andi Harun.

Baca Juga: Indonesia Perkuat Posisi di Industri Tambang Timah Global Melalui Asean Tin Industry Conference 2024

Direktur Utama Majalah TAMBANG, Atep A Rofiq, menegaskan bahwa sektor pertambangan batu bara tetap memiliki kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), penyerapan tenaga kerja, dan program pengembangan masyarakat.

Meskipun demikian, dia juga mengakui adanya tantangan besar seperti kampanye global untuk mengurangi penggunaan batu bara dan pembatasan modal dari lembaga keuangan internasional.

ICS 2024 juga diharapkan mampu menarik perhatian lembaga keuangan internasional dan pemerintah untuk lebih terlibat dalam pengembangan industri pertambangan yang berkelanjutan. Pemerintah, sebagai salah satu stakeholder utama, diharapkan dapat mendukung langkah-langkah untuk memastikan bahwa pertambangan batu bara tidak hanya berkelanjutan secara ekonomi tetapi juga lingkungan.

Sebagai kelanjutan dari ICS 2023 di Balikpapan dengan tema “Unlocking the Future of Coal; Growing in a Green World“, ICS 2024 diharapkan dapat menandai langkah-langkah konkrit menuju integrasi praktik pertambangan yang lebih berkelanjutan dalam konteks global yang semakin sadar akan perlunya mengurangi jejak karbon.

Indonesia Coal Summit 2024 bukan hanya sekadar acara industri, tetapi juga sebuah momentum untuk merumuskan visi bersama tentang masa depan industri tambang batu bara yang lebih berkelanjutan dan adaptif terhadap tantangan global. Harapannya, kesepakatan dan ide-ide yang muncul dari forum ini dapat menjadi landasan bagi transformasi positif dalam sektor ini, menghadapi kompleksitas tantangan lingkungan global dengan solusi yang inovatif dan berkelanjutan.

Sumber: tambang.co.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular